PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 8 Menit 51 Detik 

MySQL, Salah Satu Sistem Database Populer Generasi Data!

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/82e5616ad17b22b71fef51a19fef57a4_x_Thumbnail800.png

MySQL menjadi salah satu jenis database yang bersifat terbuka atau open source. Memang tidak hanya MySQL saja, tetapi juga masih banyak sekali bentuk database lainnya. Dalam pembuatan suatu aplikasi, tentunya melewati proses yang kompleks dan dinamis, maka dari itu database dibutuhkan untuk menyimpan berbagai data dalam bentuk informasi.


Website dan aplikasi berbasis mobile memerlukan database server untuk menampung informasi beragam atau banyak. Contohnya adalah dari segi URL, username, kata sandi, informasi pengguna, dan lainnya. Oleh karena itu, mari kenali MySQL secara lebih dalam mulai dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya bersama DQLab.



1. Pengertian MySQL

MySQL merupakan sebuah database management system atau DBMS menggunakan perintah Structured Query Language atau SQL yang sering digunakan saat ini dalam proses pembuatan aplikasi berbasis website. MySQL dibagi kembali menjadi dua lisensi sehingga MySQL dapat digunakan dan diakses oleh siapa saja, namun tetap memiliki batasan dalam penggunaannya.


MySQL juga termasuk ke dalam Relational Database Management System atau RDBMS, dengan begitu kalian dapat menggunakan tabel, kolom, dan baris di dalam struktur databasenya. Sehingga dalam proses pengambilan data menggunakan metode relasional database dapat juga menjadi penghubung antara perangkat lunak dan database server.


Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Fungsi dari MySQL

Bahasa query SQL memiliki tiga fungsi utama, yang pertama adalah dapat memanipulasi dan mengakses database. Dalam fungsi pertama, kalian hanya perlu menulis beberapa perintah sesuai dengan query yang telah ditetapkan. Fungsi kedua adalah dapat mengeksekusi query dengan tujuan untuk memberikan perintah langsung kepada sistem agar dapat mengelola sebuah sistem database.


Fungsi terakhir adalah dapat mengatur dan mengelola hak akses user atau pengguna. Hak akses yang dimaksud dalam fungsi ini adalah akses menuju tabel, pandangan, dan prosedur dalam database. Tujuan dari fungsi tersebut adalah untuk membatasi hak akses pengguna sesuai dengan kebutuhan sistem yang ada.


3. Kelebihan MySQL

Selain merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan atau populer, MySQL juga memiliki banyak sekali kelebihan yang dapat diukur dari segi penggunaan dan fitur yang dimiliki. Berikut beberapa kelebihan MySQL yang wajib kalian ketahui.


  • Bersifat open source atau dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun.

  • Mendukung penggunaan multi user atau banyak pengguna.

  • Dapat digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman lain.

  • Memiliki tipe data yang bervariatif.

  • Struktur tabel yang fleksibel.

  • Sistem keamanan yang terjamin.

  • Tidak membutuhkan RAM yang besar.

  • Memiliki perangkat lunak yang portable.

  • Mendukung untuk spesifikasi hardware yang rendah.

  • Memiliki performa yang baik.


4. Kekurangan MySQL

Meskipun MySQL memiliki banyak kelebihan, tetap saja dalam suatu hal selalu terdapat kekurangan yang tidak dapat dihindari. Kekurangan dalam MySQL dapat terlihat dari sisi fitur dan penggunaanya. MySQL memiliki tiga macam kekurangan, yang pertama adalah kurang cocok digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis game dan mobile.


Yang kedua adalah dukungan teknis yang dirasa kurang mendukung karena belum dapat menyediakan support yang baik dari segi teknis. Kekurangan yang terakhir adalah kurang mendukung untuk pemakaian database dengan kapasitas besar. Apabila kalian ingin menampung data dalam jumlah besar, kalian bisa menggunakan big data atau big query.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Pelajari Lebih Banyak Materi Seputar MySQL di DQLab

Pembelajaran akan MySQL akan sangat membantu kalian yang sedang menentukan karir dalam industri data, namun materi MySQL tidak dapat kalian pelajari secara mendasar saja. Oleh karena itu kalian membutuhkan tempat kursus khusus data seperti DQLab yang dapat memberikan kalian materi belajar beserta pengajarnya yang berpengalaman. Kalian dapat dengan mudah sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis, lho! Ayo, kuasai MySQL bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :