MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 28 Menit : 48 Detik

Pelatihan Data Analyst, Ketahui Peran Serta Prospeknya Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 11-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/32bdb65390a259363011ee8aff447c92_x_Thumbnail800.jpg

Revolusi industri 4.0 membuat kebutuhan akan praktisi data kian meningkat namun tidak selaras dengan ketersediaannya di setiap sektor industri. Praktisi data khususnya Data Analyst harus mampu memberikan sebuah insight baru dibalik suatu data yang melimpah kepada suatu perusahaan atau instansi. Ada beberapa bidang keilmuan yang harus kamu pelajari untuk memulai karir sebagai seorang Data Analyst. Oleh karena itu, pelatihan Data analyst memiliki peran yang penting untuk kamu yang ingin merintis karir sebagai Data Analyst tapi masih bingung harus mulai mempelajari apa. Dengan mengikuti pelatihan Data Analyst tentunya cara belajar kamu jadi lebih terstruktur.


Dari data yang melimpah dari suatu perusahaan/instansi, nantinya data-data tersebut akan diolah oleh Data Analyst agar bisa dipakai untuk kepentingan perusahaan/instansi. Misalnya, untuk kepentingan marketing, dimana dari data yang telah diolah tersebut divisi marketing dapat melihat behavior serta kebiasaan konsumen mereka agar mereka bisa menerapkan strategi penjualan untuk meningkatkan penjualan. Lantas, mengapa eksistensi Data Analyst itu penting, dan apa sebenarnya peran Data Analyst dalam perusahaan, serta bagaimana prospek dan jenjang karir nya ? Tenang saja, bersama DQLab semua akan terjawab dalam artikel ini.

1. Mengapa Eksistensi Data Analyst Penting ?

Sebenarnya dari beberapa narasi sebelumnya sudah terlihat pola mengapa eksistensi Data Analyst itu penting. Pertama, karena perkembangan teknologi. Faktanya semakin hari teknologi terus mengalami perkembangan, dan hal ini selaras dengan perkembangan data-data yang dimiliki suatu perusahaan/instansi yang membuat media penyimpanan mereka sudah tak mampu lagi untuk menyimpan data. Solusi yang paling tepat untuk mengatasi permasalahn tersebut dengan menggunakan prinsip big data, yang mana seorang Data Analyst akan menyusun data-data tersebut secara terstruktur. Kedua, karena persaingan bisnis. Hampir semua sektor bisnis berlomba-lomba mulai mendigitalisasikan seluruh kegiatan tata kelola mereka. Persaingan bisnis tinggi, jika tidak dibarengi dengan kemampuan analisis yang baik untuk pengambilan keputusan dapat mengakibatkan perusahaan mengalamai kebangkrutan.


Baca juga : Data Science: Belajar Analisa Data


2. Peran Data Analyst di Perusahaan

Secara umum, peran seorang Data Analyst memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan data mentah seperti data penjualan, logistik, atau laporan tahuanan guna menemukan suatu insight baru dibalik data tersebut yang dapat digunakan oleh divisi yang terkait dalam bentuk laporan. Adapun tahapan yang harus dilakukan oleh Data Analyst mulai dari mengumpulkan data, mengolah data serta menganalisa data berdasarkan data dari berbagai sumber data di perusahaan terkait. Goals dari seorang Data Analyst adalah memvisualisasikan data yang telah dianalisa tadi dengan tools tertentu, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan untuk kemajuan suatu perusahaan.


3. Prospek dan Jenjang Karir Data Analyst

Setelah kamu mengetahui alasan mengapa Data Analyst itu penting dan juga apa peran Data Analyst di perusahaan, kamu pasti penasaran sebanarnya bagaimana prospek dan jenjang karir Data Analyst di perusahaan, kan ? Berdasarkan alasan dan juga apa peran Data Analyst disuatu perusahaan, dapat disimpulkan bahwa prospek kerja profesi ini sangat menjanjikan dan dibutuhkan oleh setiap instansi. Hal tersebut tak terlepas dari ketersediaan data yang dimiliki perusahaan/instansi kian melimpah, maka urgensi perusahaan untuk mengolah data-data tersebut akan terus ada. Lalu soal jenjang karir profesi ini secara umum ada 3 level, mulai dari Data Analyst Entry level (pemula), junior, dan senior. 


Baca juga : Ingin Menjadi Data Analyst? Yuk, Simak 3 Tipsnya dari Senior Praktisi Data Langsung


4. Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!