[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 6 Menit 45 Detik 

Mengenal Statistik untuk Mengembangkan Minitab Sebagai Salah Satu Aplikasinya

Belajar Data Science di Rumah 22-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/93fb99b049b665fc6e099831b1529d0d_x_Thumbnail800.png

Pengolahan data sangat membantu berbagai sektor khususnya sektor bisnis dalam hal pengambilan keputusan, baik keputusan yang bersifat strategis hingga keputusan yang bersifat manajerial harian. Namun, untuk dapat melakukan pengolahan data harus menggunakan metode hingga aplikasi khusus seperti aplikasi statistik guna mempercepat proses pengolahan data tersebut. Selain itu juga  dengan menerapkan metode dan teknik yang sesuai dengan kebutuhan penelitian akan mempermudah lagi proses pengolahan data tersebut.


Aplikasi statistik adalah sebuah tools yang digunakan untuk mempercepat proses pengolahan data statistik khususnya dalam penelitian yang bersifat kuantitatif. Dalam memudahkan kita dalam melakukan pengolahan data dengan analisis statistika, kita dapat menggunakan berbagai macam alat bantu atau software. Salah satu aplikasi statistik yang populer digunakan adalah minitab yang akan dibahas pada artikel DQLab kali ini. Yuk, simak artikel ini hingga selesai!


1. Sekilas Tentang Minitab

Minitab adalah sebuah software statistika yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistika. Minitab menggabungkan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang lebih kompleks lagi. Minitab dapat melakukan data statistik khususnya ANOVA, desain eksperimen, analisis multivariat, peramalan, analisis time series, statistical process control, analisis data kualitatif, analisis non parametrik, dan lainnya. Minitab juga dapat memberikan fasilitas membuat grafik statistik secara mudah dan menampilkan grafik lebih menarik dan informatif dalam menceritakan probabilitas. Meski begitu, fitur matematika terutama package analisis statistiknya masih terbilang lemah dalam melakukan analisis matematika dan numerik.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Penggunaan Minitab

Secara umum minitab biasa digunakan untuk pengolahan data dan file tingkat advanced untuk analisis data yang lebih baik, analisis regresi, tabel dan grafik, analisis multivariate yang artinya termasuk dalam analisis faktor, analisis klaster, analisis korespondensi. Minitab juga bisa digunakan untuk pengujian statistik non parametrik, time series dan forecasting untuk membantu menunjukkan kecenderungan pada data yang dapat digunakan untuk membuat dugaan atau perkiraan, plot dan trend analisis. Selain itu minitab juga digunakan untuk statistical process control, analisis sistem pengukuran dan varian untuk menentukan perbedaan antar data. 


3. Kelebihan dan Kekurangan

Keunggulan utama dari minitab adalah user friendly, dan fitur asistennya. Analisis data dapat dilakukan lebih menyeluruh dengan minitab yang user friendly, sehingga data substansi dapat ditarik bahkan oleh orang-orang tanpa pengetahuan statistik. User juga dibantu dalam analisis data dan menghasilkan interpretasi oleh fitur asisten. Berbekal data dimana area dapat ditingkatkan, pengguna dapat merumuskan langkah-langkah yang lebih untuk meningkatkan proses dan kualitas produk serta meningkat efisiensi. Minitab juga terintegrasi dengan microsoft word dan excel. Disamping keunggulannya, minitab juga memiliki kekurangan yaitu dalam range analisis statistik yang dilakukan minitab secara langsung setelah instalasi tidak seluas aplikasi lain seperti SPSS dan SAS. Minitab juga memiliki kompatibilitas yang cukup buruk, karena dalam proses import file yang lebih sulit.


4. Berbagai Jenis Window Di Minitab

Minitab terdiri dari beberapa jenis window antara lain adalah session window yang digunakan untuk menampilkan hasil analisis data statistik, lalu ada worksheet window yang mengandung baris dan kolom yang digunakan untuk menginput dan memanipulasi data, terlihat seperti spreadsheet tetapi perubahan tidak dapat disimpan secara otomatis. Selanjutnya ada graph window yang akan dibuka ketika grafik dihasilkan, serta ada report window yang dapat kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas kamu.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Statistik dengan Python dan R dari Modul DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 




Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!