GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

[BARU] Perdalam Kompetensi SQL Kamu dengan Akses Modul BARU Fundamental SQL GROUP BY & HAVING

[BARU] Perdalam Kompetensi SQL Kamu dengan Akses Modul BARU Fundamental SQL GROUP BY & HAVING

Yovita 04-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cea3aa2bdf84512313522c3e3ae71450_100_persen.png

Gak ada salahnya lho buat kamu yang sudah berkarir di industri data untuk terus perdalam ilmu data science, dengan membangun sejumlah proyek dan portofolio data sebanyak-banyaknya. Dengan mengikuti belajar online bersama DQLab, kamu bisa menggali skill serta kompetensi ilmu data science mu, salah satunya dengan memahami tentang SQL. Di DQLab kamu bisa memilih modul yang ingin kamu pelajari sesuai dengan kebutuhanmu.


DQLab sebagai platform edukasi data science, ingin memberikan pengalaman terbaikmu untuk tetap produktif meski di rumah aja. Dengan mengerjakan modul SQL pada Data project Fundamental SQL GROUP BY & HAVING, kamu akan memperdalam kompetensi SQL dari materi Group By dan Having. Penasaran sama Fundamental SQL GROUP BY & HAVING? Yuk, kita simak artikelnya!


1. Mengapa Seorang Praktisi Data Perlu Menguasai SQL?

Perlu kamu tahu, untuk menjadi seorang praktisi data skill yang dibutuhkan salah satunya adalah menguasai SQL. Mengapa demikian? Karena seorang praktisi data akan menghadapi suatu studi kasus yang membutuhkan pemahaman konsep sistem database relasional. Perannya dalam data science, SQL menjadi salah satu bahasa khusus yang digunakan ketika seseorang akan membuat atau mengelola sebuah website.  

Terdapat 2 tipe data yang tersedia pada SQL, yakni string dan numerik. String sendiri merupakan tipe data yang bisa digunakan untuk menampung banyak karakter dengan jumlah maksimum data. Lain halnya dengan numerik, tipe data ini dapat kita gunakan pada suatu variabel konstanta yang dapat menyimpan nilai berupa angka.

Baca juga : [BARU] Belajar Data Analyst dengan Kuasai SQL, Yuk Akses Module “Fundamental SQL Using UNION & INNER JOIN” Sekarang!

2. Pahami Penggunaan GROUP BY

Pada praktiknya, GROUP BY pada SQL berfungsi untuk mengelompokkan data dalam kolom yang dipilih. Selain itu juga berfungsi memahami konsep menggabungkan GROUP BY dengan fungsi agregat. Pada modul ini kamu akan mengasah kompetensimu dalam menampilkan atau memilih sekumpulan data berdasarkan kelompok data tertentu. 

3. Tidak Hanya GROUP BY, Kamu Juga Perlu Memahami Fungsi HAVING

HAVING dalam SQL, digunakan dalam kombinasi dengan clause MySQL GROUP BY untuk membatasi kelompok baris yang dikembalikan hanya kepada mereka yang kondisinya BENAR. HAVING juga berfungsi untuk menggantikan "WHERE" dalam data yang digunakan setelah penggunaan GROUP BY. Oleh karenanya, banyak yang menganggap bahwa HAVING dan WHERE meiliki kesamaan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan.


WHERE hanya bisa digunakan ketika key filter adalah field yang ada pada table, bukan alias maupun fungsi. Selain itu, WHERE berfungsi memfilter isi di dalam table. Lain halnya dengan HAVING yang digunakan apabila key filter adalah alias dan hasil query lah yang nantinya akan difilter oleh HAVING.  

Baca juga : [BARU] Belajar Data Analyst dengan Akses Module BARU Data Analyst Career Track “Fundamental SQL Using Function & Group By”

4. Mau Menguasai SQL dari Rumah? Yuk, Sign Up untuk Akses Modul GRATIS DQLab!

Walaupun situasi pandemi seperti ini membuatmu sulit untuk melakukan mobilitas, kamu tetap bisa lho menguasai ilmu Data Science di rumah aja untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0! Ayo bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya

Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!