DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 23 Jam : 3 Menit : 4 Detik

Belajar Big Data: Teknologi Canggih untuk Terus Melek Data di Era Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cb7e777a11a9ce4479a952f7ad276884_x_Thumbnail800.jpg


Kamu mungkin pernah mendengar istilah Big Data ketika mempelajari Ilmu Data Science. Big Data merupakan kumpulan banyak hal tentang data yang tersusun dalam volume besar dengan kecepatan yang tinggi. Kemampuan tersebut dapat diterapkan suatu perusahaan dalam menentukan tingkat keberhasilan terhadap hasil analisis datanya. Pentingnya peranan Big Data dalam sebuah industri juga mempengaruhi keberhasilan output pada suatu produk. 

Penjelasan singkat di atas tentu memberikan gambaran untuk kamu tentang pengertian Big Data. Tapi tenang dulu, ternyata masih banyak lho hal-hal yang perlu kamu ketahui terkait pengertian dan bagaimana cara kerja serta penerapan Big Data pada industri. Yuk, kita simak selengkapnya bersama

1. Apa itu Big Data?

Seperti paparan singkat di atas, Big Data merupakan sekumpulan data dengan jumlah yang lebih besar dan kompleks. Big Data sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah konsep tentang kemampuan kita dalam mengumpulkan, menganalisa, dan memahami jumlah data berskala besar yang didapat setiap harinya.

Big Data juga merupakan suatu trend yang mencakup area luas dalam dunia teknologi dan industri. Selain itu, Big Data juga merujuk pada penggunaan teknologi yang melibatkan keberagaman data, perubahan, skala yang besar, dan infrastruktur konvensional untuk penanganan secara efektif. Singkatnya, Big Data memiliki karakteristik yang dikenal dengan istilah 3V, yaitu Volume (ukuran), Velocity (Kecepatan), dan Variety (Keragaman).

Baca juga: Bagaimana Peran Data dalam Menghadapi Big Data pada Industri 4.0


2. Pahami Bagaimana Cara Kerja Big Data

Banyaknya jumlah data yang dihasilkan setiap harinya, bersumber dari objek sekitar yang dapat berkomunikasi antar satu dengan yang lain melalui sebuah jaringan. Sebagai contoh, penggunaan internet untuk mengunggah dan mengunduh foto atau video, pemakaian email, dan hal lainnya yang dioperasikan secara online ke dalam bentuk data. 

Cara kerja Big Data sendiri diawali dengan mengintegrasi data, lalu kemudian data tersebut di manage dalam suatu penyimpanan (cloud storage). Langkah selanjutnya ialah analisis data untuk menemukan berbagai input, insight, serta penemuan baru yang dapat kamu manfaatkan dalam memajukan bisnis suatu perusahaan.


3. Kenali Manfaat Big Data bagi Industri

Setelah memahami apa itu Big Data dan bagaimana cara kerjanya, kamu akan paham bahwa semakin besar jumlah datanya, maka semakin canggih pula proses pengolahannya. Adapun manfaat yang didapatkan suatu industri dalam penerapan Big Data dalam analisis datanya. Manfaat tersebut diantaranya ialah optimalisasi cost, meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis, serta product development. 

Terdapat banyak sektor industri yang menerapkan Big Data dalam proses analisis datanya. Sektor tersebut diantaranya layanan kesehatan, pendidikan, media, dan berbagai perusahaan bisnis. Dengan penerapan Big Data yang memiliki kemampuan dalam mencari jalan pintas untuk menghasilkan suatu produk, dapat memungkinkan kamu dalam melakukan analisis data secara menyeluruh.

Baca juga: Apa itu Big Data? Yuk, Intip 3 Hal Penting yang Perlu Diketahui


4. Yuk, Perdalam Ilmu Data Sciencemu dengan Mulai Belajar bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk, #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Frindy Johana

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!