SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 10 Jam 3 Menit 24 Detik

Pekerjaan Data Engineer di Setiap Level Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-04-3-2023-07-22-223747_x_Thumbnail800.jpg

Peran Data Engineer telah menjadi semakin penting dalam era informasi saat ini, di mana data menjadi salah satu aset paling berharga bagi perusahaan. Data Engineer bertanggung jawab untuk merancang, membangun, dan memelihara infrastruktur data yang memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dengan efisien.


Namun, tugas dan tanggung jawab seorang Data Engineer dapat bervariasi di setiap level organisasi. Dalam artikel ini, DQLab akan membahas jobdesk Data Engineer di setiap level di perusahaan, mulai dari pemula hingga level senior, dan bagaimana peran mereka berkontribusi pada pengelolaan dan pengolahan data yang berhasil.


1. Data Engineer Level Pemula

Data Engineer

Seorang Data Engineer pemula biasanya akan bekerja di bawah bimbingan dan arahan Data Engineer senior atau manajer. Jobdesk di level ini mungkin termasuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, membersihkan dan mentransformasikan data menjadi format yang sesuai, dan mengatur aliran data di dalam infrastruktur.


Data Engineer level pemula juga akan berpartisipasi dalam proyek-proyek kecil dan mengoptimalkan tugas-tugas rutin untuk meningkatkan efisiensi pengolahan data. Selain itu, mereka akan belajar tentang teknologi dan alat terkini yang digunakan dalam industri Data Engineering.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Data Engineer Level Menengah

Pada level menengah, seorang Data Engineer akan mulai mengambil peran yang lebih independen dan proaktif dalam mengelola infrastruktur data. Mereka akan bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan sistem pemrosesan data yang lebih kompleks dan scalable.


Jobdesk di level ini melibatkan pemilihan teknologi yang sesuai untuk proyek tertentu, memastikan keamanan data dan pemeliharaan infrastruktur, serta berkolaborasi dengan tim Data Science dan Data Analyst dalam menyediakan data yang berkualitas untuk analisis.


3. Data Engineer Level Senior

Pada level senior, seorang Data Engineer biasanya akan memiliki peran sebagai pemimpin tim atau ahli teknis di departemen Data Engineering. Mereka akan menjadi sumber daya kunci dalam merancang dan mengelola infrastruktur data yang kompleks dan besar, serta memastikan performa dan skalabilitas yang optimal.

Data Engineer

Jobdesk di level ini termasuk berkolaborasi dengan tim teknis lainnya, mengidentifikasi dan mengatasi masalah infrastruktur, serta mengawasi pengenalan teknologi terbaru dalam pemrosesan data.


4. Data Engineer Level Lead/Manager

Di level manajerial, seorang Data Engineer akan menjadi kepala tim Data Engineering atau manajer departemen. Mereka bertanggung jawab untuk mengawasi proyek-proyek Data Engineering secara keseluruhan, mengelola anggota tim, dan merencanakan strategi jangka panjang dalam mengelola data perusahaan.


Jobdesk di level ini termasuk mengkoordinasikan dan mengarahkan tim untuk mencapai tujuan bisnis, berkomunikasi dengan pihak-pihak lain dalam organisasi, serta mengambil keputusan strategis untuk pengembangan dan pertumbuhan tim Data Engineering.


5. Data Engineer Level Chief Data Officer (CDO)

Di tingkat C-level, seorang Chief Data Officer (CDO) bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi seluruh strategi data perusahaan. Sebagai seorang CDO, peran mereka melampaui Data Engineering dan melibatkan pengambilan keputusan bisnis yang didasarkan pada data. 


Jobdesk di level ini termasuk mengintegrasikan data dari berbagai departemen dan sumber, mengarahkan strategi data perusahaan, dan memastikan keselarasan antara inisiatif bisnis dan analisis data. Seorang CDO juga akan berinteraksi dengan eksekutif tingkat atas dan bertanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan data perusahaan secara keseluruhan.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist



Tak diragukan lagi, Data Engineer memainkan peran penting dalam kesuksesan perusahaan dalam mengelola dan mengolah data yang berkualitas. Mulai dari level pemula hingga tingkat CDO, setiap posisi Data Engineer memiliki tanggung jawab dan peran unik yang berkontribusi pada efisiensi dan efektivitas pengelolaan data.


Jika kamu tertarik memasuki dunia Data Engineering, pahami dengan baik jobdesk di setiap level dan tingkatkan keterampilanmu sesuai dengan tanggung jawab yang diinginkan. Dengan dedikasi dan kerja keras, kamu dapat mencapai puncak karir dalam dunia Data Engineering dan berperan penting dalam pengambilan keputusan bisnis berbasis data.


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login