[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 39 Menit 10 Detik 

Microsoft Excel Sebagai Software Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 20-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a97953977182368aef961acad8ba01eb_x_Thumbnail800.png

Analisis data merupakan salah satu proses yang dilakukan dalam suatu penelitian. Analisis data merupakan suatu proses pengolahan data mentah sehingga menjadi kumpulan informasi yang berdampak pada pengambilan keputusan suatu perusahaan. Terdapat banyak manfaat yang diperoleh dari proses analisis data. Mulai dari mengetahui trend penjualan, mempermudah memahami laporan keuangan dan lain-lain.


Terdapat banyak cara atau teknik yang digunakan dalam proses analisis data. Selain itu banyak pula software atau aplikasi yang dapat digunakan. Hal itu sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna atau data analyst. Beberapa software yang dapat digunakan seperti R, C++, Excel, Python, Matlab dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai analisis data pada Excel.


1. Excel Sebagai Software Analisis Data


Microsoft Excel tidak hanya dapat digunakan untuk mempermudah proses pengumpulan data, menghitung data atau memanfaatkan formula-formula excel pada umumnya seperti penjumlahan, perkalian, pengurangan, menghitung nilai rata-rata, nilai maksimum dan nilai minimum. Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk proses analisis data sehingga mempermudah kita dalam menganalisis data yang kita miliki.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Analisis Data di Excel


Cara menganalisis data di Microsoft Excel adalah dengan mengaktifkan Analysis Toolpak terlebih dahulu. Setelah diaktifkan kita dapat menggunakannya dengan cara memilih beberapa analisis yang tersedia di Excel seperti Analisis Anova, Analisis Korelasi, Analisis Kovarian, Statistik Deskriptif, Exponential Smoothing, F-Test Dua Sampel untuk Variansi, Analisis Fourier, Histogram, Moving Average, Fungsi Angka Acak, Rank dan Persentil, Analisis Regresi, Sampling, T-Test dan Z-Test.


3. Kekurangan dan Kelebihan Analisis Data di Excel


Setiap software analisis data memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing bagi pengguna. Kelebihan menganalisis data menggunakan Excel adalah dapat melakukan analisis data seperti menghitung range, mean, median, modus dan standar deviasi atau melakukan analisis data seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya. Sedangkan kekurangannya adalah excel melalui proses yang cukup banyak jika dihadapkan dengan kasus yang kompleks.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annisa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!