MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 20 Menit 53 Detik 

Pelajari Beberapa Cara Mudah Menerapkan Rumus Pengurangan di Excel

Belajar Data Science di Rumah 25-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b8621b772c66b6cce0c7e2408efc3490_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel merupakan aplikasi yang umum digunakan oleh banyak orang untuk mengolah data angka atau numerik. Dengan Excel, data angka dapat disusun lebih rapi dan proses perhitungan juga menjadi lebih mudah dan cepat. Di Excel kita dapat melakukan perhitungan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga perhitungan statistik dan melakukan analisis data. Selain itu, tampilan dan tools yang terdapat dalam Excel mudah dipelajari dan dipahami.


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu proses kalkulasi yang sering digunakan di excel adalah rumus pengurangan. Namun, tidak semua orang menggunakan Excel untuk keperluan kalkulasi sehingga tidak semua tahu caranya bagaimana rumus pengurangan di Excel. Bagi pemula yang baru belajar Excel, jangan khawatir. Di artikel kali ini akan dibahas beberapa cara mudah penggunaan rumus pengurangan di Excel. Ini bisa menjadi bekal awal untuk kamu yang tertarik dengan data. Apa saja rumus pengurangan di excel? Simak pembahasannya bersama, yuk!


1. Pengurangan Dasar Excel

Microsoft Excel tidak memiliki fungsi khusus yang dapat digunakan untuk melakukan pengurangan dua bilangan atau lebih. Sehingga untuk melakukan pengurangan, Excel hanya memberikan satu pilihan yaitu menggunakan operator tanda kurang (-). Melakukan operasi pengurangan di Excel cukup mudah, yaitu seperti berikut:

  • Pilih sel kosong yang akan kamu letakkan hasil pengurangannya

  • Ketikkan tanda sama dengan (=) di dalam sel tersebut

  • Ketikkan angka yang ingin kamu hitung, misalnya 10 kurang 5 maka penulisannya yaitu =10-5

  • Tekan Enter dan hasil operasi pengurangan akan muncul dalam sel

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengurangan Menggunakan Referensi Sel

Operasi pengurangan menggunakan referensi sel merupakan operasi yang dilakukan dengan melibatkan sel satu dengan sel yang lainnya. Berbeda dengan cara sebelumnya dimana operasi dilakukan untuk bilangan satu dengan bilangan lainnya. Untuk melakukan operasi menggunakan referensi sel, pastikan kamu sudah memiliki data pada worksheet yang akan dikurangkan. Langkahnya cukup mudah yaitu seperti berikut:

  • Pilih sel kosong sebagai lokasi hasil operasi pengurangan

  • Tuliskan tanda sama dengan (=) dalam sel tersebut

  • Klik sel yang berisi data nilai yang akan dikurangkan. Misalnya data nilai berada di sel A1 dan D1, maka penulisannya yaitu =A1-D1

  • Tekan Enter untuk melihat hasil pengurangan

excel


3. Pengurangan dengan Menjadikan Sel Sebagai Konstanta

Dalam aktivitas tertentu, mungkin kamu ingin melakukan operasi pengurangan satu sel dengan sel lainnya yang bernilai tetap. Sel yang berisikan nilai tetap dijadikan konstanta sehingga tidak berubah walaupun formula disalin atau diseret ke kolom yang berbeda. Caranya adalah dengan menambahkan simbol $ di nomor sel. Rumusnya dapat dituliskan sebagai berikut:

  • Pilih sel yang menjadi lokasi hasil operasi pengurangan

  • Ketikan tanda sama dengan (=) dalam sel tersebut

  • Pilih sel yang akan dikurangkan, misal sel B5 dan A5 maka penulisannya yaitu =B5-$A$5

  • Tekan Enter untuk melihat hasil

Hasil yang akan muncul sama dengan hasil pengurangan antar sel hanya saja jika kita seret atau drag untuk melakukan operasi pada sel selanjutnya, maka secara otomatis sel akan dikurangkan dengan nilai yang ada di sel A5.

excel


4. Menggunakan Fungsi SUM

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Excel tidak memberikan fungsi khusus untuk operasi pengurangan. Akan tetapi, kita bisa menggunakan fungsi SUM yang biasanya digunakan untuk operasi penjumlahan. Angka negatif umumnya identik dengan mengurangi suatu nilai dengan nilai lainnya. Nah, kita bisa gunakan fungsi SUM untuk menambahkan angka negatif pada rentang nilai dimana akan menghasilkan nilai yang sama hasil operasi pengurangan. Contohnya yaitu =SUM(50, -3, -5) hasilnya 42.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Kenali Excel Lebih Dalam Bersama DQLab!

Excel merupakan salah satu software yang biasa digunakan oleh. Sebagian besar orang. Seorang data scientist pun cukup sering menggunakan microsoft excel. Nah, microsoft excel ini dapat kita pelajari di DQLab loh. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dan dapat kita gunakan sebagai media belajar dan media latihan belajar data science. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!