GRAB IT FAST! Belajar Data Science 6 Bulan Hanya Rp. 149.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQCEPATBerakhir 2 Days 6 Jam : 45 Menit : 17 Detik

Yuk, Pahami Pendekatan dalam Teknik Pengolahan Data Kualitatif

Yuk, Pahami Pendekatan dalam Teknik Pengolahan Data Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/be5bde622e4dfbf8c618f6d2494eeea4_100_persen.jpg

Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti, wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi seperti rekaman video/audio dengan cara mengorganisasikan data dan memilih mana yang penting dan dipelajari, serta membuat kesimpulan, sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Teknik pengolahan data kualitatif secara prinsipal dan prosedural berbeda dengan teknik pengolahan data kuantitatif. Proses pengumpulan data kualitatif yang umumnya menitikberatkan pada wawancara dan observasi partisipasipatoris membuat analisis datanya berupa analisis tekstual dari hasil transkrip atau catatan lapangan yang tidak terstruktur.

Sebelum mempelajari prosedur dan teknis dari pengolahan data kualitatif, ada baiknya kita mengenali dahulu beberapa pendekatan dalam pengolahan data kualitatif. Tujuan dari memahami pendekatan ini agar penerapan langkah teknik yang dilakukan nanti tidak menyalahi kaidah ilmiah. Secara umum terdapat dua pendekatan dalam pengolahan data kualitatif, yaitu analisis induksi dan grounded. Seperti apakah dua pendekatan ini? Berikut sekilas penjelasannya!

 

1. Pengolahan Data Kualitatif

Data kualitatif digunakan untuk menggali pertanyaan yang berkaitan dengan alasan-alasan dari suatu permasalahan yang bersifat investigasi. Sehingga pengolahan data kualitatif biasanya dilakukan untuk mengetahui permasalah secara mendalam. Penelitian kualitatif dapat menggambarkan objek penelitian secara rinci dengan uraian-uraian yang tidak dapat dijelaskan secara numerik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin melakukan penelitian dengan data kualitatif, contohnya seperti kita sebagai peneliti alangkah baiknya tidak bersifat subjektif, karena jika kita bersifat subjektif hal itu dapat mengurangi keakuratan data yang kita peroleh. Sumber data kualitatif biasanya berupa teks, audio/video, dan gambar.


Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab! 

 

 2. Pendekatan Analisis Induksi

Analisis dengan pendekatan induksi dimulai dari hipotesis yang sudah dimiliki oleh peneliti sebelum turun lapangan. Pendekatan ini hampir sama seperti pendekatan kuantitatif, namun lebih bersifat terbuka pada temuan lapangan. Setelah turun lapangan, peneliti memeriksa apakah data yang diperoleh membenarkan atau menyangkal hipotesisnya. Apabila data lapangan menemukan kasus yang berlawanan dengan hipotesisnya, maka peneliti bergerak pada dua pilihan yaitu, mendefinisikan ulang hipotesisnya untuk mengeksklusi kasus yang menyimpang (menyangkal hipotesis) atau memformulasikan ulang hipotesis.

Pendekatan analisis induksi memberi kesempatan kepada peneliti untuk mendefinisikan ulang hipotesisnya atau mereformulasi hipotesisnya. Pengumpulan data kualitatif selalu bersifat terbuka terhadap temuan lapangan, oleh karena itu, proses analisis data hampir tidak pernah berhenti di satu titik.

 

3. Pendekatan Analisis Teori Grounded

Penelitian data kualitatif dengan pendekatan teori grounded pada umumnya sudah digunakan secara luas di kalangan peneliti sosial. Konsep dari pendekatan ini secara umum yaitu peneliti membuat pertanyaan penelitian tanpa memikirkan tentang hipotesisnya terlebih dahulu. Namun si peneliti tetap melakukan kajian pustaka atau review literatur guna mengetahui teori yang pernah diaplikasikan dalam penelitian dengan topik yang terkait. Pengetahuan teoritis dari studi yang sudah ada itu digunakan untuk dikembangkan dengan mengaplikasikan sampling teoritis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Salsabila Miftah

    Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!