PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 5 Jam 57 Menit 5 Detik

NumPy Array : Library Populer Python

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/270683921ee5e1e15510b3d0701da361_x_Thumbnail800.jpg

Apakah kalian pernah mendengar kata "python"? Python yang dimaksud kali ini bukan ular yaa, melainkan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer digunakan di kalangan data scientist. Untuk menunjang kemudahan bahasa pemrograman tersebut, tersedia beberapa library yang mempunyai fungsi masing-masing. Salah satunya adalah NumPy Array.


NumPy merupakan singkatan dari Numerical Python. Numerical Python merupakan salah satu library dalam Python yang berfungsi untuk komputasi numerik. Library NumPy ini dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan perhitungan atau numerasi. Apakah kalian mau tahu lebih lanjut terkait library NumPy? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Definisi NumPy Array

Seperti yang telah disebutkan dalam perkenalan di atas, library NumPy pada umumnya berkaitan dengan numerik. NumPy dapat membuat objek dengan dimensi N array. Apa yang dimaksud dengan array? Array merupakan sekumpulan variabel dengan tipe data yang sama. NumPy array dapat memudahkan operasi komputasi data. Oleh karena itu, inilah yang menjadi salah satu alasan library NumPy menjadi library yang cukup sering digunakan dalam Python


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Definisi Array

Array merupakan gabungan dari beberapa variabel yang memiliki tipe data yang sama. Elemen-elemen dari array tersusun secara sequential dalam memori komputer. Array dapat terdiri dari satu dimensi, dua dimensi, tiga dimensi atau banyak dimensi. Pendeklarasian array diawali dengan kata baku type dan diikuti dengan nama array dan sama dengan (=) lalu kata baku array beserta range nya dan diakhiri dengan kata baku of beserta tipe datanya.


3. Array Satu Dimensi

Array satu dimensi merupakan kumpulan elemen yang identik dan tersusun dalam satu baris. Elemen-elemen tersebut memiliki tipe data yang sama namun isinya berbeda. Bentuk umumnya adalah sebagai berikut :

<NamaArray>=Array[indexArray] of tipe data;

sebagai contoh dari array satu dimensi adalah sebagai berikut:

pendapatan=Array[1..20] of Longint;


4. Array Dua Dimensi

Array dua dimensi sedikit berbeda dari array satu dimensi. Pada array satu dimensi hanya terdiri dari satu baris dengan beberapa kolom elemen. Sedangkan pada array dua dimensi terdiri dari beberapa baris dan beberapa kolom yang tipenya sama. Array dua dimensi sering digambarkan sebagai matriks. Adapun bentuk umum dari array dua dimensi adalah sebagai berikut:

<NamaArray>=Array[indexArray1,indeksArray2] of tipe data;


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Yuk, Ketahui Penerapan Langsung NumPy Array Python Bersama DQLab!

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait penerapan dari NumPy array satu dimensi, dua dimensi atau lebih, kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belaja gratis bersama DQLab dengan mengakses module Introduction to Data Science with Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login