DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 15 Jam : 48 Menit : 48 Detik

Menilik Profesi Data Scientist, Profesi "Terseksi" Abad 21

Belajar Data Science di Rumah 17-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/415c6e71d07d830fa8335aee833c3366_x_Thumbnail800.jpg

Apa profesi Data Scientist masih menjadi profesi "terseksi" abad 21? Mungkin ketika kamu melakukan pencarian profesi "Data Scientist" di LinkedIn, kamu pasti terkejut melihat berapa banyak orang yang "mencari profesi baru" menjadi headline profil LinkedIn mereka. Lantas, hal itu mungkin membuat kamu berasumsi bahwa Data Scientist sudah tidak menjadi pekerjaan "terseksi" abad 21 seperti yang sering diberitakan. Lalu apakah Data Scientist masih menjadi pekerjaan "terseksi" abad ini ? Jawabannya adalah 'iya'. Karena kamu dapat bekerja di sektor bisnis, dimana data merupakan bagian lengkap dari perkembangan produk bisnis, maka pernyataan itu benar. 


Selain itu juga, pasar kerja terbaik untuk seorang Data Scientist adalah dari startup yang sedang merintis bisnis bagaimana meningkatkan bisnis mereka. Yang artinya, hal itu bagus mengingat dari sebuah situs Startup Ranking, saat ini Indonesia menempati peringkat 5 besar dunia karena sudah memiliki lebih dari 2.000 startup. 


Untuk itu, bersama DQLab artikel ini akan membahas serba serbi profesi Data Scientist. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai ya.

1. Menjadi Data Scientist Lebih Banyak Berkutat dengan Data dari pada "Science"

Maksudnya adalah di bidang Data Scientist kamu akan sering bekerja dengan data justru untuk menghasilkan sebuah science atau ilmu pengetahuan itu sendiri. Sebelum mendalami Data Science, kamu harus tahu apa yang akan dihadapi seorang Data Scientist. Pekerjaan sehari-hari seorang Data Scientist adalah bukan untuk membangun sebuah model yang cemerlang agar orang-orang bisa memuji kamu. Tapi, pekerjaan kamu biasanya seperti,  memilah-milah data, berpikir tentang masalah dan solusinya. Tentunya dalam hal ini akan membutuhkan banyak keterampilan khusus diantaranya, pemahaman matematika dan statistika, memahami konsep data mining, memahami algoritma machine learning/deep learning, serta kemampuan programming yang baik.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Gabungan dari Beberapa Disiplin Ilmu

Meskipun dalam kata Data Scientist tersematkan kata Science di dalamnya, bukan berarti hanya orang yang berangkat dari bidang Science saja yang dapat berkarir sebagai Data Scientist. Selain skill statistik dan matematik serta programming, kamu juga harus memahami proses bisnis, karena dengan memahami proses bisnis, kamu bisa berkomunikasi ke manajemen perusahaan dan konsumen bagaimana strategi yang harus dilakukan perusahaan berdasarkan analisis data yang kamu telusuri.  


Yang tak kalah penting adalah softskill. Seorang Data Scientist harus memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, harus tahu bagaimana cara berkomunikasi yang efektif, berpikir kreatif, dan keinginan untuk terus belajar. Softskill inilah yang akan menopang hardskill yang sudah dimiliki tadi.


3. Sebagai Pendukung Keputusan Bisnis

Goals dari seorang Data Scientist di perusahaan adalah untuk menghasilkan insight baru dan membaca pola-pola tersembunyi di balik data yang dimiliki suatu perusahaan terkait, yang mana hal ini akan digunakan sebagai alat pendukung keputusan di suatu perusahaan. Misalnya, berangkat dari bidang e-commerce peran Data Scientist untuk menggali data berdasarkan kebiasaan-kebiasaan konsumen ketika mereka melakukan pencarian produk, biasanya produk apa yang sering mereka cari. Dari pola-pola tersebut dapat dijadikan sebuah informasi yang dapat mendukung keputusan suatu perusahaan untuk memberikan rekomendasi produk seperti apa kepada konsumen tersebut.


Contoh lainnya, dari bidang travel. Informasi yang dihasilkan oleh Data Scientist dapat digunakan untuk mendukung keputusan suatu perusahaan dalam melakukan segmentasi konsumen, dimana konsumen akan dikategorikan menjadi kelompok-kelompok berbeda kemudian akan direkomendasikan layanan dengan harga berbeda-beda sesuai dengan kelompok-kelompok tersebut.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, Belajar Data Science Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!