PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 59 Menit 45 Detik 

Pakai Excel untuk Buat Grafik? Ini Dia Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 01-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/50c2966a4441a2b6b9ee5829ce46b868_x_Thumbnail800.png

Pada zaman digital yang hampir seluruh kegiatan dilakukan pada tablet, komputer, handphone, dan alat elektronik lainnya, semakin banyak juga aplikasi software pendukung yang membantu dalam menyediakan kemudahan dalam pekerjaan. Salah satu aplikasi software tersebut adalah Microsoft Excel, Excel merupakan aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengolah suatu data secara otomatis lewat berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pembuatan tabel, dan lainnya.


Excel sangat berguna untuk profesi dalam bidang data, seperti Data Analyst dan Data Scientist karena kemampuannya dalam penyimpanan data yang terbilang cukup besar. Oleh karena itu pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi mengenai salah satu fitur pembantu dalam Excel, yaitu grafik. DQLab akan membahas grafik dimulai dari pengertian, tipe-tipe, hingga langkah pembuatan grafik. Yuk, ketahui bersama!



1. Pengertian Grafik

Mari kita mulai dengan salah satu fitur dalam Excel yang keberadaan dan fungsinya sangat membantu dalam hal visualisasi data, yaitu grafik. Pengertian dari grafik itu sendiri merupakan suatu media gambar yang berfungsi sebagai alat untuk menyajikan informasi dengan lebih dinamis, informatif, menarik, tertata, dan apik.


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, grafik digunakan dalam hal visualisasi data, pekerjaan ini berkaitan sangat erat dengan profesi Data Analyst. Mengapa? Karena mereka yang bertanggung jawab untuk menyajikan data yang telah diolah menjadi informasi yang mudah dimengerti dan dipahami semua orang.


Baca juga : Mulai Belajar Rumus Excel Bersama DQLab


2. Tipe-tipe Grafik di Excel

Excel memiliki tidak hanya satu atau dua macam grafik di dalamnya, Excel memiliki lebih dari lima jenis grafik yang di dalamnya kalian bisa memilih lagi bentuk tampilan 2D atau 3D. Pada kesempatan kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi mengenai lima tipe grafik yang paling sering digunakan untuk memvisualisasikan data. Berikut tipe-tipenya.


  • Column Chart (Diagram Batang)

    Berbentuk batang dan berfungsi untuk membandingkan nilai per kategori dalam kurun waktu tertentu.

  • Line Chart (Diagram Garis)

    Berbentuk garis dan sangat cocok digunakan untuk menunjukkan suatu tren yang sedang berjalan karena dengan begitu perbandingan naik turunnya tren tersebut dapat terlihat dengan jelas.

  • Pie Chart (Diagram Lingkaran)

    Diagram ini berbentuk seperti potongan kue pie dan dapat digunakan untuk menunjukkan jumlah suatu item dalam data secara proporsional, biasanya hasil data ditunjukkan dalam bentuk persentase.

  • Bar Chart (Diagram Batang)

    Grafik atau diagram ini berbentuk sama seperti column chart, namun yang membedakan hanyalah posisinya yang horizontal, sedangkan column chart vertikal.

  • Area Chart (Diagram Wilayah)

    Bentuk dari diagram ini adalah garis yang bertumpuk dan biasanya digunakan untuk menunjukkan data perubahan nilai dalam kurun waktu tertentu atau periode tertentu.


3. Langkah-langkah Membuat Grafik di Excel

Setelah informasi mengenai macam-macam diagram yang terdapat dalam Excel, kalian perlu mengetahui juga cara membuatnya dalam lembar kerja kalian. Pemilihan diagram bergantung pada jenis data yang kalian miliki ataupun cara presentasi seperti apa yang kalian inginkan. Simak langkah-langkah mudah berikut ini.


  • Blok seluruh tabel berisikan data yang  ingin anda masukkan ke dalam diagram.

  • Pilih tab "Insert", dan apabila kalian sudah mengetahui ingin menggunakan grafik yang mana, kalian bisa pilih secara bebas di samping "Recommended Charts".

  • Apabila kalian bingung, kalian dapat klik "Recommended Charts".

  • Setelah kalian memilih grafik yang diinginkan, maka secara otomatis data yang telah kalian blok sebelumnya sudah masuk ke dalam grafik pilihan kalian. 


4. Langkah-langkah Membuat Grafik dengan Dua Data

Sebelumnya telah disampaikan langkah-langkah membuat grafik di Excel, namun hanya dengan satu data. Lalu bagaimana apabila saya memiliki lebih dari satu data? Nah, berikut cara mudah untuk membuat grafik dengan dua data sesuai dengan data yang kalian miliki. Simak langkah-langkahnya berikut ini.


  • Blok bagian data yang ingin kalian masukkan ke dalam grafik, diperlukan dua nilai data yang berbeda.

  • Klik "Insert", kemudian pilih jenis grafik yang kalian inginkan.

  • Setelah diklik akan muncul grafik kosong pada spreadsheet kalian.

  • Klik grafik tersebut dan buka pilihan menu "Design", kemudian klik "Select Data".

  • Setelah jendela "Select Data Source" muncul, tekan "Add", lalu masukkan data kalian.

  • Lakukan hal yang sama untuk data kedua.

  • Klik "OK" pada jendela "Select Data Source".

  • Grafik yang kosong tadi akan terisi dengan data yang kalian masukkan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelajari Excel Lebih Banyak Lagi Bersama DQLab!

Mempelajari Excel bisa terbilang mudah dan sulit di saat yang bersamaan, selain membuat grafik, masih banyak lagi ilmu yang bisa kalian dapat dengan mempelajari Excel lebih dalam. DQLab bisa memberikan kalian pembelajaran yang sesuai dan tuntas mengenai Excel, selain berguna untuk bidang Data Science, Excel juga bisa kalian pahami untuk pekerjaan sehari-hari. Apabila kalian tertarik untuk belajar lebih banyak lagi, kalian bisa sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module gratis "Introduction Data Science with Python and R" sebagai keuntungan yang kalian dapat. Yuk, belajar bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :