Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Optimalkan Bisnis Onlinemu dengan Data dan Bangun Website Sendiri, Begini Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 04-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7568fe363a5b575b4befe7ff67e1e341_x_Thumbnail800.jpg

Seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang terus terjadi membuat sejumlah pelaku online shop kian berkembang biak. Hal ini juga didorong oleh kemunculan berbagai marketplace yang hadir di Indonesia. Berkat marketplace yang tersedia, baik pembeli maupun penjual kini bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli. Mereka yang mau membuka usaha namun terkendala ongkos beli atau sewa toko, bisa memasarkan dagangannya di marketplace secara praktis dan hemat biaya. Begitu pun dengan para pembeli, mereka yang urung untuk berpergian bisa dengan praktis membeli barang-barang yang tersedia di marketplace.


Namun, website juga tak kalah penting untuk mengingkatkan kemajuan bisnis usahamu. Dengan memiliki website, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Selain memangkas beberapa pengeluaran, melalui website kamu juga bisa tingkatkan brand awareness. Dengan website maka kemungkinan akan semakin banyak orang yang akan tahu akan bisnismu. Jika websitemu terus dikembangkan dan ditangani secara tepat, bukan tidak mungkin orang-orang juga semakin tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Lalu pertanyaannya, apa bisa buat website sendiri? Bisa, ini dia caranya!

1. Menentukan Tujuan Website

Sebelum jauh melangkah, ada baiknya jika kamu pikirkan dan tentukan terlebih dulu tujuan kamu membuat website. Apakah nantinya website ini akan digunakan sebagai portofolio, bisnis, organisasi, dan lainnya. Sebab, tujuan inilah yang nantinya akan berpengaruh besar terhadap cara membuat website sesuai dengan keinginanmu. Umumnya, ada beberapa tujuan yang bisa kamu tentukan sesuai dengan niche atau ketertarikanmu. Sederhananya, jika dianalogikan seperti toko, maka poin ini akan berpengaruh pada dekorasi, warna cat, serta suasana yang mau kamu ciptakan di tokomu itu.


Baca juga : Belajar Machine Learning dalam Dunia Bisnis


2. Menentukan Platform Website

Umumnya, para IT atau programmer memerlukan bahasa pemrograman dalam proses pembuatan website. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab dengan adanya platform ini kamu bisa membangun dan mengubah konten website sesuai yang kamu inginkan tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Platform ini biasa disebut Content Management System (CMS). Jadi, bisa dipastikan dalam proses pembuatan website ini kamu tidak akan bertemu dengan coding dan sejenisnya. Salah satu CMS yang populer dan mudah untuk digunakan adalah WordPress. WordPress bisa jadi pilihan yang ideal bagi kamu yang baru pertama kali membangun website, Sobat Data!


3. Memilih Hosting dan Nama Domain

Jika tujuan dan platform sudah kamu tentukan, tahap selanjutnya adalah memilih hosting tepat. Hosting dapat diartikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang ada di website, yang disimpan di dalam sebuah server. Lalu, bagaimana cara memilih hosting yang tepat? Yang perlu kamu perhatikan saat memilih hosting adalah tingkat keamanannya, kecepatan load yang baik, serta dapat diandalakan 24 jam.

 

Selanjutnya, kamu juga perlu menentukan nama domain yang pas untuk websitemu. Pilihlah nama domain yang unik, catchy, dan mudah diingat banyak orang. Sebab, hal ini nantinya akan berguna untuk peningkatan traffic websitemu. Semakin tinggi angka traffiic websitemu, maka brandmu akan semakin dikenal luas.


Baca juga : Kursus Belajar Data: Pentingnya Data dalam Bisnis


4. Instalasi dan Pengaturan Website

Sebelum melakukan instalasi aplikasi untuk website, kamu wajib menginstal sertifikat Secure Socket Layer (SSL) terlebih dulu. Sesuai namanya, hal ini bertujuan untuk memberikan pengamanan pada websitemu. Sebab, setiap aplikasi yang kamu instal di website akan discan oleh SSL. Tapi sayangnya, SSL hanya bisa melakukan scan pada aplikasi yang telah diinstal setelah pemasangan sertifikat SSL. Jika sudah, kamu bisa melanjutkannya dengan menginstal aplikasi untuk website.

 

Langkah terakhir dalam pembuatan website adalah melakukan pengaturan pada website. Kamu bisa bebas bereksperimen pada tahap ini. Di tahap ini adalah tahap kamu untuk mempercantik tampilan halaman pada website sesuai yang kamu inginkan dan menarik konsumen. Kamu bisa melihat beberapa website sejenis sebagai referensimu dalam mendekorasi tampilan websitemu. Selamat mencoba!

 

5. Maksimalkan Bisnismu dengan Data melalui Website

Ketika kamu sudah memiliki website, jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi dan inovasi dengan mengolah data yang kamu miliki. Nantinya hasil data ini bisa kamu jadikan tolok ukur untuk mengembangkan bisnis dan websitemu. Kamu bisa mulai bangun websitemu bersama Dewaweb untuk meningkatkan penjualan bisnismu. Tak lain, dari pembangunan website tujuan dari pengolahan data ini semata-mata berguna untuk meningkatkan penjualan bisnis agar lebih menghemat pengeluaran. Cara yang paling ampuh dalam memaksimalkan pengolahan data adalah dengan menguasai ilmu data science. DQLab, mungkin bisa jadi jalan ninjamu untuk mempelajari pengolahan data. Kamu bisa belajar dimana dan kapan pun mulai sekarang. Yuk, mulai belajar data science sekarang degan signup di DQLab.id

 

Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annisa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!