PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 3 Menit 35 Detik 

Modul Dasar untuk Data Analyst Pemula, Semua Ada di DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e4372ffa98fd1a080e03859cd3eb57d1_x_Thumbnail800.jpg

Halo sobat data, istilah data analyst merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta data. Namun bagi sebagian orang juga masih banyak yang bertanya data analyst itu apa, apakah tugas dan tanggung jawab data analyst, data analyst bekerja dimana, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa menjadi seorang data analyst itu dapat dikatakan melalui proses yang cukup panjang, terutama bagi seseorang yang tidak memiliki latar belakang IT.


Data analyst secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Saat ini hampir semua perusahaan memerlukan jasa data analyst untuk menganalisis data perusahaan yang awalnya berupa data mentah menjadi informasi. Untuk menjadi data analyst profesional pun kita harus banyak belajar dan terus mengasah skill yang diperlukan para data analyst. Beberapa modul dibawah ini dapat kalian coba untuk mengasah skill bagi data analyst.


1. Pengenalan Bahasa R

Salah satu bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan oleh data analyst adalah bahasa R. Bagi yang tidak mengerti bahasa R sebelumnya, kalian dapat belajar melalui modul ini. Modul yang berjudul œIntroduction to Data Science with R ini kalian akan mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman R, seperti cara menghitung, variabel dalam R, penggunaan comment dalam R, penggunaan vektor pada R dan juga cara menggunakan fungsi Summary.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pengenalan Bahasa Python

Selain bahasa R, bahasa Python juga menjadi salah satu bahasa yang paling sering digunakan oleh para praktisi data loh. Tidak hanya dalam dunia data, Sama seperti sebelumnya, dalam modul ini kita akan mengenali dasar-dasar pemrograman Python seperti list, struktur bahasa python, variabel di python, comments di python, tipe data python, penggunaan library. Selain itu dalam modul ini kita juga akan berlatih menggunakan tugas praktek yang diberikan.

data analyst


3. Pengenalan Bahasa SQL

SQL adalah bahasa query yang digunakan untuk mengakses data. Bahasa SQL ini sama pentingnya dengan bahasa pemrograman lainnya. Dengan menggunakan SQL kita dapat memperoleh informasi dari data, memanipulasi data, membuat tabel, dan sebagainya.


Sebagai contoh pada salah satu modul SQL di DQLab ini kita akan dikenalkan terlebih dahulu terkait RDBMS, perintah-perintah dalam SQL, cara menentukan kolom dan baris yang akan ditampilkan, penggunaan prefix dan alias, serta cara menggunakan filter.

data analyst


4. Manfaat Belajar Modul DQLab

Seperti yang telah diketahui bahwa peminat profesi data analyst ini berasal dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda. Untuk memudahkan proses belajar dari awal, salah satunya adalah mulai berlatih data science dan ilmu-ilmu penunjangnya dari dasar. Adapun caranya bisa dengan mengerjakan modul data science.


DQLab menyediakan hal tersebut, bahkan praktek dilakukan secara live code dan bersandingan dengan materi-materi yang diberikan. Bahkan, modul yang tersedia tidak hanya terdiri dari satu bahasa pemrograman saja.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Saat ini tidak mengherankan lagi jika data analyst menjadi salah satu profesi incaran. Bagaimana tidak, selain merupakan profesi yang dibutuhkan, data analyst juga menawarkan gaji serta jenjang karir yang cukup menjanjikan. Mau bergabung menjadi bagian dari data analyst? Salah satu solusinya adalah mulai belajar data science di DQLab.


DQLab merupakan salah satu solusi bagi kalian yang ingin belajar teknik analisis data dari dasar. DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :