[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 57 Menit 25 Detik 

Mengenal Teknik Pengumpulan Data Sekunder Sebagai Pendukung Data Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 09-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e068157caf3691d04ef9b335ef3468b1_x_Thumbnail800.jpg

Teknik pengumpulan data sekunder merupakan cara bagimana mendapatkan data sekunder. Ketika melakukan penelitian, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data. Sumber data sangat berpengaruh pada kualitas penelitian. Berdasarkan sumbernya data diklasifikasikan menjadi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian, sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari pihak lain artinya data sudah yang sudah tersedia biasanya dalam bentuk dokumen. 


Memahami perbedaannya adalah hal penting agar tidak salah dalam menempatkannya. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, data primer dan data sekunder memiliki perbedaan dalam memperoleh datanya. Data sekunder berperan sebagai pendukung data primer. Oleh karena itu keduanya biasanya digunakan bersamaan dalam penelitian agar penelitian tersebut semakin berkualitas. Lalu bagaimana cara mendapatkan data sekunder? Simak pembahasannya dibawah ini, yuk!


1. Penelitian Kepustakaan 

Teknik pengumpulan data sekunder yang pertama ada penelitian kepustakaan. Tujuannya adalah untuk dapat mengetahui berbagai pengetahuan dan karya yang pernah dibuat oleh peneliti terdahulu. Dalam melakukan penelitian kepustakaan, diperlukan sikap kritis oleh peneliti agar lebih selektif memilih bahan penelitian yang berasal dari berbagai sumber yang bisa saja memiliki sudut pandang yang berbeda. Tidak semua bahan penelitian yang berhasil ditemukan dapat dipercaya isi maupun sumbernya karena sangat mungkin jika isi dari tulisan kurang baik atau sudah ketinggalan jaman. Adapun langkah-langkah ketika melakukan penelitian kepustakaan yang pertama yaitu menentukan topik penelitian. Jika sudah menentukan topiknya, makan akan lebih mudah dalam mencari buku atau artikel yang sesuai dengan topik. Kemudian bacalah bahan yang sudah ditemukan dengan cermat dan bisa juga membuat catatan-catatan kecil dari bahan tersebut. Langkah terakhir adalah menambahkan bahan bacaan lainnya untuk menambah informasi yang dirasa kurang pada bahan bacaan sebelumnya. 

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Badan Pusat Statistik

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan bagian dari teknik pengumpulan data sekunder. Baik itu data yang sudah dipublikasikan atau data dalam edisi terbaru dapat digunakan sebagai data sekunder. Badan Pusat Statistik menghasilkan data seperti data sosial dan kependudukan, ekonomi dan perdagangan, dan pertanian dan pertambangan. Data yang sudah dipublikasikan dapat diunduh di website Badan Pusat Statistik. Bisa juga diperoleh secara offline dengan mengunjungi perpustakaan yang disediakan oleh seluruh kantor Badan Pusat Statistik. 




3. Lembaga Pemerintahan Atau Swasta

Lembaga pemerintahan atau swasta dapat menjadi pilihan dalam mengumpulkan data sekunder. Biasanya data yang diperoleh berbentuk arsip yang dapat berupa naskah, rekaman, foto, suara, gambar peta, dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, arsip-arsip ini akan terus bertambah. Oleh karena itu perlu sistem penyimpanan arsip yang mudah diterapkan dan relatif hemat biaya dan waktu. Misalnya dengan sistem penyimpanan digital agar memudahkan publik dalam mengakses arsip-arsip tersebut yang dapat digunakan untuk keperluan penelitian. Data science dapat diterapkan dalam hal ini mengingat arsip-arsip tersebut berupa data terstruktur dan data tidak terstruktur.  

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!