GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 6 Jam 50 Menit 18 Detik 

Apa Itu Data Science? Mengenal Pentingnya Data Science di Berbagai Bidang Industri

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ae517d29e4678563d70858a14d178e47_x_Thumbnail800.jpg

Sejumlah perusahaan maupun industri di Indonesia saat ini sudah banyak menggunakan tenaga kerja praktisi data, guna meningkatkan performa bisnis. Data Science dianggap penting oleh perusahaan, karena dengan mengacu pada data perusahaan dapat menentukan bagaimana kebutuhan pasar. Oleh sebab itu, banyak lowongan untuk posisi ini yang menjadi peluang besar bagi talent data mengambil profesi ini.

Data Science sendiri merupakan sebuah ilmu yang menggabungkan ilmu matematika dan statistika dengan ilmu komputer. Tujuan dari Data Science adalah menganalisa data dari suatu himpunan data, baik skala kecil (sampel) maupun besar (populasi). Himpunan data tersebut kemudian diaplikasikan dengan algoritma tertentu untuk menggali data, dengan tujuan untuk mendapatkan pola data dan melakukan prediksi data yang cukup akurat. Lalu, mengapa data penting untuk dipelajari? Yuk, kita simak penjelasannya!

  

1. Kemunculan Data Science di Indonesia

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat hampir semua perusahaan memiliki dan dapat memanfaatkan Big Data, baik bersifat privat hingga publik. Di Indonesia sendiri, telah banyak perusahaan berbasis teknologi seperti startup yang berjalan secara online menggunakan data digital. Namun, Big Data tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis perusahaan teknologi saja, tetapi juga di bidang lain mulai dari pemerintahan, perbankan, asuransi, konsultan jasa statistik, telekomunikasi, industri pabrik, pemasaran, industri kimia dan farmasi, hingga riset kesehatan.

Contohnya di bidang pemerintahan, Big Data digunakan untuk mempercepat pengambilan keputusan, monitoring, dan juga evaluasi. Sementara di bidang perbankan, penerapan Big Data digunakan untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah dan kerugian bank, serta sebagai basis informasi dari rekam jejak debitur mengenai aktivitas bisnisnya sehari-hari.

Inilah pentingnya ilmu Data Science di era Big Data saat ini. Data Science dapat menjawab kebutuhan bisnis dengan mengubah data menjadi analisa dan insight yang akan sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis maupun pengambilan keputusan yang berdampak bagi industri tersebut.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya! 

 

2. Peluang Ilmu Data Science di Masa Depan

Sebuah bisnis memiliki peluang untuk mengumpulkan data dari pelanggan seperti transaksi, interaksi situs web, dan lainnya. Tetapi, menurut Indeks Keyakinan Keamanan Data 2018 dari Gemalto, 65 persen bisnis yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak dapat menganalisis atau mengelompokkan semua data yang telah mereka simpan. Plus, 89 persen tahu bahwa jika mereka dapat menganalisis informasi dengan benar, mereka akan memiliki keunggulan kompetitif.

Kini, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mencari seorang yang ahli Data Science atau disebut Data Scientist, pakar Artificial Intelligence, maupun Data Engineer, apapun yang terkait dengan pengolahan data. Mulai dari corporate atau industri hingga tingkat pemerintah membutuhkan Data Science. Kenapa para ahli ini sangat dibutuhkan? Seperti di industri, terutama industri retail seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya, jika mereka tidak mampu untuk mengolah data dengan baik, maka tidak akan mampu bersaing. Hampir semua industri membutuhkan Data Science.

 

3. Tantangan Bagi Para Calon Data Scientist

Ketika mencari lowongan pekerjaan di LinkedIn atau website-website pencari kerja online, kita sering melihat adanya lowongan kerja di bidang Data Science. Akan tetapi bisa dilihat iklan tersebut bisa bertahan sampai berbulan-bulan atau dalam jangka waktu yang lama. Ini artinya, perusahaan belum menemukan talent data yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Tantangan background pendidikan ini merupakan salah satu tantangan paling umum bagi para calon talent data. Khususnya, bagi kamu yang tidak memiliki background pendidikan Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM) nantinya akan menimbulkan batasan atau gap yang dimiliki seorang calon talent data, terdapat jarak antara dunia akademis dengan industri.

Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan belajar Data Science dengan otodidak secara online, apalagi melihat kondisi di tengah pandemi seperti ini. Hal ini berguna bagi calon talent data untuk mempersiapkan diri berkarir di industri nyata. DQLab sebagai platform edukasi Data Science online siap membantu kamu untuk mendalami ilmu Data Science.

 

4. Disiplin Ilmu Data Science

Data Science memiliki tiga disiplin ilmu dasar yang mendukungnya, diantaranya:

  • Bisnis

Seorang Data Scientist bertugas dalam mengolah data menjadi informasi yang dapat dipahami untuk membantu dalam perancangan strategi dan alat pembuat keputusan. Untuk dapat melakukan tugasnya, keahlian Data Science pun harus disertai pemahaman bisnis sehingga penyelesaian yang diusulkan berdasarkan data mungkin dilakukan untuk sebuah bisnis dapat mencapai tujuannya.

  • Matematika dan Statistika

Ilmu Matematika menjadi ilmu dasar dalam Data Science. Banyak permasalahan dalam bisnis yang dapat diselesaikan dengan membuat model analitik dengan dasar matematika.

  • Teknologi

Pada dasarnya Data Science tidak lepas dari teknologi dan kreativitas serta kecerdasan dalam menggunakan keahlian teknis guna menyelesaikan suatu permasalahan. Data Science merupakan keilmuan yang berhubungan dengan data dalam jumlah besar dan algoritma yang rumit, sehingga butuh keahlian ilmu komputer yang mendalam. Seorang Data Scientist perlu menguasai bahasa pemrograman seperti SQL, Phyton, R dan masih banyak lagi.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang! 

 

5.    Dapatkan Kesempatan Belajar Data Science Bersama DQLab

Meskipun kamu tidak memiliki background pendidikan STEM, jangan khawatir. Karena, siapapun bisa berkesempatan untuk bisa menjadi seorang calon Data Scientist yang handal untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang dan buat akunmu di  DQLab.id/signup untuk mulai belajar data di DQLab!


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor : Annissa Widya Davita

 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :