PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 3 Menit 1 Detik 

Panduan Lengkap Ilmu Excel Dasar untuk Admin Keuangan

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eaebc37ca1faead45aaa9a61bbe66f26_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan program spreadsheet terpopuler yang digunakan untuk kebutuhan mengolah data secara otomatis, baik itu berupa perhitungan dasar maupun penggunaan fungsi yang lebih kompleks. Alasan mengapa aplikasi ini disebut populer karena fungsinya yang dibutuhkan bagi berbagai industri termasuk administratif. Oleh karena itu, aplikasi Excel wajib dikuasai oleh pegawai administrasi kantor.


Admin merupakan sebuah pekerjaan yang menjaga agar semua pekerjaan terorganisir dengan baik. Pekerjaan ini banyak membutuhkan ilmu Excel dalam menangani berbagai dokumen dan berkas dari operasional bisnis. Selain itu, admin juga bertugas untuk mendiagnosis adanya masalah, mengatur informasi dengan cepat dan ringkas, menyusun agenda untuk rapat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar admin dapat menyusun dan mengorganisir pekerjaannya dengan baik, perlu bantuan Excel dengan berbagai fitur yang dimilikinya. 


Kelebihan dari Excel yang tidak dimiliki software lain di luar Microsoft adalah software ini bisa diintegrasikan dengan berbagai tools Microsoft yang lain seperti Microsoft Word, Powerpoint, Microsoft Team, Outlook, One Drive, dan lain sebagainya. Seperti yang telah dijelaskan di awaL, Excel dapat membantu berbagai pekerjaan administratif. Apa saja rumus Excel yang digunakan untuk mensupport administrasi khususnya administrasi keuangan? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Rumus IF Tunggal

Fungsi IF adalah fungsi logika Excel yang paling banyak digunakan, terutama berkaitan dengan pengolahan banyak data dan keputusan bercabang. IF Tunggal adalah fungsi dasar yang kegunaannya sederhana, yaitu untuk memeriksa nilai sebuah logika kemudian mengambil tindakan jika benar dan tindakan lain jika salah.

Salah satu kegunaannya adalah untuk memeriksa nilai debit dan kredit di dalam neraca saldo. Neraca saldo adalah sebuah laporan yang berisikan informasi mengenai saldo dari seluruh akun yang melakukan transaksi dalam suatu perusahaan. Total saldo di debit harus sama dengan total saldo di kredit. Untuk memeriksa dan memastikan bahwa saldo tersebut sudah benar-benar sama, maka cara sederhana dan mudahnya adalah menggunakan rumus Excel IF tunggal.


excel


Keterangan:

  • Jika nilai sel D29 sama dengan nilai sel E29 maka hasilnya seimbang,

  • Jika hasilnya berbeda, maka tidak seimbang.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus SUMIF

Rumus SUMIF adalah rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan data pada range tertentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Contoh penggunaan rumus Excel SUMIF dalam administrasi adalah untuk menghitung persediaan akhir barang dagang. Untuk lebih jelasnya, berikut disajikan data penjualan buku dalam satu minggu. Nantinya kita akan menghitung jumlah penjualan buku yang melebihi target yaitu lebih dari Rp 120.000. Selain itu juga kita akan menjumlahkan juga berapa banyaknya buku yang terjual. Data perolehan banyaknya buku ini berasal dari perolehan penjualannya yang melampaui target. Berikut contoh perhitungannya.

excel



3. Rumus SLN dan DB

Rumus SLN adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung nilai penyusutan aktiva tetap dalam laporan keuangan dengan menggunakan metode garis lurus (Straight Line Method).

Penulisan rumusnya adalah seperti berikut:

=SLN(cost;salvage;life)

  • cost: Harga perolehan barang.

  • salvage: Taksiran nilai sisa (residu).

  • life: Taksiran umur ekonomis.

Sedangkan rumus DB adalah Excel yang digunakan untuk menghitung nilai penyusutan aktiva tetap dengan menggunakan metode saldo menurun (Declining Balance Method).

Penulisan rumusnya seperti ini:

=DB(cost;salvage;life;period;[month])

  • cost: Harga perolehan barang.

  • salvage: Taksiran nilai sisa (residu).

  • life: Taksiran umur ekonomis.

  • periode: Periode penyusutan.

  • month: Bulan ke berapa dalam periode penyusutan.


4. Rumus VLOOKUP

Rumus VLOOKUP Excel digunakan untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain. Atau bisa dikatakan bahwa rumus ini seperti Referensi. Rumus ini akan sangat dibutuhkan dalam dunia administrasi. Contohnya ketika digunakan untuk mengambil nilai saldo awal persediaan barang dari tabel lain.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Ilmu Excel untuk Admin Bersama DQLab

Selain keempat rumus di atas, admin juga membutuhkan beberapa fungsi Excel untuk membantu mempermudah pekerjaannya. Yuk pelajari berbagai fungsi Excel bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul Excel yang bisa kita gunakan untuk memperdalam pemahaman kita mengenai cara penggunaan Excel di berbagai bidang industri. Klik button di bawah ini untuk Signup dan nikmati berbagai modul Excel DQLab termasuk Free Modul Platinum Excel sebagai permulaan belajar Excel. Selamat belajar!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :