MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 28 Menit : 17 Detik

Apa Itu Machine Learning? Kenali Perbedaan Machine Learning dan Deep Learning

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b58f253ce6dfa85ce7cd4731442cfd75_x_Thumbnail800.jpg

Perusahaan berteknologi besar maupun kecil kini semua bersaing untuk mewujudkan teknologi paling canggih. Kamu pasti pernah mendengar atau membaca bacaan yang membahas tentang perusahaan berteknologi berskala besar. Hal tersebut pasti tidak jauh dengan istilah yang digunakan pada teknologi seperti, data science, AI, machine learning, deep learning, atau bahkan natural language processing.

Banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda mulai mempelajari ilmu machine learning. Banyaknya pihak yang serempak mempelajari ilmu ini karena kecanggihan teknologi yang kita temukan di sekitar kita maupun di perusahaan-perusahaan besar hingga yang kecil. Oleh karena itu, DQLab akan berbagi tentang apa sebenarnya yang membedakan machine learning dan deep learning pada dunia data science? Yuk simak terus penjelasan dalam artikel ini! 

1. Definisi Machine learning 

Machine learning merupakan cabang ilmu komputer dengan fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar sendiri tanpa harus berulang kali di program oleh manusia. Namun, sebelum menghasilkan sebuah hasil data dari perilaku objek, machine learning membutuhkan data awal sebagai bahan yang akan dipelajari.

Peran awal data sangat penting sebagai tahap awal pada machine learning untuk menghasilkan output. Hal ini sebagai latihan atau uji coba awal dari machine learning. Setelah melewati uji coba awal, machine learning akan dapat menyelesaikan masalah tanpa diprogram secara eksplisit.

Baca juga: Apa itu Machine Learning? Berikut 3 Implementasinya di Kehidupan Sehari-Hari

2.  Definisi Deep Learning

Deep learning, di lain sisi, merupakan salah satu metode implementasi dari machine learning yang bertujuan untuk meniru cara kerja otak manusia menggunakan artificial neural network atau jaringan nalar buatan. Deep learning dengan sejumlah algoritmanya sebagai ‘neuron’ akan bekerja sama dalam menentukan dan mencerna karakteristik-karakteristik tertentu pada suatu rangkaian data. Program dalam deep learning biasanya menggunakan kapabilitas yang lebih kompleks dalam mempelajari, mencerna, dan juga mengklasifikasikan data.

3. Perbedaan Machine Learning dan Deep Learning dalam Segi Data dan Pendekatan Masalah

Salah satu perbedaan utama antara machine learning dan deep learning adalah performanya ketika jumlah data terus meningkat dan bagaimana menyelesaikan suatu masalah. Algoritma deep learning digunakan untuk membuat jaringan syaraf buatan yang tidak mampu mengolah data dalam jumlah kecil secara maksimal. Hal ini karena algoritma deep learning membutuhkan data dalam jumlah banyak dan mampu menyelesaikan masalah secara keseluruhan dari awal hingga akhir tanpa perlu memisahkannya menjadi beberapa bagian.

Sementara, algoritma machine learning mampu mengolah data dalam jumlah yang lebih kecil. Dan untuk menyelesaikan masalah disarankan memecahkannya menjadi beberapa bagian agar dapat diselesaikan secara terpisah, dan penyelesaiannya digabungkan guna mendapatkan hasil yang utuh.

Baca juga: Belajar Machine Learning Python, Yuk Bangun Portofolio Datamu Sekarang!

4. Yuk Mulai Belajar Membuat Model Machine Learning Bersama DQLab!

Yuk mulai pelajari dan terapkan ilmunya pada data yang kamu miliki! Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  •  Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.    Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.    Akses module Introduction to Data Science

3.    Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!