[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 50 Menit 51 Detik 

Baru! Module Platinum Cleansing Data dengan Excel

Belajar Data Science di Rumah 18-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8f5e86255fa915dc42eabd615f3491c3_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia data science, data cleaning atau data cleansing menjadi langkah awal yang perlu dilakukan sebelum lanjut ke proses selanjutnnya. Pada dasarnya data cleansing adalah proses menyiapkan data dengan cara menghapus atau memodifikasi data yang salah, tidak relevan, tidak akurat, duplikat, maupun yang tidak terformat. Setelah melewati tahap ini, barulah data siap untuk analisa. 


Saat ini sudah banyak tersedia software yang bisa digunakan untuk melakukan cleansing data seperti OpenRefine, Trifacta Wrangler, Drake, TIBCO Clarity, Cloudingo, dan masih banyak lainnya. Namun, Microsoft Excel yang sudah dikenalkan pada saat duduk di bangku sekolah dasar ini nyatanya juga berfungsi sebagai tools yang dapat melakukan data cleansing. Yuk, simak informasi selengkapnya ya!

1. Kenapa Harus Data Cleansing?

Data mentah yang tidak melewati tahap data cleansing merupakan data yang buruk. Data yang buruk akan menyebabkan pula hasil yang buruk. Pernyataan ini sudah sangat dikenal dalam dunia data science, "garbage in, garbage out". Untuk menghasilkan output yang di inginkan, kita harus mencegah kesalahan input data dan masalah yang akan mengacaukan algoritma terlebih dahulu. Pembersihan data adalah aspek analisis data yang memakan waktu cukup lama dan wajib untuk dilakukan sebelum data tersebut diolah.


Selain itu, alasan lainnya mengapa data cleansing penting untuk dilakukan, karena banyak perusahaan yang memanfaatkan data sebagai tolok ukur untuk mengambil keputusan. Melalui data cleansing, keputusan binis kamu akan menjadi lebih baik.


Baca juga : Bermodal Kompetensi Data Cleansing, Rahmat Buktikan Dirinya Berhasil Berkarir sebagai Data Analyst di Era Pandemi


2. Banyak Tools Excel yang Bisa Kamu Gunakan

Berkat kemudahan dalam pengoperasiannya, Excel menjadi software yang sering digunakan di sejumlah perusahaan. Bukan hanya mudah, melainkan banyak tools yang bisa kamu gunakan dalam melakukan cleansing data sesuai kebutuhanmu. Seperti contohnya, kamu bisa menggunakan fitur spelling pada Excel untuk melakukan cleansing data terhadap data yang mengalami kesalahan penulisan. Kamu juga bisa mengambil sepenggal data yang kamu butuhkan dengan fitur left, mid, atau right.


Selain itu, pada Excel juga terdapat fitur yang berfungsi untuk menghapus nilai duplikat dari tabel. Maksudnya adalah fitur ini dapat menghapus nilai duplikat dari tabel berdasarkan kolom yang dipilih. Cara untuk menghapus nilai duplikat ini pun sederhana, pertama yaitu kamu harus memilih minimal dua kolom sebagai acuan. Kemudian pilih menu Select data, Go to Data ribbon, dan Remove Duplicates. Microsoft Excel akan secara otomatis menghapus data pada dua kolom yang memiliki kombinasi yang sama. Selamat mencoba!

3. Belajar Data Cleansing dengan Excel Sekarang!

Dengan Excel, kamu bisa melakukan data cleansing anti ribet. Dengan mempelajari modul ini, kamu akan mengenal cara melakukan proses pembersihan data menggunakan Microsoft Excel. Pembersihan data yang dapat kamu lakukan bermacam-macam, seperti mengisi missing data, menandakan error, dan sebagainya.

Investasikan uangmu untuk selamanya, hanya senilai Rp 500.000 Rp 136.900!


Baca juga : Pelajari dan Kuasai Excel Sebelum Berkarir sebagai Praktisi Data


4. 4 Langkah Mudah Belajar Data Cleansing dengan Excel bersama DQLab!

DQLab sebagai wadah pembelajaran data science berbasis online hadir menjawab pertanyaanmu yang ingin memulai belajar data science dari rumah. Dengan bergabung bersama DQLab, kamu tidak hanya mengerjakan berbagai modul tetapi juga bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman dengan para senior pakar data. Kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk bisa belajar data cleansing dengan Excel bersama DQLab, ini caranya :

  • Buat akun BELAJAR GRATIS kamu di DQLab.id/signup.

  • Pada sidebar pada academy.dqlab.id pilih menu "Platinum" kemudian pilih modul "Data Cleaning dengan Microsoft Excel".

  • Masukan pilihan modul ke shopping cart.

  • Lakukan pembayaran, dan kamu bisa mengakses module selamanya! Selamat belajar!


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!