MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 2 Menit : 24 Detik

Pahami Skills Ini Sebelum Ikuti Data Analyst Course

Belajar Data Science di Rumah 17-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ac3d7ce0dfa37703d2a05e6b3eb1a768_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini, perusahaan banyak sekali menerima informasi berupa data di setiap harinya. Hal tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan strategi bisnis mereka. Dalam mendapatkan sebuah insight dari hasil analisis yang telah dikumpulkan, mereka membutuhkan data analyst untuk dapat menginterpretasikan suatu data menjadi sebuah informasi. Aplikasi pada bidang retail contohnya, dimana tugas seorang Data Analyst adalah mengolah berbagai data mengenai pelanggan, produk, atau kinerja perusahaan, untuk mengeluarkan indikator yang berguna bagi para pengambil keputusan. Dengan demikian, informasi yang diberikan oleh analis data memungkinkan perusahaan untuk menentukan produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka, strategi pemasaran yang akan diadopsi, atau perbaikan yang akan dilakukan terhadap proses produksi.


Jika kamu berencana atau memiliki impian menjadi seorang data analyst, bukan  tidak mungkin pasti bisa tentunya. Melalui data analyst course, anda dapat memulai untuk mempelajari skill set data analyst. Dengan mengikuti data analyst course, akan membuat sebuah pondasi dasar untuk dapat memahami skill apa saja yang dibutuhkan oleh seorang data analyst, membangun sebuah proyek serta mendevelop keterampilan lainnya yang menunjang karir seorang data analyst. Namun, sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu apa saja requirements yang penting dimiliki oleh data analyst. Kali ini, DQLab akan membahas khusus bagi sahabat data yang akan berkarir untuk menjadi calon data analyst. Pastikan kalian simak artikelnya berikut ini ya!


1.Domain Knowledge

Domain knowledge sangat penting untuk diketahui oleh seorang data analyst. Hal tersebut dikarenakan data analyst perlu memahami hal-hal spesifik terkait perusahaan maupun latar belakang industri tersebut. Misalnya, jika kalian bekerja sebagai data analyst di sebuah startup atau perusahaan e-commerce, tentu kalian harus memahami tentang bagaimana pemasaran e-commerce, trend market pada masing-masing produk, ketertarikan konsumen berdasarkan brand, dan lain sebagainya. Hal semacam ini yang akan membantu untuk memberikan masukan guna pengambilan keputusan suatu bisnis. Dilansir dari sebuah e-book berjudul Customer Data - The Monster Under the Bed? menjelaskan bahwa bagi pelaku pemasaran, 72% pemasar menganggap analisis data penting untuk berkembang dalam lingkup pemasaran saat ini. Keberhasilan kampanye pemasaran dapat dipahami dengan menggunakan analisis data. Selain itu, analisis data dapat digunakan oleh perusahaan untuk riset pasar sebelum meluncurkan produk atau layanan baru. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa domain knowledge merupakan landasan awal ketika ingin berkarir di industri data apapun ranah industri yang akan kita masuki. 


Baca juga : Data Science: Belajar Analisa Data 


2.Data Analysis and Exploration

Tidak dapat dipungkiri, jika kemampuan analisis data merupakan salah satu requirements terpenting seorang data analyst. Pada intinya, analisis data berarti melakukan proses untuk menjawab sebuah pertanyaan atau kebutuhan bisnis dan mengubahnya dari sebuah data yang akan dihasilkan menjadi sebuah informasi. Kemudian, Anda perlu mengubah dan menganalisis data untuk mengekstrak jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan. Kedalaman dalam penggalian data untuk keperluan analisis juga perlu dimiliki seorang data analyst. Salah satunya dalam bentuk eksplorasi data. Eksplorasi data mencari untuk menemukan tren atau hubungan yang menarik dalam data yang dapat memberikan nilai bagi bisnis. Dengan mencari pola dan kesalahan (error) dalam data, Anda mungkin menemukan peluang bagi bisnis untuk menurunkan biaya atau meningkatkan pertumbuhan penjualan suatu produk. Dengan demikian, tugas data analyst adalah memberikan informasi yang detail dan akurat kepada para pembuat keputusan. Oleh karena itu, data analyst harus memahami kebutuhan pengguna tertentu, bersamaan dengan pemahaman yang mendalam tentang data.


Baca juga : Ingin Menjadi Data Analyst? Yuk, Simak 3 Tipsnya dari Senior Praktisi Data Langsung


3.Writing and Communication Skills

Sebuah kata bijak dari Paul J. Meyer yaitu “Communication is the key to personal and career success”. Artinya adalah komunikasi adalah sebuah kunci bagi personal (diri kita atau orang lain) dan karir. Jika berkarir sebagai seorang data analyst, tentunya kemampuan berkomunikasi sangatlah dibutuhkan. Baik komunikasi secara lisan maupun tulisan. Komunikasi adalah kunci dalam berkolaborasi dengan kolega atau rekan kerja anda. Misalnya, dalam pertemuan awal dengan pemangku kepentingan bisnis (user), mendengarkan secara cermat diperlukan untuk memahami analisis yang mereka butuhkan. Demikian pula, selama proyek analisis data Anda, anda perlu menjelaskan topik yang kompleks kepada rekan tim non-teknis (orang awam) dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting untuk kolaborasi dengan berbagai klien, eksekutif, spesialis IT, untuk memastikan bahwa data selaras dengan tujuan bisnis. Akhirnya, analisis yang dilakukan oleh seorang data analyst mampu mengubah / meningkatkan beberapa proses bisnis.


4.Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.Akses module Introduction to Data Science

3.Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4.Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya

Editor : Annissa Widya 


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!