GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 30 Menit 34 Detik 

Metode Analisis Data Kualitatif : Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangannya

Belajar Data Science di Rumah 12-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/046735ae66910eca53032ec6b88c49cc_x_Thumbnail800.jpg

Data kualitatif menjadi salah satu jenis data yang mungkin akan sering ditemui oleh praktisi data di lapangan. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan big data dan teknologi digital membuat data yang tersedia semakin beragam bentuknya. Data kualitatif ini merupakan data dengan skala Nominal (bersifat membedakan) dan juga Ordinal (membedakan dan juga mengurutkan). Sesuai dengan namanya, penelitian ini memang lebih menekankan pada kualitas dibandingkan kuantitas. Penelitian ini bisa bersifat deskriptif dan juga analitis.

Sesuai dengan namanya, penelitian ini memang lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas. Dalam The SAGE Handbook of Qualitative Research, Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln menyatakan bahwa penelitian kualitatif akan lebih menekankan pada aspek konstruksi sosial dari realitas. Penelitian kualitatif ini digunakan untuk menjawab permasalahan sosio-kultural manusia ketika dibentuk dan diberikan makna. Lalu bagaimana karakteristik, kelebihan dan kekurangan dari metode ini? Yuk, simak artikelnya!


1. Mengapa Memilih Penelitian Kualitatif

Setiap hal yang terjadi pasti akan memiliki alasannya, begitupun ketika kita memilih untuk menggunakan metode penelitian kualitatif. Jika kita memandang lebih jauh, kita mungkin akan memahami bahwa tidak ada metode terbaik yang cocok untuk semua jenis data, metode yang terbaik pada saat dilakukan penelitian adalah metode yang sesuai dengan data yang kita miliki. Ketika kita bertemu dengan fenomena sosial, kita mungkin akan menyadari bahwa beberapa fenomena sosial memang tidak bisa diungkapkan dengan menggunakan perhitungan matematis, itulah mengapa penelitian kualitatif menjadi sangat dibutuhkan.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Karakteristik Metode Kualitatif

Karakteristik metode kualitatif dapat terbagi menjadi 3 elemen utama, yaitu desain, proses pengumpulan data, dan analisis data.

  • Desain

    Penelitian kualitatif bersifat naturalistik atau sesuai dengan keadaan sebenarnya dilapangan, sehingga peneliti harus terbuka dengan semua fenomena yang mungkin akan muncul.

  • Proses Pengumpulan Data

    Dalam proses pengumpulan data, pengalaman peneliti akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Karena pada penelitian kualitatif, semakin mendalam pengumpulan narasi atau wawancara yang dapat dilakukan, maka akan semakin baik.

  • Analisis Data

    Pada proses analisis data, riset kualitatif akan melibatkan proses induktif, dimana hasil pengamatan akan dijadikan dasar untuk menemukan pola dan tema penelitian. Meskipun begitu, karena keadaan sosial yang terbilang cukup sensitif, peneliti mungkin akan menemukan perubahan temuan jika keadaan di lapangan berubah.


3. Kelebihan Metode Kualitatif

Beberapa kelebihan yang mungkin akan kamu temui dalam metode kualitatif adalah sebagai berikut,

  • Bersifat lebih detail dan mendalam, mengingat penelitian ini berfokus pada kualitas.

  • Hasil penelitian dapat menggambarkan pandangan realistis terhadap dunia sosial yang telah dialami oleh narasumber, dimana hal ini tidak bisa diukur secara numerik.

  • Proses pengumpulan data bersifat fleksibel sesuai keadaan di lapangan.

  • Interaksi dilakukan dengan bahasa yang digunakan narasumber sehari-hari, karena semakin dengan dengan narasumber, maka akan semakin mendalam proses pengumpulan datanya.


4. Kekurangan Metode Kualitatif

Selain memiliki kelebihan, penelitian ini juga memiliki kekurangan. Misalnya,

  • Penelitian ini lebih banyak menggunakan subjektif para narasumber yang beresiko kuat mengurangi objektivitas hasil penelitian.

  • Karakter peneliti akan mempengaruhi hasil penelitian, bisa jadi ketika bertemu dengan peneliti lain dengan karakter yang berbeda, hasilnya akan berbeda. Itulah mengapa dibutuhkan pendekatan terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian.

  • Desain penelitian sulit digunakan ulang untuk penelitian yang sama di lokasi lain.

  • Sulit melakukan analisis hubungan sebab-akibat dari sebuah fenomena sosial, mengingat ada banyak penyebab yang memungkinan fenomena sosial terjadi.

  • Tidak begitu mampu untuk menggeneralisasikan hasil penelitian.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Tertarik Untuk Belajar Metode Pengolahan Data Lainnya? Yuk, Belajar Bersama DQLab!

Setelah belajar metode kualitatif, kita belajar metode apa lagi ya? Jika kalian mulai tertarik untuk mengulik tentang data, kalian bisa mulai belajar bersama DQLab loh. Dengan membayar kurang dari 100 ribu per enam bulan (sekitar 16 ribu-17 ribu perbulan), kalian sudah bisa menikmati semua modul premium yang ada di DQLab. Kalo semurah itu emang terpercaya materinya? Eits, tenang dulu. Meskipun harganya sangat bersahabat, materinya dirancang oleh mereka yang ahli dan kompeten, bahkan masih menjadi praktisi data hingga hari ini. Ini juga dibuktikan dengan banyaknya member DQLab yang berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai praktisi data setelah ikut kursus di DQLab. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, buruan sign up dan nikmati semua modulnya!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!