Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Mengenali Teknik Pengolahan Data Melalui Berbagai Sudut Pandang

Belajar Data Science di Rumah 03-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/18e3df340df8f9d16a9111a95167ae93_x_Thumbnail800.png

Pengolahan data merupakan cara untuk mengubah data mentah menjadi data yang bisa menghasilkan informasi serta bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan. Proses pengolahan data pada awalnya bisa dilakukan secara manual tanpa menggunakan komputer. Namun sayangnya, seiring bertambahnya volume data yang ada serta bertambah jenis data yang bisa digunakan karena perkembangan teknologi digital, pengolahan data menjadi lebih sering dilakukan dengan menggunakan komputer. Hal ini dilakukan agar waktu yang ada dapat digunakan secara efektif dan efisien.


Salah satu ciri dari big data adalah Variety, dimana jenis data yang ada saat ini sangatlah bervariasi. Jika dalam bayangan kita, data adalah sesuatu yang berbentuk angka, maka mulai saat ini kita sudah harus mulai mengubahnya. Saat ini apapun bisa menjadi data. Setiap hal yang kita kerjakan di smartphone kita adalah data, misalnya membuka sosial media, menggunakan aplikasi perbankan, berbelanja online di berbagai e-commerce, dan hal lainnya. Nah, karena jenis data saat ini menjadi begitu banyak, kayaknya kita harus melihat pengertian pengolahan data dari berbagai sudut pandang nih. Yuk, simak artikelnya!


1. Pengolahan Data dalam Penelitian

Penelitian bagi seorang akademisi layaknya makanan sehari-hari. Selain karena tuntutan pekerjaan, penelitian juga diperlukan untuk melihat apakah hal-hal yang telah ada sebelumnya masih relevan digunakan atau malah bisa diganti dengan penemuan terbaru. Dalam penelitian kualitatif maupun kuantitatif, data tetap menjadi sesuatu yang sangat penting sehingga harus benar-benar dipastikan kevalidan nya serta diolah dengan metode yang benar dan sesuai dengan data yang dimiliki. Salah menggunakan metode tentu akan berdampak fatal di hasil temuannya. Itulah mengapa tidak jarang di dalam penelitian akan membandingkan hasil penelitian dengan menggunakan beberapa metode.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Pengolahan Data Menurut Para Ahli

Beberapa ahli turut memberikan pendapatnya mengenai pengolahan data. Salah satunya adalah Sutabri yang mengatakan bahwa pengolahan data meliputi proses penyimpanan dan penanganan data. Pada proses penyimpanan data akan melibatkan beberapa pekerjaan lain, misalnya pengumpulan data, pencarian data, serta pemeliharaan terhadap data yang telah ada sebelumnya. Kemudian pada tahapan penanganan data juga dapat dibagi menjadi beberapa pekerjaan seperti pemeriksaan, perbandingan, pemilihan, peringkasan, serta manipulasi data. 

Selain Sutabri, Jogiyanto juga turut memberikan pendapatnya mengenai pengolahan data. Menurut beliau, pengolahan data merupakan proses manipulasi dari data mentah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti untuk mendapatkan suatu informasi.


3. Pengolahan Data dalam Pandangan Pelaku Bisnis 

Pengolahan data tidak hanya dibutuhkan oleh para akademisi untuk melakukan penelitian, namun saat ini pengolahan data menjadi hal penting bagi para pelaku bisnis agar bisa melakukan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis tentu tidak akan jauh-jauh dari data yang ada. Dengan memanfaatkan data yang sangat banyak tersebut, para pelaku bisnis dapat membuat usaha nya menjadi lebih maju karena bisa menyesuaikan inovasi terbarunya dengan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga mereka bisa meningkatkan keuntungan dan meminimalisir kerugian.


4. Apakah Masyarakat Biasa juga Membutuhkan Proses Pengolahan Data?

Rasanya sangat tidak mungkin jika ada pihak yang tidak menggunakan data saat ini. Tanpa disadari, kita sebagai masyarakat biasa juga menggunakan data dalam pembuatan keputusan sehari-hari meskipun tidak menggunakan berbagai metode analisis yang umumnya digunakan oleh akademisi dan praktisi data. Misalnya dalam pembelian barang yang sama di toko berbeda, tentu kita akan melakukan perbandingan harga. Selain itu, jika harga barang tiba-tiba meningkat, tanpa kita sadari kita juga akan menganalisisnya, kira-kira apa penyebab hal tersebut bisa terjadi sehingga nantinya kita bisa menemukan korelasinya.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Belajar Mengolah Data Bersama DQLab, Yuk!

Tertarik untuk belajar mengolah data? DQLab menjadi tempat kursus yang bisa kamu pilih. Selain dilakukan secara online, waktu belajarnya juga bisa kamu tentukan sendiri sehingga sangat fleksibel terutama bagi kamu yang memiliki kegiatan lain, seperti bekerja, kuliah, dll. Ada banyak modul yang disediakan oleh DQLab dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para praktisi data, yaitu R, Python dan juga SQL. Kamu juga bisa mencoba free modul yang disediakan oleh DQLab, loh, yaitu modul “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. Yuk, gabung dengan DQLab dan nikmati semua modulnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!