MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 39 Menit 6 Detik 

Metode Analisis Data Kualitatif Merupakan Hal Umum Digunakan dalam Penelitian Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6b7e738961a74366809e7319196950c2_x_Thumbnail800.png

Metode analisis data adalah salah satu komponen penting dalam proses Data Analysis. Metode analisis data merupakan bagian dari proses analisis dimana data dikumpulkan lalu diproses untuk menghasilkan kesimpulan yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Metode ini dibagi menjadi dua bagian besar, kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan teknik statistik adalah istilah untuk metode analisis kuantitatif, sedangkan analisis data menggunakan analisis tematik dengan pengkodean dan berupa teks merupakan metode analisis kualitatif.

Kamu dapat melakukan analisis data dengan metode apa saja tergantung kebutuhan data yang seperti apa. Namun, pada kesempatan ini kita akan mengetahui lebih jauh lagi penjelasan dari metode analisis data kualitatif. Ada beberapa metode yang biasa digunakan untuk analisis data kualitatif, tetapi pada umumnya data kualitatif memiliki metode yang paling sering digunakan. Menurutmu apa saja ya metodenya? Langsung saja kita cari tahu, yuk!

 

1. Analisis Isi (Content Analysis)

Metode yang pertama adalah metode paling umum dalam melakukan analisis data kualitatif, yang memiliki fungsi penting untuk menganalisis informasi terdokumentasi yang berbentuk media, teks, bahkan juga berbentuk barang 3D. Hampir semua disiplin ilmu sosial dapat menggunakan analisis isi sebagai metode penelitian. Holsti menunjukkan tiga bidang yang banyak mempergunakan analisis isi, yang besarnya hampir 75% dari keseluruhan studi empirik, yaitu penelitian sosio antropologis (27.7%), komunikasi umum (25.9%), dan ilmu politik (21.5%).

Analisis isi dapat digunakan jika data yang tersedia sebagian besar tediri dari bahan-bahan yang terdokumentasi seperti buku, surat kabar, pita rekaman atau naskah/manuscript. Kemudian, peneliti mempunyai kemampuan teknis untuk mengolah bahan-bahan/data-data yang dikumpulkannya, karena sebagian dokumentasi tersebut bersifat sangat khas/spesifik.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Analisis Naratif

Sementara itu, analisis data naratif ini adalah metode yang digunakan ketika ingin menganalisis konten dari berbagai macam sumber yang ada. Contohnya seperti melakukan wawancara dengan para responden, melakukan observasi di lapangan maupun berbagai survei. Data bisa dalam bentuk seperti catatan jurnal, transkrip wawancara, pengamatan seseorang, penulisan otobiografi, buletin, dan teks-teks lainnya. Fokus dari metode basic data analysis yang satu ini ada dalam penggunaan cerita dan pengalaman yang dibagikan oleh responden saat mengikuti penelitian tersebut. Jadi, kejujuran dan keterbukaan para responden sangat dibutuhkan dalam hal ini.


3. Analisis Wacana

Tak jauh berbeda dengan analisis naratif sebelumnya, analisis yang satu ini dipakai ketika harus melakukan penelitian tentang interaksi dengan orang lain. Akan tetapi, untuk analisis wacana fokusnya ada pada analisis konteks sosial, yakni pada tempat di mana komunikasi antara peneliti dan responden tersebut dilakukan. Jenis metode analisis wacana dapat dibedakan menjadi tiga pendekatan. Berdasarkan saluran yang digunakan, peserta komunikasi, dan tujuan komunikasi.

  • Berdasarkan saluran yang digunakan: wacana tulis dan wacana lisan.

  • Berdasarkan peserta komunikasi: monolog, dialog, dan polilog.

  • Berdasarkan tujuan komunikasi: wacana deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi, narasi.

Selain itu analisis wacana juga biasanya melihat lingkungan sehari-hari dari para responden. Jadi, ketika sedang melakukan analisis, semua informasi tentang lingkungan tempat tinggal responden juga digunakan untuk mendukung hasilnya nanti.


4. Teori Beralas

Teori beralas mengacu pada penggunaan data kualitatif untuk menjelaskan apa alasan fenomena tertentu bisa terjadi. Tujuannya untuk mempelajari berbagai kasus serupa yang terjadi dalam pengaturan yang berbeda-beda. Data tersebut dimanfaatkan agar mendapat penjelasan kausal mengenai hal tersebut. Para peneliti diperbolehkan mengubah penjelasannya atau membuat penjelasan baru ketika sudah mendapatkan informasi terkini, setelah mereka menganalisis lebih banyak kasus serupa.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Mulai Belajar Metode Analisis bersama DQLab, dan Nikmati Module GRATIS

Metode analisis data wajib dipelajari para calon talenta data yang ingin berprofesi sebagai praktisi data. Penerapan metode analisis data yang tepat didasarkan pada pemahaman peneliti pada data yang digunakan untuk penelitian. Bingung mulai belajar dari mana? Di DQLab sahabat data bisa belajar berbagai metode analisis data yang sering digunakan di industri. Modul-modul dan mentor yang profesional akan membantu kamu belajar data dengan mudah dan menyenangkan. Yuk, daftarkan dirimu di DQLab.id sekarang juga!



Penulis: Salsabila Miftah Rezkia

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!