Siap Berkarir jadi Data Scientist di DQLab
Mulai dengan Module ‘Introduction to Data Science’ GRATIS Belajar Gratis

Hadapi New Normal dengan Akses DQLab Project Finance Part 2 Analisis Investasi Investor bersama DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 26-Juni-2020

Ingin belajar Data Science untuk berkarir sebagai praktisi data? Bisa! Dengan mengakses platform edukasi online DQLab, kamu bisa mendapatkan berbagai modul belajar yang dikemas dalam Skill Track, Career Track, dan Build Portofolio, sehingga kamu bisa latihan secara praktik dengan dataset dan studi kasus yang mencerminkan kebutuhan industri.

Skill utama yang perlu dimiliki dalam berkarir sebagai seorang Data Analyst ialah kompetensi analisa data. DQLab berkolaborasi bersama Farkhan Novianto, Head Data Analytics Amartha, akan share ke kamu 5 langkah mudah membangun strategi investasi dengan analisa data. Yuk, kita simak bersama!

1. Kuasai Data Manipulasi untuk Pengolahan Datanya

Lakukan penggabungan dan manipulasi data untuk mendapatkan data yang diinginkan. Trik manipulasi berbasis data ini dapat berupa menambah, menghapus, mengganti (update), menyisip, serta menarik informasi tertentu untuk melihat performa cabang. 

“Melakukan data manipulasi menggunakan dplyr sehingga bisa melakukan eksplorasi data untuk menganalisis performa cabang.” Ujar Farkhan.

Baca juga : Belajar Data Analyst : 5 Langkah Bangun Strategi Investasi Efektif dengan Analisis Data

2. Pahami Tabel Cohort untuk Representasikan Data

Trend merupakan gambaran dari kondisi data yang menunjukkan kenaikan dan penurunan dari waktu ke waktu. Dalam menggambarkan suatu tren, kamu bisa membuat Tabel Cohort dengan menggunakan analisa data yang ada. Nantinya, output yang akan dihasilkan tersebut dapat digunakan untuk menunjang performa kamu dalam proses analisa selanjutnya.

3. Menghitung Jumlah Conversion & Retention Perusahaan

Pernahkah kamu menghitung keuntungan yang didapat dari suatu perusahaan? Conversion merupakan presentase dari jumlah pengunjung website dan melakukan tindakan yang menguntungkan si pemilik bisnis dari total jumlah pengunjung website. Sedangkan, Retention perusahaan merupakan proses peningkatan penjualan dengan cara memuaskan dan melayani konsumen agar terus kembali kepada perusahaan. 

Sebagai seorang Data Analyst, kamu perlu menghitung jumlah Conversion dan Retention untuk mengetahui performa perusahaan. Hal tersebut merupakan salah satu proses analisa performa dari suatu penjualan.

4. Membuat Plot yang Menarik dengan Ggplot

Seorang Data Analyst dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Skill tersebut kamu butuhkan untuk dapat mengkomunikasikan dan memvisualisasikan data yang sudah diolah dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Kunci utama untuk berkarir sebagai seorang praktisi data ialah mampu menguasai visualisasi data dengan baik. 

“Membuat plot yang menarik menggunakan ggplot, sehingga bisa membantu untuk memahami data” Tutur Farkhan.

5. Buat Kesimpulan Berdasarkan Analisa yang Ada

Dengan menarik kesimpulan dari suatu analisa data, kamu sebagai praktisi data akan mengetahui apakah suatu penjualan yang dilakukan mengalami kenaikan atau penurunan. Berdasarkan analisa tersebut, seorang Data Analyst berperan untuk mencari jawaban dari permasalahan suatu industri agar dapat lebih meningkatkan hasil performa perusahaan. 

Baca juga : Hadapi New Normal dengan Belajar Dirumah dan Hasilkan Portofolio Data Bersama DQ-WEEKEND

6. Yuk, Selesaikan DQLab Project Finance Part 2 dan Terapkan Ilmunya di Industri Sekarang!

Wujudkan harapanmu berkarir sebagai praktisi data dan persiapkan dirimu menghadapi New Normal dengan belajar Data Science bersama DQLab dengan mengakses DQLab Project Finance part 2 sekarang!

Tenang saja, kamu bisa lho menyeelsaikan project ini pada akhir pekanmu karena DQLab hadi dengan DQ-WEEKEND. DQ-Weekend adalah program mingguan DQLab untuk mendorong semangat belajar members DQLab dengan proyek data. Isi akhir pekan dengan kegiatan produktif #dirumahaja. Bangun portofolio data setiap sabtu dan menangkan reward menarik, berupa saldo Go-Pay sebesar Rp. 50,000 untuk 3 members dari DQLab! Nantikan DQ-Weekend pertama di hari sabtu ini, tanggal 26 Juni 2020! Stay tuned dan semangat belajar, rekan-rekan DQLab!

Yuk, simak 4 Step mudah untuk akses Projectnya!

Step 1: Sign-in ke akun DQLab di dqlab.id

Step 2: Pilih menu DQLab Project

Step 3: Pilih menu R Project

Step 4: Pilih Project “Data Analyst in Finance Part 2 - Analisis Investasi Investor”


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!