PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 19 Menit 56 Detik

NON IT, Bukan Halangan Bunga Berkarir di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-member-sharing-1-2023-10-07-094535_x_Thumbnail800.jpg

Berbicara mengenai pekerjaan bidang data, banyak yang masih beranggapan bahwa harus menjadi salah satu lulusan IT. Nyatanya, kini sudah banyak yang berkesempatan Internship di industri sebagai lulusan NON IT lho, salah satunya adalah alumni TETRIS Program Batch III Bunga Putri Melia yang memiliki background Teknik Sipil program studi Pertambangan tahun 2023 di Politeknik Negeri Malang.


Agar sampai ke titik pencapaian yang diinginkan, tentu membutuhkan tekad bulat dan konsistensi yang tinggi, terutama untuk kamu yang tidak memiliki backgroudn di bidang data. Dari ketertarikannya tentang belajar data, kini membawa Bunga untuk berhasil berkarir melalui Internship di Telkom Indonesia. 


Lalu seperti apa ya proses yang dilaluinya sampai akhirnya bisa berkesempatan internship? Sahabat DQ, yuk simak kisahnya dibawah ini!


1. Suka Belajar Hal Baru, Ilmu Data Pilihannya

Memulai hal yang baru tentu bagi sebagian orang akan sulit untuk dilakukan, namun bagi Bunga untuk mempelajari bidang data menjadi suatu kebaruan dalam hidupnya dan ia suka dengan hal tersebut.


Sebelumnya, Bunga menyampaikan bahwa ia mencoba belajar data pada saat setelah lulus dari perkuliahannya dan merasa belajar tentang data dapat mengisi aktivitasnya agar tetap produktif, pada akhirnya Bunga bertemu dengan program TETRIS Program Batch III.


Awal mulanya saya iseng scroll-scroll Instagram serta Google dan menemukan informasi tentang data. Lalu saya berpikir apakah sebaiknya mencoba belajar data, sembari mengisi kegiatan di rumah. “ Ungkap Bunga


2. Pengalaman Bunga Belajar di Tetris Program Batch III

Bunga menceritakan lebih lanjut perasaan dan niat yang dimilikinya sebelum mengikuti Tetris Program Batch III, tanpa pikir panjang ia benar-benar mencoba dengan harapan lolos atau tidak lolosnya nanti, Bunga telah memaksimalkan usahanya di awal untuk mencoba mendapatkan potongan beasiswa yang diberikan.

Pada saat mendaftar, saya pure coba-coba saja. Jadi saya pikir kalaupun tidak lolos ya tidak apa-apa. Namun ternyata soal-soal yang keluar seperti matematika dasar yang sudah sering saya temui, jadi saya bisa mengerjakannya.” jelas Bunga

Selama mengikuti pembelajaran di Tetris Program Batch III, Bunga menjelaskan bahwa materi yang ada di Tetris Program benar-benar terstruktur, padat dan lengkap dibandingkan program lainnya meskipun jangka waktu pembelajarannya lebih pendek. Hal ini membuat Bunga merasa tepat sudah memilih belajar di Tetris Program.


Saya lihat kurikulumnya sudah jelas, bahkan dari materi paling dasar. Kemudian jadwal belajarnya juga sudah ditentukan & saya mendapat informasi dataset maupun projectnya sudah disediakan. “ ungkapnya.



3. Kesempatan Bunga Menjalankan Internship dan Tips untuk Sahabat DQ Meraih Karir Bidang Data!

Setelah melalui proses belajar di Tetris Program Batch III, Bunga pun berhasil meraih kesempatan menjalankan Internship di salah satu perusahaan bergengsi di Indonesia. Bunga mengatakan bahwa awal mula ia mendapatkan kesempatan Internship di Telkom Indonesia melalui Tetris Program Batch III.

Awal mulanya karena lewat TETRIS PROGRAM batch 3, saya mendapat kesempatan untuk virtual internship di Telkom Indonesia.”


Sejak awal, Bunga mencoba ‘hal baru’ tentang belajar data berdasarkan kemauannya hingga akhirnya ia kini mendapatkan pembelajaran mengolah data dan berkesempatan berkarir di industri berdasarkan prosedur rekrutmen yang ada. 


Nah, Sahabat DQ Bunga punya tips untuk Sahabat DQ yang sedang mempersiapkan karir untuk bekerja di bidang data, salah satunya yaitu konsisten dalam pembelajarannya dan harus pintar dalam mengambil peluang yang ada. Menurutnya, jika keduanya tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh maka tidak akan progres untuk kita mencapai cita-cita untuk berkarir di bidang data.


Gimana Sahabat DQ? Tertarik untuk mengikuti jejak Bunga? Tentu bisa! Sahabat DQ bisa mulai bergabung dan mulai belajar dari basic/fundamental data hingga tingkat advanced sekalipun bersama DQLab! 


Tunggu apa lagi? yuk segera daftarkan dirimu di DQLab.id untuk mulai belajar data!

Nama Member Putri Melia
Alumni Program Tetris Batch 3
Karir Internship di Telkom Indonesia
Foto

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3df7e6ad96c98d96d05cc1bacd391b5c_x_Thumbnail300.jpg

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login