Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Panduan Memilih Pelatihan Karyawan dengan MySQL

Belajar Data Science di Rumah 04-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bfe874de7d582cc646f629d0c96029dc_x_Thumbnail800.jpeg

Memahami SQL merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai untuk menjadi seorang data scientist dan praktisi data. Selain digunakan untuk berbagai macam proyek data scientist, MySQL sering digunakan untuk proyek pembuatan website termasuk penggunaan CMS (Content Management System) seperti wordpress, joomla, drupal. Oleh karena itu, tak heran banyak karyawan atau pemula yang mulai belajar mysql untuk berbagai keperluan pekerjaan mereka. Belajar MySQL pemula bisa kamu mulai dari memahami apa itu MySQL yang merupakan salah satu dari database pertama yang bersifat open source yang masih populer digunakan hingga saat ini.


Untuk dapat menguasai MySQL dan skillset lain sebagai praktisi data, kalian bisa belajar secara otodidak atau secara mandiri atau bisa juga kalian mengikuti pelatihan data. Jika kalian tipe belajar bersama mentor atau guru sebagai pendamping haruslah memilih tempat pelatihan yang benar, karena jika salah memilih tempat pelatihan itu hanya menghabiskan waktu yang kalian gunakan untuk belajar. Nah pada artikel kali ini, kita akan memberikan tips apa saja untuk memilih tempat pemilihan yang tepat untuk kalian.


1. Metode Belajar

Salah satu bahan pertimbangan utnuk kalian yang ingin mengikuti pelatihan MySQL ini haruslah memperhatikan metode belajar yang diajarkan oleh tempat pelatihan tersebut. Untuk tiap tempat pelatihan pastinya menawarkan metode yang berbeda-beda dan mungkin bisa belum tentu sesuai dengan kebutuhan kalian. Kalian bisa mencari tahu metode apa yang digunakan oleh tempat pelatihan tersebut dan bagaimana praktek mengajarnya di halaman dashboard mereka, biasanya mereka akan menampilkan metode belajarnya seperti apa sesuai dengan kebutuhan kalian. Jadi hal ini akan sangat membantu kalian mengetahui jika metode tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan kalian.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Kualitas Mentor yang Profesional di Bidangnya

Selanjutnya kalian bisa memperhatikan kualitas dari mentor-mentornya. Jika kalian sudah memiliki materi yang cukup lengkap maka kalian haruslah melihat kualitas dari mentor atau pengajarnya di tempat pelatihan tersebut. Mentor yang kalian pilih atau yang sudah ada di dalam tempat pelatihan tersebut haruslah yang berkualitas dan juga sudah profesional di dalam bidang yang mereka ambil. Hal tersebut bisa kalian lihat dari sertifikasi apa saja yang sudah mereka dapatkan atau bisa dengan project-project mereka yang sudah pernah dikerjakan dan hasilnya bagus. Kalian juga bisa melihat bagaimana pola belajar mereka, apakah mereka menguasai materinya dengan baik apa tidak. 


3. Fasilitas dan Layanan

Biasanya untuk fasilitas yang ada berbeda dengan informasi yang diberikan di awal. Maka dari itu, penting sekali untuk memeriksa fasilitas yang ada di dalam tempat pelatihannya. Jika kalian perlu, kalian dapat membuat janji untuk datang langsung dan melihat fasilitas apa saja yang ada jika tempat pelatihan kalian bertipe offline class. Ini bisa memberikan informasi yang lebih jelas akan apa yang bisa kalian harapkan dari beberapa tempat pelatihan yang kalian datangi. 


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Harga Terjangkau dengan Materi yang Berkualitas

Hal yang penting terakhir adalah budget yang kalian miliki. Tempat pelatihan biasanya akan menampilkan harga-harga yang berbeda. Maka dari itu ketika kalian ingin mendaftarkan diri untuk bisa belajar di tempat tersebut kalian haruslah melihat harga-harganya. Terlebih lagi tidka semua orang memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk melakukan kursus atau pelatihan MySQL ini. Oleh karena itu kalia harus menyesuaikan dengan budget yang kalian miliki dan juga mempertimbangkan cara belajar yang ditawarkan olelh tempat pelatihan.


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login