GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 39 Menit 18 Detik 

Mengenal Prospek Kerja dan Pentingnya Data Science di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 18-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c04c7db657ec2d36aa9ec50e0f8bfa60_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi yang pesat menjadi sarana bagi pertumbuhan perusahaan maupun startup di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Beberapa teknologi yang sedang meramaikan dunia IT adalah Machine Learning dan Artificial Intelligence (AI). Menggunakan Big Data dan Data Science, sejumlah perusahaan mulai melakukan analisis data untuk memprediksi perkembangan bisnis maupun industri masa depan.

Data Science menjadi salah satu ilmu yang melonjak dan makin banyak dipelajari karena kebutuhan tenaga kerja serta praktisi data yang semakin meningkat. Peluang kerja yang besar menjadikan penerapan ilmu ini semakin dibutuhkan oleh praktisi data. Sebagai primadona ilmu yang tengah bersinar, ilmu Data Science juga melatarbelakangi profesi yang beragam seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst dan Database Administrator.


Kali ini, DQLab telah merangkum informasi mengenai prospek kerja dan pentingnya Data Science di era digital. Penasaran kan? Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Profesi yang Berhubungan

Di era serba teknologi, data menjadi salah satu bagian penting bagi perusahaan dalam mengambil keputusan. Perusahaan perlu untuk melakukan proses analisis terhadap data seperti mengumpulkan, merapikan hingga melakukan analisis. Proses tersebut tentu tidak mudah karena jumlah data yang harus dikumpulkan dan dianalisis banyak dan terus berkembang. Hal tersebut menjadi alasan mengapa kini terdapat berbagai jenis pekerjaan di bidang Data Science yang semakin diperlukan oleh perusahaan maupun startup.

Jenis pekerjaan seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst, Data Architect, Database Administrator dan Database Engineer merupakan profesi yang berhubungan dengan Data Science, meskipun jobdesk masing-masing profesi memiliki perbedaan satu sama lain. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Lapangan Kerja yang Terbuka Lebar

Berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa profesi yang dilatarbelakangi oleh Data Science seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst dan Database Administrator akan meningkat di belahan dunia setiap tahunnya. LinkedIn sebagai salah satu platform penyedia informasi lapangan kerja juga mempertegas bahwa permintaan tenaga kerja pada profesi-profesi tersebut meningkat dibandingkan lima tahun yang lalu. International Business Developer (IBM) juga mencatat kebutuhan Data Scientist meningkat dari 364.000 menjadi 2.720.000 di seluruh dunia pada pembukaan 2020.

Pada tanggal 16 Agustus, terdapat 955 perusahaan maupun startup di platform pencarian kerja seperti Linkedin banyak membuka lowongan kerja untuk profesi yang dilatarbelakangi oleh Data Science tersebut. Jumlah tersebut terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan akan praktisi data. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan pada bidang Data Science menjadi profesi yang terbuka lebar dan paling menjanjikan di masa depan.


3. Berbagai Bidang Industri

Berperan di berbagai industri, Data Science menjadi ilmu yang penerapannya sangat dibutuhkan. Industri retail, manufaktur, keuangan menjadi dan hampir semua industri membutuhkan ilmu Data Science dalam melakukan sistem kerja data yang lebih maksimal. Contoh perusahaan ataupun startup seperti Tokopedia, Shopee, Dana, Sinarmas dan banyak perusahaan lainnya membutuhkan Data Science untuk penerapan berbagai fasilitas dan sistem mereka. 

Berbagai industri tersebut membutuhkan Data Science sebagai bentuk penerapan dari meningkatkan profit, produktivitas, penggabungan AI dan Machine Learning serta beragam hal lainnya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Pentingnya di Era Digital

Perkembangan teknologi yang dihasilkan oleh manusia dan berbagai perangkat menyebabkan peningkatan jumlah data. Transformasi digital menjadi tren yang membantu pekerjaan manusia tentunya memerlukan penerapan ilmu Data Science. Kebutuhan akan wadah yang mengatur dan memroses informasi diperlukan bagi banyak industri. Di era digital seperti sekarang, bisnis kecil maupun besar bergantung pada data karena hasil pengelolaannya dapat memberikan kredibilitas, prediksi maupun keuntungan bagi sebuah bisnis. Bukan hanya bisnis, bahkan pemerintah pun memerlukan Data Science untuk mengatur kebijakan yang akurat.


Berbagai industri mulai marak menggunakan Data Science sebagai ilmu data untuk mewadahi kebutuhan tersebut. Kini, Data Science sudah menjadi alat yang sangat berharga bagi industri untuk mengolah dan mentransformasikan data menjadi informasi yang penting. 


5. Siapa Saja Bisa Belajar Data Science Bersama DQLab!

Prospek kerja yang besar serta pentingnya penerapan di era digital menyebabkan Data Science menjadi ilmu yang wajib kamu kuasai sebagai seorang praktisi data. Bagi sahabat data DQLab yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) tidak perlu takut untuk belajar ilmu Data Science karena terdapat program DQLab yang bisa kamu ikuti. Jadi, kamu tetap bisa belajar dan bersaing dengan mereka yang lebih dulu memiliki background atau memiliki bekal Data Science.


Yuk belajar Data Science bersama  DQLab dengan cara sign up di DQLab.id. Kamu bisa langsung nikmati pengalaman belajar Data Science dengan modul gratis secara praktis dan fleksibel. Tunggu apa lagi? Persiapkan diri kamu menjadi praktisi data handal dengan DQLab


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!