Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Pelajari Data Analisis Di Excel Untuk Proses Analisis yang Lebih Mudah

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/af9018b571d3b1151e9fc98fda1b7c2f_x_Thumbnail800.jpg

Data analisis adalah proses pengecekan, pembersihan, dan pemodelan data yang bertujuan mendapatkan informasi yang berguna dan mendukung pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan ini yang akan mempengaruhi langkah selanjutnya seperti strategi bisnis yang akan diterapkan ke depannya, melihat trend yang sedang berkembang, menentukan strategi promosi yang lebih baik, dan lainnya. Dalam melakukan proses analisis ini diperlukan sikap yang kritis dan cermat agar tujuan analisis tercapai.


Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk data analisis, salah satunya yang sering digunakan yaitu Excel. Software yang menjadi bagian dari Microsoft Office ini mudah dipelajari dan diterapkan oleh pemula sekalipun. Excel sudah familiar di dengar oleh banyak kalangan dan digunakan di berbagai instansi, ukm, bahkan perusahaan untuk mengelola data yang dimiliki. Di artikel kali ini akan kita bahas mengenai tools data analisis yang disediakan Excel yaitu Analysis Toolpak. Simak dibawah ini, yuk!


1. Cara Instal Fitur Analysis Toolpak

Cara instal Analysis Toolpak tidaklah sulit. Toolpak adalah tools yang disediakan Excel untuk melakukan data analisis. Pastikan Microsoft Excel yang kamu miliki adalah Excel 2007 keatas. Klik menu File di Excel kemudian pilih Option. Setelah muncul kotak dialog, klik Add-Ins, pilih Analysis Toolpak, dan klik Go. Centang Analysis Toolpak lalu klik OK. Jika berhasil, fitur data analisis akan muncul di bar menu Data. Fiturnya pun sudah dapat kamu gunakan untuk menganalisis data yang dimiliki dan masalah yang ingin diselesaikan. 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengenal Fungsi Yang Tersedia Di Analysis Toolpak

Analysis Toolpak menyediakan banyak fungsi untuk perhitungan statistik. Beberapa fungsi statistik yang disediakan yaitu ANOVA, Correlation, Covariance, Descriptive Statistics, Exponential Smoothing, F-Test Two-Sample for Variances, Fourier Analysis, Histogram, Regression, Sampling, Moving Average, Random Number Generation, Rank and Percentile, t-Test, dan sebagainya. Fungsi-fungsi tersebut bisa kamu gunakan sesuai dengan data yang kamu miliki dan tujuan yang ingin dicapai. Pastikan data yang akan kamu terapkan fungsinya sudah diproses dengan teliti sehingga tidak mengganggu proses data analisis. Karena jika data tidak lengkap, maka akan mempengaruhi hasil analisis nantinya. Hal ini tentu tidak kita inginkan terjadi saat melakukan pekerjaan. 


3. Kelebihan Dan Kekurangan Data Analisis Di Excel 

Setiap tools pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa kelebihan yang diberikan ketika melakukan data analisis di Excel antara lain yaitu Excel sudah familiar bagai banyak orang sehingga tidak sulit untuk mengenali dan mempelajarinya. Excel juga fleksibel dalam penggunaannya karena bisa terhubung dengan berbagai sumber data seperti dari SQL, dan lainnya. Fungsi-fungsi yang disediakan pun sangat mendukung untuk mengolah data dan melakukan data analisis. Hanya saja kekurangannya yaitu proses yang dilalui akan menjadi rumit ketika berhadapan dengan data yang kompleks. Sehingga cukup memakan banyak waktu untuk memproses data yang kompleks tersebut. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       

Nikamati belajar data science secara praktis dan aplikatif bersama DQLab! Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita

    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!