PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 14 Menit 8 Detik

Mengenal QlikView, Tools Idaman Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6599157e4145ec5705779971968ce1c4_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist merupakan salah satu profesi yang menggunakan data sebagai bahan baku yang akan diproses dari data yang masih berserakan kini menjadi insight yang actionable dan valuable dalam mengambil keputusan. Adapun tugas utama dari Data Scientist yakni bertanggung jawab untuk mengolah dan menganalisis data untuk dijadikan pertimbangan dalam pengambilan suatu keputusan bisnis. 


Dalam melaksanakan tugasnya tentu saja diperlukan suatu alat bantu yaitu tools data scientist. Tanpa bantuan tools rasa-rasanya seorang data scientist akan kesulitan dalam memproses data numerik menjadi informasi yang berharga. Keberadaan tools data scientist memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai macam aktivitas seperti menganalisis data, membuat visualisasi, hingga membuat model prediktif dengan menggunakan algoritma machine learning.


Salah satu tools yang biasanya dimanfaatkan oleh data scientist adalah QlikView. QlikView merupakan tools yang bagus dan bisa dibilang serba bisa jika digunakan dalam aktivitas tugas sehari-hari data scientist. QlikView sangat cocok untuk penggunaan data visualization dan membuat dashboard. QlikView juga dipakai untuk membantu melakukan pengumpulan, integrasi, dan pemrosesan data menjadi sangat cepat dengan fitur penyimpanan dan memori yang disediakan. Nah, kira-kira kalian pada penasaran nggak nih dengan tools yang satu ini? Yuk kita kupas satu persatu tentang tools yang satu ini. Simak informasinya ya sahabat DQLab!


1. Apa itu QlikView

QlikView adalah sebuah platform bisnis intelegensi dan visualisasi data yang digunakan oleh data scientist dalam analisis data. Sebagai alat yang kuat dalam toolkit data scientist, QlikView menyediakan berbagai fitur dan kemampuan yang memungkinkan para data scientist untuk menjelajahi, menganalisis, dan memvisualisasikan data dengan mudah.

Data Scientist

Dengan QlikView, data scientist dapat terhubung dengan berbagai sumber data yang berbeda, seperti basis data, lembar kerja, layanan web, dan platform big data. Ini memungkinkan mereka untuk mengakses data dari berbagai sumber tanpa kesulitan.


QlikView juga menawarkan kemampuan transformasi dan pemodelan data yang efisien. Data scientist dapat membersihkan, mengagregasi, dan melakukan perhitungan pada data dengan antarmuka yang mudah digunakan, tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman yang mendalam.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kelebihan QlikView

QlikView memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan alat-alat data scientist lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan utama QlikView:

Data Scientist


Antarmuka Intuitif: QlikView menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan intuitif. Data scientist dapat dengan cepat mempelajari alat ini dan mulai melakukan eksplorasi dan analisis data tanpa memerlukan keterampilan pemrograman yang mendalam. Kemudahan penggunaan ini mempercepat waktu ramp-up dan meningkatkan produktivitas.


Model Data Asosiatif: Fitur utama QlikView adalah model data asosiatif yang memungkinkan data scientist untuk menjelajahi hubungan dan koneksi di antara data dengan cara yang intuitif. Dalam model ini, data terkait secara otomatis ditemukan dan disajikan, memungkinkan data scientist untuk menemukan wawasan yang lebih mendalam dan menjawab pertanyaan yang kompleks.


Fleksibilitas dan Skalabilitas: QlikView adalah platform yang fleksibel dan dapat diukur. Ini dapat digunakan dalam skala kecil untuk proyek individu atau dalam skala perusahaan untuk analisis yang lebih luas. QlikView juga dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan analitis tertentu.


Kolaborasi dan Berbagi: QlikView memungkinkan kolaborasi antara tim dan berbagi wawasan dengan pengguna lain. Data scientist dapat membuat dasbor interaktif dan laporan yang memungkinkan anggota tim dan pengambil keputusan lainnya untuk mengakses dan memahami informasi secara real-time.


3. Manfaat QlikView

QlikView memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas data scientist dalam kegiatan sehari-hari mereka. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama QlikView dalam keseharian data scientist:

Data Scientist

Eksplorasi Data yang Cepat: QlikView memungkinkan data scientist untuk dengan cepat menjelajahi data dari berbagai sumber. Dengan antarmuka yang intuitif dan model data asosiatif, data scientist dapat dengan mudah menggali hubungan dan pola yang tersembunyi dalam data mereka. Hal ini mempercepat proses eksplorasi data dan membantu data scientist dalam mengidentifikasi wawasan baru.


Visualisasi Interaktif: Visualisasi yang interaktif dan dinamis di QlikView memungkinkan data scientist untuk mempresentasikan data secara lebih efektif. Dengan berbagai jenis grafik dan tampilan yang dapat disesuaikan, data scientist dapat membuat visualisasi yang menarik dan mudah dimengerti. Visualisasi interaktif ini juga memungkinkan data scientist untuk berinteraksi dengan data secara langsung dan mengeksplorasi berbagai sudut pandang.


Pemodelan dan Transformasi Data: QlikView menyediakan berbagai alat pemodelan dan transformasi data yang memudahkan data scientist dalam membersihkan, menggabungkan, dan mengolah data. Dengan antarmuka drag-and-drop yang sederhana, data scientist dapat dengan cepat melakukan operasi seperti agregasi, filter, dan perhitungan yang diperlukan untuk analisis data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Fitur Utama yang Ada dalam QlikView

Fitur utama QlikView adalah visualisasi data yang kuat dan interaktif. Data scientist dapat membuat berbagai jenis visualisasi, seperti grafik batang, grafik garis, scatter plot, dan peta panas, untuk menjelajahi data dan mengungkap pola dan wawasan yang tersembunyi.


Selain itu, QlikView juga memiliki model data asosiatif yang memungkinkan data scientist untuk menjelajahi data secara intuitif. Model ini memungkinkan mereka untuk menemukan hubungan dan koneksi yang tersembunyi di antara data yang kompleks.


QlikView juga mendukung integrasi dengan alat analitika lanjutan, seperti R dan Python. Hal ini memungkinkan data scientist untuk menggunakan model dan algoritma yang sudah ada dalam lingkungan QlikView, memperluas kemampuan analitik mereka.


DQLab merupakan platform pembelajaran online yang berfokus pada data science. Selain menyediakan kursus dan pelatihan interaktif, situs ini juga menyediakan proyek-proyek data science yang dapat kalian kerjakan. Kalian dapat memanfaatkan studi kasus tersebut sebagai sumber inspirasi dan ide untuk portofolio. 


Platform ini juga memiliki berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan, sehingga kalian dapat memilih ide kasus yang paling sesuai dengan kemampuan kalian. Dengan mengerjakan proyek-proyek di DQLab, pasti kalian akan memperoleh pengalaman praktis dan membangun portofolio yang kuat.


Tahukah kalian kelebihan lain dari DQLab? Bahkan juga diintegrasikan dengan ChatGPT! Manfaatnya apa, ya?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan kode yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk membuat portofolio yang menarik! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login