Mulai Belajar Data Science dengan Pelajari 3 Hal ini dan Kamu Akan Siap Menjadi Data Scientist!

Mulai Belajar Data Science dengan Pelajari 3 Hal ini dan Kamu Akan Siap Menjadi Data Scientist!

Yovita 20-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dde7f108b4feeb4b301dfda619ab27a5_100_persen.jpg

Profesi data scientist ternyata menjadi prioritas banyak organisasi dan perusahaan lho. Kebutuhan akan data scientist ini mendorong permintaan yang tinggi terhadap talenta yang berkecimpung di bidang data science. Kesempatan berkarir yang terbuka luas juga terdapat di area konsultan, bukan hanya bekerja sebagai pegawai tetap di perusahaan. Kesempatan berkarier di bidang data science terbuka amat luas bagi mereka yang memang suka menganalisis dan mengolah data. 


Kabar gembiranya, data science adalah ilmu yang bisa dipelajari siapa pun tanpa membutuhkan latar pendidikan tertentu. Ilmu data science ini juga bisa dipelajari dengan seseorang dengan ilmu disiplin ilmu umum sekali pun. Namun, meskipun secara umum bisa dilakukan oleh orang dari latar belakang pendidikan mana saja, ada beberapa kemampuan dasar yang perlu kamu pahami untuk siap menjadi seorang data scientist. Ini dia 3 hal yang perlu kamu pelajari sebelum berkecimpung di dunia data science!


1. Kuasai Statistika sebagai Fondasi Utama 

Statistik adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan pengumpulan, organisasi, analisis, interpretasi, dan penyajian data yang sering digunakan pada masalah ilmiah, industri, atau sosial. Ilmu statistik berkaitan dengan setiap aspek data, termasuk perencanaan pengumpulan data dalam hal desain survei dan eksperimen. Memiliki kemampuan dalam ilmu statistika merupakan suatu hal yang mendasar bagi kamu yang ingin menjadi seorang data scientist. Selain ilmu ini berguna untuk menentukan algoritma seperti apa yang akan diaplikasikan, statistika juga dibutuhkan dalam pengembangan software machine learning. Dengan berbekal kemampuan dalam ilmu statistika membuktikan bahwa data science adalah suatu profesi menarik yang memerlukan banyak skill sekaligus. Dan memang pada dasarnya ilmu statistika sangat erat kaitannya dengan data science.


Baca juga : Perhatikan Pengolahan Data Statistik Ini untuk Lakukan Enrichment Datamu


2. Pahami Pemrograman untuk Mendukung Proses Pengolahan Data

Kedua adalah kemampuan dalam ilmu pemrograman. Dengan berbekal ilmu pemrograman kamu akan menjadi lebih terbantu saat hendak menjadi seorang data scientist. Pasalnya, memang tidak bisa dipungkiri jika ilmu data science adalah soal memasukan data-data tertentu secara komputasi. Pemrograman sendiri adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, serta memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam melakukan hal tersebut, keahlian dalam programming bertujuan untuk memastikan pekerjaan tersebut berakhir sempurna. Artinya, seorang data scientist setidaknya harus mengusai bahasa pemrograman seperti Python dan R.


3. Kunci Utama : Komunikasi dan Visualisasi Data

Selain dua hal tadi, skill komunikasi dan visualisasi data juga menjadi skill yang penting untuk kamu yang ingin terjun ke bidang ini. Terutama jika kamu masuk ke dalam sebuah perusahaan yang manajemennya data-driven. Biasanya, sebagai seorang data analyst, kamu juga diminta untuk membantu menentukan arah kebijakan. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi dan visualisasi data menjadi penting untuk dimiliki. Visualisai data menjadi sangat penting dikuasai, karena visualisasi data merupakan cara seorang data scientist mengkomunikasikan informasi dari data-data yang telah diolah agar lebih mudah dipahami. Biasanya data-data yang telah diolah dikomunikasikan dengan melalui diagram maupun bentuk visualisasi data lainnya. 


Baca juga : Belajar Data Science : Hasilkan Visualisasi Data dari Insight Pengolahan Data yang Menarik!


4. Mau Mendalami Ketiga Hal Ini? Yuk Belajar Bersama DQLab, langsung Subscribe ke Marketplace Kesayangan Kamu!

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk menjadi data scientist tidak membutuhkan latar pendidikan tertentu. Jadi, kamu bisa mulai pelajari dan kuasai ilmu data science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk subscribe menjadi PREMIUM member DQLab di Marketplace kesayangan kamu! Keuntungan lainnya dengan kamu subscribe di marketplace adalah kamu akan mendapatkan diskon tambahan dan pilihan subscription premium yang tersedia lebih banyak diantaranya 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Yuk, pilih marketplace kesayangan kamu untuk mulai belajar data science bersama DQLab, caranya mudah!

  1. Pilih marketplace yang dapat kamu pilih diantaranya adalah Shopee, Tokopedia Belajar, JD.ID, MyFave 

  2. Pilih masa subscription yang diinginkan

  3. Setelah dapat kode voucher dari marketplace, bisa login / sign up ke dqlab.id 

  4. Klik redeem voucher lalu copas kode voucher yang didapat. 

  5. Ingat kode voucher harus sama persis penulisan nya (case sensitif)


Selamat belajar sahabat data DQLab! 


Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!