DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 18 Menit 29 Detik 

Pelajari 4 Python IDE Terbaik Agar Coding Lebih Mudah

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/97c7e72751a9b0b05c61837f80c79aa4_x_Thumbnail800.jpg

Editor kode python dirancang bagi developer untuk membuat kode dan men-debug program dengan mudah. Dengan menggunakan python Integrated Development Environment atau biasa disingkat dengan python IDE, kita bisa mengelola codebase yang besar dan dapat menerapkannya dengan cepat. Developer dapat memanfaatkan editor ini untuk membantu aplikasi desktop atau web. Selain itu python IDE juga dapat dimanfaatkan oleh DevOps Engineer untuk integrasi yang berkelanjutan.

Secara singkat, IDE adalah software praktis yang berfungsi sebagai editor teks, debugger, dan kompiler dalam satu tools. IDE dirancang untuk membuat coding lebih mudah bagi developer. Jadi pada dasarnya IDE adalah aplikasi yang memfasilitasi pengembangan aplikasi dan menyediakan interface pusat yang menampilkan semua alat untuk coding, seperti editor kode untuk menulis dan mengedit code, compiler untuk mengubah kode menjadi bentuk yang dapat dibaca oleh mesin, serta debugger yang membantu menghilangkan error dari program agar kode dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Python memiliki banyak IDE yang dapat dimanfaatkan oleh developer. Penasaran apa saja IDE tersebut? Yuk simak artikel berikut sampai akhir!


1. PayCharm

PayCharm adalah IDE lintas platform yang digunakan untuk pemrograman python. Platform ini adalah salah satu editor python IDE terbaik yang dapat digunakan di berbagai sistem, seperti Windows, MacOS, dan Linux. Software ini berisi API yang dapat digunakan oleh developer untuk menulis plugin python mereka sendiri sehingga mereka dapat memperluas fungsionalitasnya. Software ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. PayCharm dapat diintegrasikan dengan CoffeeScript, JavaScript, CSS, dan TypeScript. Software ini dapat digunakan untuk smart navigation code, memiliki refactoring code yang cepat dan aman, serta dapat digunakan untuk mengakses PostgreSQL, Oracle, MySQL, SQL Server, dan database lainnya.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Kite

Kite adalah python IDE yang secara otomatis dapat menyelesaikan beberapa kode baris. Editor ini dilengkapi dengan 16 bahasa sehingga membuat coding lebih cepat dan efektif. Kite dapat diakses secara gratis dengan beberapa fitur menarik, seperti dokumentasi python, menyediakan fungsi tanda tangan saat kita mengetik, menyediakan tooltip dan mouse hover, dapat dihubungkan dengan email, dan dapat diterapkan untuk model machine learning.


3. Spyder

Spyder adalah development environment terintegrasi ilmiah yang ditulis dengan python. Software ini dirancang untuk dan oleh para data scientist yang terintegrasi dengan beberapa library python seperti Matplotlib, SciPy, NumPy, Pandas, Cython, IPython, SymPy, dan software open source lainnya. Spyder tersedia melalui distribusi Anaconda di Windows, MacOS, dan Linux. Software ini dapat diakses secara gratis dengan berbagai fitur, seperti dapat menjalankan kode python berdasarkan sel, baris, atau file, menyediakan histogram dan plot time series, penyelesaian kode otomatis dengan pemisah horizontal atau vertikal, dan lain sebagainya.


4. IDLE

Integrated Development and Learning Environment atau disingkat dengan IDLE adalah editor default yang ada pada python. Tools ini adalah salah satu software python IDE terbaik yang membantu beginner untuk belajar python dengan mudah. Sebagian paket software IDLE didistribusikan untuk Linux, tetapi software ini juga bisa digunakan di Windows, MacOS, dan Unix. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh IDLE adalah memiliki penerjemah interaktif dengan pewarnaan input, output, dan error message, mendukung indentasi cerdas, dapat digunakan untuk mencari dan mengganti code dalam windows, dan lain sebagainya. Kabar baiknya adalah IDLE dapat diakses secara gratis.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Python bersama DQLab

Python merupakan bahasa pemrograman paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini karena python lebih mudah digunakan dan dipelajari oleh profesional di berbagai industri, khususnya industri yang berhubungan dengan data. Perusahaan tidak segan membayar mahal bagi seorang karyawan yang memahami python. Oleh karena itu, salah satu skill yang harus kita kuasai jika ingin masuk ke industri yang berhubungan dengan data adalah penguasaan bahasa pemrograman Python. Yuk asah kemampuan python bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk mengakses berbagai modul python, dari mulai level beginner hingga advanced. Nikmati juga berbagai fasilitas pendukung belajar lainnya sebagai bekal untuk terjun di dunia industri.



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :