SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 3 Menit 58 Detik

Mengenal Tugas & Tanggung Jawab Azure Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-04-2023-08-10-222345_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer merupakan salah satu profesi yang memiliki segudang spesialisasi karir yang beragam. Mulai dari tingkat entry-level, middle, sampai top manager. Sebagaimana yang kita ketahui, data engineer memiliki cakupan pekerjaan yaitu merancang, mengelola, dan mengoptimalkan seluruh kinerja data yang berada di dalam database maupun arsitektur data yang telah dibuat dan disusun sedemikian rupa agar manajemen dan pengolahan data dapat digunakan dengan baik. 


Salah satu karir data engineer yang bisa diraih oleh pemula data maupun kamu yang ingin berkarir di bidang data adalah Azure Data Engineer. Pada dasarnya, Azure Data Engineer adalah seorang profesional IT yang memiliki keahlian dalam merancang, mengelola, dan mengoptimalkan solusi data di platform Azure. Tugas utama seorang Azure Data Engineer adalah untuk membangun dan mengelola infrastruktur data yang skalabel dan dapat diandalkan dalam lingkungan cloud Azure.


Para Azure Data Engineer biasanya memiliki pengetahuan mendalam tentang layanan Azure, seperti Azure Synapse Analytics, Azure Data Factory, Azure Databricks, Azure HDInsight, dan layanan data lainnya yang ditawarkan oleh Microsoft Azure. Peran ini sangat penting dalam membantu organisasi mengambil keputusan berdasarkan data, memaksimalkan potensi data mereka, dan membangun analisis data yang kuat untuk meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan. Secara rinci, berikut adalah sederetan tugas dan tanggung jawab dari Azure Data Engineer. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Perancangan Arsitektur Data

Merancang dan mengimplementasikan arsitektur data yang efisien dan skalabel di platform Azure. Ini mencakup merencanakan skema basis data, data warehouse, data lake, dan solusi data lainnya berdasarkan kebutuhan bisnis dan teknis perusahaan.

Data Engineer

Sumber Gambar: Microsoft Learn


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Integrasi Data

Mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan sistem ke dalam platform Azure. Ini bisa termasuk menghubungkan sistem lokal dengan cloud, mengatur aliran data secara real-time (data streaming), dan mengintegrasikan data dari aplikasi SaaS (Software as a Service) dan layanan pihak ketiga lainnya.


3. ETL dan Data Pipelines

Membangun alur kerja ETL (Extract, Transform, Load) dan data pipelines untuk mengekstrak, mentransformasi, dan memuat data dari berbagai sumber ke penyimpanan data yang sesuai di Azure. Hal ini memungkinkan data dapat diolah dan diakses dengan mudah oleh tim analisis dan ilmu data.


4. Data Storage dan Management

Mengelola penyimpanan data di Azure, termasuk menggunakan layanan seperti Azure SQL Database, Azure Cosmos DB, Azure Data Lake Storage, dan sejenisnya. Ini mencakup melakukan backup, pemulihan data, dan optimisasi penyimpanan untuk performa yang baik.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


5. Data Security dan Compliance

Memastikan data di Azure aman dan sesuai dengan kebijakan keamanan dan peraturan privasi yang berlaku. Melakukan enkripsi, akses kontrol, dan audit data adalah bagian penting dari tanggung jawab ini.


6. Data Governance

Menerapkan aturan dan standar untuk mengelola dan memelihara data secara efisien. Ini termasuk pemantauan dan pemeliharaan kualitas data, manajemen metadata, dan penanganan data tak terstruktur.

Data Engineer

Sumber Gambar: Kevin Chant


Itulah tadi sederetan tugas-tugas dari Azure Data Engineer. Seorang data engineer memerlukan keterampilan atau skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. beberapa skill dasar data engineer dapat mulai kamu pelajari di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass sekarang! 

Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login