PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 20 Menit 37 Detik 

Mengenal Perbedaan Jenis Metode Analisis Data dalam Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b546927f93bc2174a89011acc62f4681_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data adalah tahapan penting ketika melakukan suatu penelitian. Di tahapan analisis, kita perlu menerapkan metode yang cocok untuk data yang dimiliki. Dengan metode yang tepat, permasalahan yang diangkat dalam penelitian dapat terjawab. Hasil analisis kemudian disajikan dalam bentuk grafik, chart, dan sebagainya agar mudah dipahami oleh pembaca. Misalnya dalam perusahaan, hasil analisis dapat menjadi informasi bagi tim terkait seperti untuk meningkatkan strategi marketing, dan lain sebagainya. Hasil analisis juga dapat digunakan kembali oleh peneliti lainnya sebagai sumber data.


Metode analisis data dalam penelitian dibagi menjadi dua jenis yaitu metode analisis data kuantitatif dan metode analisis data kualitatif. Metode analisis data kuantitatif adalah metode yang digunakan untuk data yang bersifat numerik. Sedangkan metode analisis kualitatif adalah metode yang digunakan untuk data yang bersifat non numerik atau teks. Dilihat dari pengertiannya, kedua metode ini sudah berbeda. Ada lagi hal-hal lainnya yang membedakan kedua jenis metode analisis data tersebut. Apa saja? Yuk, simak perbedaannya di bawah ini!


1. Teknik Pengumpulan Datanya

Metode analisis data kuantitatif dan kualitatif memiliki teknik pengumpulan data yang berbeda. Pada metode analisis data kuantitatif, teknik pengumpulan data yang umum digunakan yaitu kuesioner, wawancara terencana, observasi, survei, dan menggunakan data statistik yang diperoleh dari pihak ketiga misalnya dari Badan Pusat Statistik. Sedangkan pada metode analisis data kualitatif, teknik pengumpulan datanya yaitu bisa dengan melakukan wawancara secara mendalam, observasi, studi dokumen, dan teknik triangulasi. Teknik triangulasi dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber yang menggunakan metode yang sama.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Penggunaan Metode Analisis Data

Dalam menerapkan metode analisis data, kita harus memahami terlebih dahulu data yang kita miliki dan tujuan dilakukannya penelitian. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode analisis data kuantitatif berkaitan dengan data numerik, sedangkan metode analisis data kualitatif untuk data berbentuk teks atau narasi. Ketika melakukan penelitian yang mengandung objektivitas, metode analisis kuantitatif cocok digunakan. Metode analisis kuantitatif memerlukan perhitungan matematika dan statistik secara akurat. Sedangkan ketika melakukan penelitian yang memerlukan pendekatan data yang bersifat subyektif, maka metode analisis data kualitatif adalah yang paling cocok. Metode analisis kualitatif memerlukan kemampuan interpretasi data yang baik oleh peneliti. Metode ini bersifat subyektif karena penelitian mengandung pemahaman masing-masing individu. 


3. Pilihan Metode Analisis Data

Pada metode analisis data kuantitatif dibagi lagi menjadi beberapa metode yang dapat digunakan berdasarkan tujuan penelitian, yaitu sebagai berikut:

  • Analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menyajikan data secara deskriptif dan apa adanya. Biasanya teknik statistik yang digunakan yaitu antara lain mean, median, skewness, dan simpangan baku dan varians. 

  • Analisis inferensial adalah metode yang menggunakan rumus tertentu. Hasil dari perhitungan tersebut menjadi dasar untuk generalisasi dan pengambilan keputusan. Teknik statistik biasanya menggunakan uji-T, ANOVA, korelasi, dan regresi.

Metode analisis data kualitatif juga dibagi menjadi beberapa metode yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Analisis wacana adalah metode yang digunakan untuk menganalisis interaksi manusia dan berfokus pada konteks sosial yang mana terjadi komunikasi antara responden dan peneliti.

  • Analisis konten adalah metode yang digunakan ketika dalam penelitian perlu memahami tema dalam data kualitatif secara keseluruhan. Pengkodean data dalam metode ini  menggunakan warna atau ide tertentu dalam menemukan rangkaian data yang paling umum. 

  • Analisis naratif adalah metode yang berfokus pada cara penyampaian ide ke seluruh pihak terkait. Dengan teknik ini akan membantu dalam memahami kultur perusahaan.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Metode Analisis Data Gabungan

Selain metode analisis data kuantitatif dan kualitatif, terdapat metode analisis gabungan atau disebut juga dengan mixed-methods. Penelitian dengan metode ini menggabungkan metode analisis kuantitatif dan kualitatif secara sekuensial ataupun sebaliknya. Kedua metode digabungkan untuk menyimpulkan pertanyaan dalam penelitian. Karakteristik dari penelitian gabungan ini yaitu tujuan penelitian digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang kurang terjawab dengan hanya menggunakan satu metode saja, pertanyaan penelitian yang mencakup hal-hal kuantitatif dan kualitatif, dan filosofi penelitian yang bersifat praktis dan terapan. Adapun jenis penelitian gabungan terdiri atas penelitian pengembangan model atau instrumen, penelitian evaluasi program, penelitian kebijakan, dan penelitian tindakan.


5. Ingin Jadi Talenta Data yang Diperhitungkan? Belajar Data di DQLab, Yuk!

Meningkatnya kesadaran akan pentingnya data juga menyebabkan tingginya kebutuhan akan talenta data yang handal. Banyak perusahaan maupun instansi yang membutuhkan profesi data scientist dan data analyst yang mampu memberikan insight bagi perusahaan. Oleh karena itu, para calon talenta data terus belajar data menggunakan berbagai metode, memahami data yang semakin beragam, dan mulai membangun portofolio data yang menarik rekruiter. Yuk, gabung di DQLab.id dan gapai mimpimu menjadi talenta data yang handal!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :