TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 51 Menit 54 Detik 

Pekerjaan Data Scientist, Kenali Technical Skill yang Dibutuhkan

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/85da92044fc98f4daffcd5a4b834df95_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat, membuat ilmu Data Science menjadi semakin berkembang. Beberapa posisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer juga semakin banyak dibutuhkan dan dicari oleh berbagai perusahaan. Sebenarnya, tingginya kebutuhan akan posisi tersebut juga diikuti oleh oleh banyaknya peminat posisi tersebut. Tidak hanya dari fresh graduate, namun juga dari para profesional yang ingin membanting setir. Mereka rela membuang waktu istirahat mereka untuk mempelajari tentang Data Science.

Sayangnya untuk bekerja sebagai praktisi data, khususnya Data Scientist harus memenuhi beberapa kualifikasi yang terbilang cukup tinggi. Salah satu kualifikasi yang harus dipenuhi adalah technical skill. Lalu apa saja sih technical skill tersebut? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai skill-skill apa saja yang termasuk ke technical skill yang harus dikuasai oleh oleh orang yang ingin bekerja sebagai Data Scientist. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Programming

Technical skill pertama yang harus dikuasai adalah programming. Skill ini menjadi skill yang sangat wajib untuk dikuasai. Hal ini tentu saja sejalan dengan programming yang juga menjadi salah hal yang mendasari ilmu Data Science. Untuk menguasai ilmu Data Science, para praktisi data memang harus menguasai ilmu-ilmu yang berada di belakang Data Science tersebut. Lalu berapa idealnya bahasa pemrograman yang harus dikuasai? Di perusahaan tertentu mungkin hanya mewajibkan untuk menguasai R dan Python, namun di perusahaan lainnya meminta menguasai minimal 3 bahasa pemrograman. Namun secara umum, bahasa pemrograman yang sering digunakan adalah Python, R, SQL, Java, Scala, Matlab, dll.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Machine Learning

Machine Learning menjadi hal yang juga wajib untuk dikuasai. Machine Learning merupakan sebuah mesin yang diprogram untuk mengambil keputusan sendiri secara otomatis, namun sebelumnya juga dilakukan proses pembelajaran mesin. Machine Learning ini juga menjadi bagian dari Data Science, sehingga sangat wajar jika termasuk ke dalam list skill yang dibutuhkan. Machine Learning ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning.

3. Data Visualization

Data visualisasi juga menjadi bagian dari ilmu Data Science yang harus dikuasai oleh praktisi data. Ilmu ini terbilang cukup penting karena memvisualisasikan data akan membantu kita untuk menemukan pola data secara lebih cepat, terutama jika data yang dimiliki berupa data yang memiliki volume yang sangat besar. Syarat utama untuk melakukan visualisasi data adalah dapat terbaca dan dapat dikenali setiap grafiknya. Ada beberapa tools visualisasi data yang harus dikuasai, seperti Tableau, SAS, Python, R, dll.

4. Big Data Platforms

Big data merupakan fenomena data dengan volume yang sangat besar dan juga beragam jenisnya. Big data tentu saja sangat erat kaitannya dengan ilmu Data Science dan juga profesi Data Scientist. Berbagai permasalahan baru yang muncul karena big data, dapat diselesaikan oleh ilmu Data Science. Itulah mengapa di beberapa perusahaan, menguasai big data platform menjadi skill wajib yang harus dikuasai. Contoh big data platform yang bisa digunakan adalah MongoDB, Oracle, Microsoft Azure, Cloudera, dll.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

5. Ingin Belajar Data Scientist, Namun Tidak Berasal dari Background STEM? Di DQLab Aja!

Jika kamu merupakan salah satu orang yang ingin membanting setir ke dunia praktisi data, namun tidak memiliki background pendidikan STEM, belajar di DQLab menjadi kuncinya. Tidak bisa dipungkiri, salah satu kekhawatiran dari orang-orang yang tidak berasal dari background pendidikan STEM adalah tidak mampu menjadi Data Scientist karena background pendidikannya. Namun sekarang, hal itu bukan lagi hal yang harus dikhawatirkan karena DQLab dapat membuat kamu mahir di bidang ini, apapun background pendidikannya. Wah, jadi tunggu apa lagi nih? Yuk, buruan daftar di DQLab dan nikmati modul-modulnya!

Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!