MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 54 Menit 53 Detik 

Mengenal Pentingnya Peran Profesi Data Scientist di Era Modern

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d285574495d723f799cf73162f0dc21f_x_Thumbnail800.jpg

Profesi data scientist memiliki peran yang penting dalam memecahkan masalah dan menemukan pola dalam data. Tujuan dari penemuan pola tersebut adalah untuk mengenali sampel yang berlebihan dan menarik insight berguna dari data tersebut. Data scientist membutuhkan berbagai tools untuk mengekstrak informasi dari data. Beberapa tugas sehari-hari seorang data scientist adalah mengumpulkan, menyimpan, dan memelihara berbagai jenis data, baik data terstruktur maupun tidak terstruktur yang nantinya akan dianalisis atau diolah sesuai kebutuhan perusahaan.


Profesi data scientist dapat diterapkan di berbagai bidang industri, selama industri tersebut membutuhkan data. Data scientist harus memiliki pemahaman yang baik mengenai basic statistika dan ilmu komputer. Perusahaan membutuhkan data sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan data scientist yang terampil yang tahu bagaimana cara menggali informasi yang ia butuhkan. Selain itu, profesi data scientist juga bisa membantu perubahan yang lebih baik di berbagai bidang di era modern seperti saat ini. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas peran penting profesi data scientist di era modern, jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Di Bidang Marketing

Perusahaan menggunakan data untuk menganalisis strategi marketing yang tepat dan membuat campaign yang lebih baik. Bisnis seringkali menghabiskan budget yang sangat besar, namun hasilnya belum tentu efektif. Oleh karena itu, dengan adanya data feedback dari customer, perusahaan bisa merencanakan iklan dan campaign yang lebih baik. Perusahaan harus hati-hati dalam menganalisis perilaku pelanggan online. Selain itu, perusahaan harus selalu memantau trend di pasaran sehingga bisa mendapatkan informasi yang up to date mengenai hal-hal yang disukai atau dibutuhkan customer. Case tersebut mendorong perusahaan untuk mempekerjakan data scientist untuk membantu membuat keputusan yang kuat mengenai campaign dan iklan marketing.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Di Bidang Pengembangan Konsumen

Data scientist membantu perusahaan memperoleh konsumen baru dengan cara menganalisis kebutuhan mereka. Dengan cara ini, perusahaan bisa menyesuaikan produk yang paling cocok dengan kebutuhan konsumen potensial. Data memegang kunci bagi perusahaan untuk memahami consumer behavior sehingga perusahaan membutuhkan data scientist untuk membantu perusahaan mengenali customer dan membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan customer.

data scientist


3. Menciptakan Inovasi Baru

Dengan data yang berlimpah perusahaan bisa menciptakan inovasi yang lebih baik. Data scientist dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan pola yang tidak terduga dari sekumpulan data sehingga perusahaan bisa mengembangkan inovasi baru yang dilirik oleh konsumen dan bisa mendatangkan calon konsumen. Misalnya, dari review konsumen, data scientist bisa menganalisis apa kelebihan dan kekurangan produk atau layanan yang kemudian dikomunikasikan dengan stakeholder dan memberi masukan inovasi apa yang harus dikembangkan.


4. Bidang Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, data science bisa dimanfaatkan untuk menganalisis bagaimana kesehatan suatu pasien. Data scientist di bidang ini bertugas untuk menganalisis data pribadi pasien yang terecord, riwayat kesehatan, dan membuat analisis kesehatan lainnya yang bisa membantu dokter atau tenaga medis untuk mendiagnosa suatu penyakit. Namun demikian, data scientist harus berkoordinasi dengan dokter karena ada berbagai penyakit dan zat dalam obat-obatan yang perlu diperhatikan.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Belajar Data Science dan Tingkatkan Kompetensi Diri Bersama DQLab

Tertarik dengan data science namun bingung harus memulai dari mana? Yuk belajar bersama DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan nikmati modul gratis ‘Introduce to Data Science’ sebagai langkah awal mengenal data science serta nikmati ebook gratis sebagai media pendukung pembelajaran kamu. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!