PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 19 Menit 28 Detik

Pahami Proses Analisis Data Melalui Pelatihan Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-03-2023-10-15-164526_x_Thumbnail800.jpg

Pekerjaan utama seorang Data Analyst adalah mengolah data mentah untuk bisa menghasilkan informasi yang bermanfaat, dimana informasi ini nantinya bisa dijadikan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan oleh para stakeholder. Data mentah tentu saja tidak bisa langsung berubah begitu saja menjadi informasi, namun perlu melewati beberapa tahapan dalam proses analisis data.


Seorang Data Analyst yang kompeten tidak hanya memahami konsep dasar, tetapi juga mampu melibatkan diri dalam proses analisis data yang mendalam. Bagi sebagian orang yang tidak memiliki background pendidikan yang berkaitan dengan data, proses analisis data ini adalah hal yang baru.


Sehingga untuk bisa memaksimalkan pengetahuan mengenai analisis data, ada baiknya mereka belajar melalui pelatihan Data Analyst. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana pelatihan dapat membantu dalam memahami proses analisis data.


Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengenal Fundamental Analisis Data

Data Analyst


Sebelum mulai membahas detail proses analisis data, ada baiknya dimulai dengan memahami konsep dasar dan fundamental dari proses analisis data terlebih dahulu.


Hampir semua pelatihan Data Analyst pasti akan membahas hal-hal fundamental, misalnya pemahaman tentang perbedaan antara pengumpulan data, pengolahan data, analisis statistik, dan penyajian hasil.


Pemahaman akan fundamental yang dimiliki Data Analyst ini bisa menjadi pondasi awal untuk memulai pemahaman analisis data.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pemahaman Proses Langkah Demi Langkah

Data Analyst


Proses analisis data adalah serangkaian tahapan untuk mengubah data mentah menjadi sumber informasi dengan langkah yang cermat dan terstruktur. Melalui pelatihan Data Analyst, kita bisa memahami bagaimana memproses data mentah, membersihkan data yang mungkin tidak akurat, serta mempersiapkan data tersebut untuk dilakukan analisis lebih lanjut.


Dalam hal ini termasuk pemahaman tentang teknik penggabungan data, penyusunan kerangka data, dan penggunaan tools analitik.


3. Keterampilan Teknis yang Diperlukan

Data Analyst


Untuk melakukan analisis data dengan mudah dan cepat, kita akan membutuhkan keterampilan teknis yang kuat dan mendalam. Dengan adanya pelatihan Data Analyst, maka kita akan terbantu untuk memahami dan menguasai alat-alat penting seperti Python, R, SQL, dan Excel.


Keterampilan ini memungkinkan kita untuk mengolah data, mengidentifikasi pola, dan membuat model prediksi yang kuat dengan cepat dan efektif.


4. Penerapan dalam Konteks Bisnis

Data Analyst


Analisis data bukan hanya tentang angka dan grafik. Pada dasarnya, tujuan awal dilakukannya analisis data adalah agar pelaku bisnis dapat mengambil keputusan dengan tepat dan relevan dengan kebutuhan customer berdasarkan data history yang ada.


Selama pelatihan Data Analyst, kita akan memahami bagaimana cara mengaitkan hasil analisis dengan tujuan bisnis. Ini akan membuat kita bisa menyampaikan temuan insight yang berharga kepada para pemangku kepentingan dalam perusahaan serta mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Dalam dunia analisis data yang terus berkembang, Excel tetap menjadi alat yang penting bagi seorang Data Analyst. Menguasai Excel dapat membantu seorang Data Analyst menjadi lebih efisien dalam pekerjaannya dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengambilan keputusan perusahaan.


Kamu bisa mulai belajar Excel dasar dengan menggunakan modul Excel yang disediakan olehi DQLab. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan bootcamp Data Analyst with Excel akan dimulai dari tanggal 28 November 2023 hingga 2 Februari 2024.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login