PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 30 Menit 3 Detik 

Pelajari Pentingnya Data Primer dan Sekunder dalam Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 27-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e9d0c48ab0e215ead64d77f304cebbff_x_Thumbnail800.jpg

Data primer dan sekunder adalah dua tipe data yang paling banyak digunakan untuk studi penelitian. Data dapat didefinisikan sebagai nilai kuantitatif atau kualitatif dari suatu variabel. Data merupakan bentuk jamak dari datum yang secara harfiah berarti memberi atau sesuatu yang diberikan. Data dapat disajikan dalam bentuk angka, kata, atau gambar. Dalam suatu penelitian, peneliti menggunakan dua sumber data sesuai kebutuhan, yaitu sumber data primer dan sekunder. Data ini sangat penting bagi penelitian karena merupakan bahan dasar untuk menghasilkan sebuah insight yang berguna dan dapat menjawab permasalahan. 

Penelitian yang dilakukan di berbagai bidang studi bisa saja memiliki perbedaan metodologi, tetapi setiap penelitian semua penelitian pasti membutuhkan data. Data tersebut diedit, diolah, dan dianalisis menggunakan prosedur statistik. Informasi statistik seperti sensus, statistik kesehatan, riset pasar, dan lain sebagainya dikembangkan dari data. Data juga banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Lalu seberapa penting data primer dan sekunder dalam penelitian? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Pentingnya Data Primer

Sebuah penelitian yang hanya menggunakan data sekunder bisa saja menghasilkan output yang kurang tepat dan bias karena data sekunder telah melalui proses manipulasi sebelum dipublikasikan. Ada beberapa penelitian yang hanya membutuhkan data primer seperti catatan statistik penduduk perempuan di suatu wilayah yang datanya tidak mungkin didapatkan dari koran, majalah, ataupun sumber sekunder lainnya. Untuk mendapatkan output yang akurat, maka peneliti harus terjun ke lapangan untuk mendapatkan data secara langsung karena peneliti harus melakukan kontrol langsung pada sampel populasi.


Baca juga : Data Sekunder Adalah Jenis Data Penelitian yang Wajib Diketahui


2. Pentingnya Data Sekunder

Data sekunder mungkin kurang valid, tetapi tetap penting bagi beberapa penelitian. Terkadang menemukan data primer sangat sulit sehingga mendapatkan informasi dari data sekunder merupakan satu-satunya cara agar penelitian tetap dapat diselesaikan dengan hasil yang tidak terlalu meleset. Kesulitan pencarian data primer memiliki beberapa faktor, salah satunya adalah sulitnya mengidentifikasi sampel populasi. Misalnya, seorang peneliti ingin meneliti psikologi transgender. Ia akan kesulitan untuk mencari transgender, dan bahkan jika ada belum tentu transgender tersebut mau diwawancarai.


3. Sumber Data Primer

Dua sumber data primer yang paling banyak digunakan dalam penelitian adalah kuesioner dan interview. Kuesioner adalah metode yang paling umum digunakan dalam survei. Sumber data ini berisi daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh responden. Kuesioner ini dapat dilakukan melalui telepon, email, lembaga, atau media lain. Interview merupakan percakapan dua arah antara interviewer dan responden. Dalam interview, interviewer tidak hanya dapat merekam jawaban dari responden, tetapi juga dapat mengamati bahasa tubuh, ekspresi, dan reaksi lain dari responden.


4. Sumber Data Sekunder

Dua sumber data sekunder yang banyak digunakan dalam penelitian adalah buku dan informasi dari media elektronik. Saat ini internet sangat mudah dijangkau sehingga proses transmisi informasi menjadi sangat cepat. Saat ini hampir semua sumber informasi dapat diakses melalui internet, mulai dari jurnal, majalah, koran, bahkan buku elektronik. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi dari website pemerintah maupun blog menggunakan bantuan internet.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder: Sumber-Sumber Data Sekunder


5. Belajar Metode Statistik untuk Mengolah Data Primer dan Sekunder

Seorang peneliti tidak hanya mengumpulkan data, tetapi juga harus mengolah data tersebut agar dapat menghasilkan insight yang bermanfaat dan dapat menjawab permasalahan dari penelitian. Yuk belajar berbagai metode statistik untuk mengolah data dalam penelitian bersama DQLab! Klik button di bawah ini dan nikmati berbagai modul metode statistik sebagai bekal sebelum melakukan penelitian. Modul-modul tersebut tidak hanya berisi teori, tetapi juga contoh soal beserta tools yang banyak digunakan oleh data scientist untuk mengolah data. Jadi tunggu apa lagi? Yuk bergabung dengan DQLab!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!