Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mengenal Tugas Senior Data Analyst, Catat Ya!

Belajar Data Science di Rumah 14-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/53d69f05-2966-427f-865d-c758f4b0bf5e-2023-08-14-225113_x_Thumbnail800.jpeg

Data Analyst merupakan salah satu profesi yang memegang peranan penting dalam perusahaan. Mereka akan membantu para stakeholder untuk mencari insight dari data sehingga para stakeholder bisa memutuskan kebijakan yang relevan. Selain Itu, profesi Data Analyst juga termasuk salah satu profesi yang memiliki jenjang karir yang jelas. Jenjang karir bertujuan untuk memberikan arah yang jelas, tanggung jawab yang meningkat, dan peluang pertumbuhan yang terstruktur. 


Setelah berada di posisi Data Analyst, maka jenjang selanjutnya yang akan dihadapi adalah Senior Data Analyst. Tentu saja posisi ini memegang tanggung jawab yang jauh lebih banyak serta memegang peranan yang semakin penting dalam organisasi. Sebagai tahap karir yang lebih tinggi dalam bidang data analytics, Senior Data Analyst memiliki peran yang sangat strategis dalam mengolah dan menerjemahkan data menjadi insight berharga yang mendukung pertumbuhan dan inovasi bisnis. Dalam artikel ini akan dijelaskan 4 tanggung jawab yang menggambarkan peran seorang Senior Data Analyst. Yuk, simak pembahasannya!


1. Analisis Mendalam dan Kompleks

Seorang Senior Data Analyst dengan segala pengalamannya akan lebih ahli dalam menguraikan data yang besar dan kompleks. Mereka diharapkan memiliki kemampuan untuk menerapkan metode analisis data yang lebih canggih, mengidentifikasi pola-pola yang mungkin tidak terlihat, dan merumuskan hipotesis yang mendalam. Analisis yang dihasilkan oleh Senior Data Analyst akan melahirkan insight yang lebih dalam, sehingga bisa membantu organisasi untuk memahami tren pasar, perilaku pelanggan, serta membuat kinerja operasional dengan lebih baik.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pengambilan Keputusan Strategis

Posisi Senior Data Analyst dituntut untuk bisa melakukan pengambilan keputusan yang mendukung bisnis. Tentu saja hal ini akan melibatkan proses penerjemahan data menjadi informasi yang mudah dimengerti. Senior Data Analyst akan membantu tim manajemen dan eksekutif memahami implikasi dari keputusan yang akan diambil. Informasi yang akurat dan berdasarkan data memungkinkan organisasi membuat keputusan yang lebih relevan dan dapat ,menentukan langkah-langkah strategis yang lebih baik.


3. Kolaborasi Antar Tim dan Stakeholder

Seorang Senior Data Analyst akan lebih sering melakukan interaksi dengan berbagai tim di yang ada di perusahaan. Mereka dituntut untuk bisa bekerja sama dengan departemen lain, seperti marketing, finance, dan operasional, dan lainnya agar bisa mengidentifikasi peluang bisnis yang lebih baik, mengukur kinerja, serta mengatasi tantangan yang ada. Kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan baik memungkinkan mereka untuk memfasilitasi kolaborasi yang efektif di seluruh elemen perusahaan.


4. Mengarahkan Proyek Analisis Data yang Kompleks

Senior Data Analyst memiliki peran dalam merancang dan mengarahkan project analisis data yang lebih besar dan kompleks. Pada posisi ini, skill mereka sebagai seorang pemimpin akan sangat dibutuhkan. Mereka dapat mengidentifikasi kebutuhan bisnis, merumuskan tujuan analisis, menentukan alur kerja, serta mengarahkan tim Data Analyst dalam menjalankan project. Dengan kepemimpinan mereka, proyek-proyek ini dapat menghasilkan insight berharga yang berdampak signifikan pada strategi organisasi.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Peran seorang Senior Data Analyst bukan hanya tentang mengolah angka, tetapi juga tentang mengubahnya menjadi informasi yang bermakna bagi bisnis. Dengan skill analitis yang mendalam, kepemimpinan dalam project data, serta kolaborasi lintas tim, Senior Data Analyst adalah agen perubahan yang dapat membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan pasar dan mencapai tujuan bisnis.


Tertarik menjadi Data Analyst? Kamu bisa memulai proses menjadi Data Analyst dengan belajar di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain Bootcamp Data Analyst with SQL and Python, kamu juga bisa mencoba Bootcamp Data Analyst with Excel untuk melengkapi skill yang dibutuhkan oleh seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login