PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 44 Menit 36 Detik 

Pahami Excel untuk Buat Tabel dengan Langkah Mudah Berikut Ini

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fd640a4195c17d87af065ae8a2e54ab1_x_Thumbnail800.jpg

Ketika kita melakukan suatu pekerjaan yang dihadapkan dengan data yang banyak, biasanya kita akan merapikannya dalam bentuk tabel. Sebelumnya apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan tabel? Tabel merupakan alat bantu visual yang berfungsi untuk menjelaskan data atau informasi secara singkat, jelas dan menarik. Terdapat beberapa aplikasi yang sering digunakan untuk membuat tabel. Oleh karena itu kita juga perlu mengetahui cara membuatnya, salah satunya adalah cara membuat tabel di Excel.


Microsoft excel merupakan salah satu software yang sangat sering digunakan dari berbagai kalangan usi, selain sering dijumpai, microsoft excel cukup mudah digunakan. Terdapat berbagai kegunaan yang kita dapatkan dengan excel seperti menghitung data, tabulasi data, visualisasi data, dan lain-lain. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui terkait excel dan cara pembuatan tabel menggunakan excel. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Pengertian Tabel

Tabel merupakan suatu daftar atau kumpulan data informasi yang tersusun rapi dalam bentuk garis-garis yang terdiri dari baris dan kolom. Isi dari tabel dapat berupa teks maupun bilangan yang disusun rapi secara berurut ke bawah maupun ke samping. Dengan menggunakan tabel, kita lebih enak dalam memahami data yang kita miliki serta dapat tersimpan dengan rapi sehingga tidak susah jika kita ingin mencari isi dari data tersebut.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Software Pendukung

Setelah mengetahui pengertian tabel beserta kegunaannya, kita perlu mengetahui tools atau software yang membantu kita untuk membuat tabel melalui komputer, beberapa di antaranya adalah microsoft excel, microsoft word, lotus 123, openoffice calc, quattro pro, shympony, dan masih banyak lainnya. Tentunya masing-masing software memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta cara membuat yang berbeda. Kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kita.  


3. Membuat Tabel di Excel

Membuat tabel salah satunya dapat digunakan menggunakan microsoft excel, salah satunya adalah menggunakan menu insert table, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. pilih rentang data yang akan kita buat tabel

  2. klik tab insert lalu pilih menu table

  3. setelah muncul option box, pilih create table

  4. klik ok, namun kita juga dapat mengkustomisasi tabel yang akan kita gunakan 


4. Membuat Tabel Excel menggunakan Border

Pada poin sebelumnya kita telah mengetahui cara membuat tabel excel menggunakan menu insert table. Selain itu kita juga dapat membuat tabel menggunakan menu border, adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Blok data yang akan dijadikan tabel

  2. Klik tombol border yang memiliki menu home

  3. Pilih jenis border yang tersedia

  4. Klik ok jika pengaturan border telah selesai Namun kita pun dapat memodifikasi tabel yang telah kita buat


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Kembangkan Bakatmu Bersama DQLab !

Pada masa kini banyak orang yang berminat untuk berprofesi dalam bidang data, salah satunya data scientist. Profesi data scientist ini menjadi profesi terseksi di masa kini. Terdapat beberapa keahlian atau keterampilan yang dibutuhkan oleh data scientist. Kita dapat menerampilkan dan mengembangkan bakat ilmu data scientist bersama DQLab. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan muali mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu! 



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!