PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 25 Menit 39 Detik

Menuju Sukses dengan Roadmap Simple Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 21-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-04-2023-11-22-130457_x_Thumbnail800.jpg

Dunia data science tidak lengkap tanpa peran penting seorang Data Engineer. Mungkin terdengar teknis, namun menjadi seorang Data Engineer adalah pilihan karir yang menarik dengan peluang pekerjaan yang melimpah.


Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi Data Engineer, memahami tahapan roadmap tentu akan memudahkan sobat DQLab untuk mencapai karir tersebut. Karena memiliki posisi penting dan menjadi landasan bagi kesuksesan praktisi data lainnya, tentu ada beberapa hal teknis dan konsep yang perlu diperkuat. 


Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jejak karir seorang Data Engineer, membahas peluang pekerjaan yang tersedia, dan memberikan panduan tentang bagaimana membangun fondasi karir yang kokoh di dunia ini.


1. Pentingnya Data Engineer

Data Engineer

Seorang Data Engineer bertanggung jawab untuk membangun infrastruktur data yang kokoh dan efisien. Mereka merancang, membangun, dan memelihara sistem yang memungkinkan pengumpulan data yang tepat dan cepat. Dalam era informasi ini, Data Engineer menjadi tulang punggung dalam memastikan data tersedia dengan akurat dan siap untuk dianalisis.


Data engineer juga memiliki andil dalam mendukung tren analisis data real-time dan AI. Bagaimana caranya? Dengan memastikan kalau data tersedia dengan tepat waktu, sehingga memungkinkan sistem AI untuk belajar dan memberikan hasil secara cepat.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Peluang Pekerjaan yang Luas

Data Engineer

Seiring dengan pertumbuhan pesat teknologi, peluang pekerjaan untuk Data Engineer semakin meluas. Banyak industri, termasuk e-commerce, kesehatan, keuangan, dan banyak lagi, mencari profesional yang dapat membantu mereka mengelola dan memanfaatkan data mereka. Menjadi Data Engineer memberikan akses ke berbagai proyek menarik di berbagai sektor.


Tren karir data engineer saat ini adalah fokus pada bidang teknologi big data, data analytics, dan machine learning. Data engineer juga dapat mengambil kesempatan untuk berkarir di bidang terkait seperti pengembangan perangkat lunak, manajemen data, atau pengembangan bisnis.


3. Jejak Karir yang Kuat

Data Engineer

Ada beberapa jalur karir yang tersedia untuk data engineer. Data engineer dapat memilih untuk bekerja sebagai karyawan dalam perusahaan besar, startup, atau perusahaan konsultan. Data engineer juga dapat memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau memulai bisnis sendiri. Data engineer juga dapat memilih untuk mengambil jalur karir sebagai manajer data atau arsitek data.


Membangun jejak karir yang kuat dimulai dengan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dasar data engineering. Ini mencakup pemahaman tentang basis data, bahasa pemrograman seperti SQL dan Python, serta konsep pemrosesan data. Mengikuti kursus-kursus atau sertifikasi di bidang ini dapat membantu memperkuat fondasi pengetahuan.


4. Menguasai Alat dan Teknologi

Seorang Data Engineer perlu menguasai berbagai alat dan teknologi untuk membangun dan mengelola infrastruktur data. Ini termasuk pemahaman tentang alat pemrosesan data seperti Apache Spark, sistem penyimpanan data seperti Apache Hadoop, dan teknologi cloud seperti AWS atau Google Cloud. Menguasai alat ini akan memberikan keunggulan kompetitif.


5. Pengalaman Praktis

Selain pengetahuan teoritis, pengalaman praktis juga sangat penting. Terlibat dalam proyek-proyek nyata atau magang di industri yang relevan akan memberikan wawasan yang berharga dan membantu membangun portofolio pekerjaan yang kuat. Pengalaman praktis ini bisa menjadi pembeda yang signifikan di dunia kerja.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Menjadi seorang data engineer yang sukses membutuhkan kombinasi keterampilan teknis dan pemahaman tentang konsep data engineering. Penguasaan tools dalam pekerjaan Data Engineer bisa membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Bergabunglah sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login