MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 59 Menit 14 Detik 

Metode Analisis Kualitatif : Analisis Konten

Belajar Data Science di Rumah 08-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5a90265052182ecc50b865a300630a68_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan informasi yang menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa. Data bisa diperoleh dari proses pengamatan atau pencarian dari berbagai sumber. Data dapat berupa teks, angka, simbol, gambar, video, dan lainnya. Data terbagi menjadi dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengertian secara singkat, data kualitatif merupakan data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka. Begitu pula sebaliknya, data kuantitatif merupakan data yang dapat disajikan dalam bentuk angka. Berdasarkan kedua jenis data tersebut, maka terdapat pula perbedaan dalam metode analisis, yaitu metode analisis kualitatif dan metode analisis kuantitatif.


Data dibutuhkan di berbagai macam bidang. Mulai dari bidang kependudukan, kesehatan, perekonomian, pergudangan, penjualan, dan lain-lain. Data yang kita peroleh pada awalnya merupakan data mentah. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses analisis agar data yang kita dapatkan tersebut menghasilkan informasi. Namun perlu diketahui pula bahwa kita juga harus memilih metode analisis yang tepat dan sesuai dengan data yang kita miliki. Pada artikel kali ini kita akan mengenali jenis metode analisis data, khususnya pada jenis data kualitatif.


1. Analisis Kualitatif

Sebelum melanjutkan pengenalan terkait jenis-jenis metode analisis kualitatif, kita perlu mengetahui apa itu analisis kualitatif. Analisis kualitatif merupakan proses analisis data kualitatif, yang mana data kualitatif merupakan data yang tidak bisa dideskripsikan dalam bentuk angka. Beberapa contoh data kualitatif antara lain seperti teks, narasi, gambar, video, dan masih banyak lainya. Sesuai dengan jenis datanya, maka data kualitatif pun diolah menggunakan metode analisis data kualitatif.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Analisis Konten

Setiap dari kita tentunya sering melihat berita dari televisi maupun dari smartphone kita. Tentunya kita akan melihat isi atau konten dari berita tersebut. Nah, analisis konten kurang lebih dilaksanakan dengan cara pengamatan seperti itu, tergantung konten apa yang akan kita analisis. Analisis konten bertujuan untuk menggambarkan karakteristik isi dari suatu pesan. Penggunaan analisis konten pun memiliki beberapa syarat antara lain, data yang tersedia sebagian besar terdiri dari bahan-bahan yang terdokumentasi. terdapat keterangan pelengkap atau kerangka teori tertentu, peneliti memiliki kemampuan teknis untuk mengolah data yang telah dikumpulkan.


3. Langkah-langkah Analisis Konten

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan analisis konten, yaitu:

  1. Merumuskan masalah penelitian

  2. Melakukan studi pustaka

  3. Menentukan unit observasi dan unit analisis

  4. Menentukan sampel dan variabel

  5. Membuat kategorisasi dan pedoman pengkodingan

  6. Mengumpulkan data

  7. Melakukan koding data

  8. Mengolah data

  9. Menyajikan data dan memberikan interpretasi

  10. Menyusun laporan hasil penelitian


4. Klasifikasi Analisis Konten

Berdasarkan pengertian analisis konten, terdapat beberapa klasifikasi karakteristik penelitian, antara lain:

  1. Prinsip sistematik

  2. Prinsip objektif

  3. Kuantitatif

  4. Isi yang nyata

  5. Replikabel

  6. Perangkuman


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab

Data scientist kini bukan merupakan hal asing di sekitar kita. Seiring perkembangan teknologi, data semakin berkembang dan analisis data pun sangat diperlukan. Disinilah peran data scientist bermain. Nah, untuk menjadi data scientist kita perlu memahami ilmu-ilmu dasarnya dan sering berlatih pula. Semua itu bisa kita dapatkan di DQLab. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mulai mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!