GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 45 Menit 13 Detik 

Mulai Belajar Data Science Gratis Bersama DQLab dengan 5 Langkah Berikut!

Belajar Data Science di Rumah 04-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1085b7a741c060ad80ed08bad01736fe_x_Thumbnail800.png

Seiring berkembangnya teknologi dan tren yang terus berubah, baik disadari ataupun tidak, kita hidup dikelilingi oleh data. Data ini lebih dikenal khalayak dengan sebutan Big Data. Lalu, apa hubungannya Big Data dengan Data Science? Data Science merupakan salah satu jenis dari Big Data, yaitu data yang tidak terstruktur. Data tidak terstruktur atau unstructured data merupakan bentuk data yang tidak dikenal. Hal ini membuat perusahaan mengalami banyak hambatan dalam tahap pengolahannya karena bentuknya yang beragam. 


Mempelajari Data Science sebenarnya bukan hal yang sulit, tetapi juga tidak bisa disepelekan. Sebab, dalam praktiknya sering kali terjadi trial and error. Oleh sebab itu, mempersiapkan diri sebaik mungkin adalah kunci kesuksesan berkarir sebagai praktisi data. Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science yang tidak memiliki background Data Science, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa dengan mudah mencari pengetahuan wawasan seputar Data Science dari sejumlah platform di jejaring internet. Oleh karena itu, kali ini DQLab akan memberikan kalian informasi seputar Data Science yang wajib kalian ketahui. Simak hingga akhir ya!


1. Hal Dasar dalam Data Science

Pendidikan yang memadai adalah salah satu kunci utama jika kamu ingin menjadi seorang data Scientist. Menjadi seorang Data Scientist penting untuk kamu memiliki pemahaman seputar dasar-dasar ilmu Data Science. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Data Science merupakan salah satu jenis Big Data. Secara lengkap, Data Science adalah disiplin ilmu yang mempelajari studi mengenai data mentah yang akan diolah melalui keterampilan analitis, programing, dan bisnis. Pengaplikasiannya menggunakan metode, proses, algoritma, dan sistem ilmiah untuk menghasilkan atau mengetahui suatu pola dan tren dari data-data yang terkumpul.

Terdapat beberapa profesi yang menggunakan Data Science sebagai dasarnya, yaitu Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, Developer atau Developer Operations. Namun, saat ini terdapat tiga profesi yang paling digemari masyarakat dan sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar hingga startup. Profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Keuntungan Belajar Data Science dalam Dunia Industri

Data Science menjadi dasar tiga profesi terkeren dan yang paling diminati saat ini oleh masyarakat. Selain profesi-profesinya yang menarik minat masyarakat, ketiga profesi tersebut menjadi incaran perusahaan-perusahaan di Indonesia karena jumlah tenaga kerjanya yang terbilang masih sangat sedikit di Indonesia. Banyak tenaga kerja yang sudah menjadi ahli, namun lebih memilih untuk berkarir di luar negeri dikarenakan dulu profesi-profesi ini belum menarik bagi masyarakat.

Keuntungan lainnya apabila kalian belajar Data Science adalah kalian bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tren dan perkembangan zaman yang semakin pesat. Data Science berfungsi untuk menghubungkan berbagai bidang pekerjaan dalam proses perhitungan dan penerjemahan data. Dari penerjemahan data tersebut, data dapat menghasilkan suatu pola yang diharapkan bisa menjadi jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Maka dari itu, Data Science sangat berperan dalam dunia industri seperti E-commerce atau situs jual beli online.


3. Kegunaan Data Science dalam Berbagai Bidang

Kegunaan Data Science yang sudah masyarakat ketahui adalah kegunaannya di bidang bisnis, karena saat ini perusahaan-perusahaan mengumpulkan informasi yang mereka miliki dalam bentuk kumpulan data dan informasi yang mereka butuhkan juga dalam bentuk yang sama.  Menjadi praktisi yang handal seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineering tidaklah mudah. Mereka dituntut untuk cermat memilih metode pembelajaran yang efektif. Dengan adanya internet kini belajar Data Science menjadi lebih mudah, karena sudah bisa dilakukan secara online dan juga melakukan networking dengan jangkauan yang lebih luas. Medium yang tepat akan sangat membantu belajar terutama bagi pemula yang baru masuk ke industri data, sehingga pembelajaran yang konsisten dan terstruktur sangat dibutuhkan. Kamu bisa mencari sumber medium yang terpercaya, mengikuti forum atau komunitas data, atau bisa juga mengikuti kursus online yang tersedia. 


4. Program Belajar Data Science di DQLab 

Dengan informasi-informasi yang telah disampaikan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Data Science sangat berguna untuk teman-teman pelajari. Terdapat beberapa cara untuk belajar Data Science, namun yang paling tepat adalah dengan menggunakan kursus agar pembelajaran yang kalian terima tuntas dan lengkap.

DQLab merupakan salah satu kursus yang sudah terbukti melahirkan banyak individu baru dalam industri data. Tidak ada latar belakang khusus untuk mengikuti kursus di DQLab, bersama dengan DQLab kamu akan mendapatkan materi dan module yang ditawarkan dari DQLab dimana module tersebut telah disusun oleh praktisi data sehingga pembelajarannya pun sangat implikatif pada industri nyata. Tidak hanya itu pembelajarannya juga bisa lebih fleksibel, bagi kamu yang tidak memiliki latar belakang pendidikan IT sekalipun pastinya bisa belajar Data Science secara otodidak. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Tunggu Apalagi? Ayo Mulai Belajar Bersama DQLab!

DQLab merupakan tempat yang tepat untuk teman-teman mempelajari Data Science, disini kalian dapat mengembangkan tidak hanya hard skill, tetapi juga soft skill yang merupakan skill-skill penting untuk memulai karir dalam industri data. Apabila kalian tertarik, kalian bisa mulai dengan SIGN UP di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung menikmati program gratis yang berisikan dua module untuk kalian kerjakan, lho! Yuk, tidak perlu tunggu lama, mulai langkah pertama kalian untuk mempelajari Data Science dengan DQLab!



Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita





Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!