TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 51 Menit 40 Detik 

Pelatihan Data Science untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/92f000cc128f4e20faeb4e43432cac82_x_Thumbnail800.png

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang sedang dipelajari oleh banyak orang, mengapa? Karena Data Science mendasari beberapa profesi yang menjanjikan dan sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan maupun organisasi. Namun, meskipun Data Science memiliki banyak peminat, tidak sedikit juga yang kurang mengerti seperti apa Data Science, kegunaannya, hingga dapat menjadi profesi seperti apa.


Secara singkat, Data Science adalah ilmu yang mempelajari penggabungan dari ilmu komputer, matematika, dan statistik. Tujuan dari ilmu Data Science adalah untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan kumpulan data besar, baik yang terstruktur ataupun tidak terstruktur. Agar teman-teman semakin paham mengenai Data Science hingga pelatihannya, artikel ini perlu teman-teman baca. Yuk, simak bersama!


1. Alasan Belajar Data Science

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ilmu Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang sedang digemari oleh orang banyak. Turunan profesi atau pekerjaan dari ilmu Data Science adalah Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan masih banyak lagi. Namun yang menjadi incaran banyak orang hingga perusahaan adalah profesi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Dengan menjadi incaran banyak perusahaan saja sudah menjadi alasan utama mengapa kalian perlu belajar Data Science, tentunya karena menjanjikan. 


Ditambah lagi ketiga profesi tersebut merupakan profesi terbaik per hari ini yang semakin hari kebutuhan akan tenaga kerja tersebut semakin meningkat. Selain itu juga, kalian bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi tren yang terus berubah secara cepat. Apabila kalian mempelajari Data Science, tidak hanya kalian belajar dalam bidang tersebut saja, tetapi kalian juga dapat mempelajari bidang lainnya yang masih berkaitan dengan Data Science. Jadi bisa dibilang, kalian bisa mendapatkan banyak ilmu.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Manfaat Belajar Data Science

Data Science sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, contohnya seperti dalam bidang bisnis, ilmu Data Science dapat digunakan oleh tim marketing, HR, dan masih banyak lagi. Data Science dapat digunakan untuk mencari pola perilaku konsumen, tren yang sedang beredar di masyarakat, memprediksi suatu hal, dan lainnya. Selain itu juga, ilmu Data Science yang diaplikasikan dalam profesi Data Analyst dapat membantu pemegang kepentingan dalam perusahaan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam strategi bisnis mereka.


Menentukan strategi bisnis tentunya tidak mudah, apalagi dengan kumpulan data-data. Maka dari itu, salah satu fungsi dari Data Science adalah memvisualisasikan data agar mudah dimengerti oleh khalayak. Hal lainnya yang bermanfaat dari Data Science adalah perusahaan atau organisasi dapat terjaga secara internal karena profesi turunan dari ilmu ini dapat membersihkan dan mengatur data-data yang ada dalam perusahaan sehingga kedepannya perusahaan dapat terhindar dari masalah yang sewaktu-waktu dapat muncul. 


3. Waktu yang Dibutuhkan untuk Belajar Data Science

Belajar Data Science dapat terbilang relatif untuk masing-masing individu, ada yang dapat mempelajari dalam waktu tiga bulan, enam bulan, atau bahkan satu tahun. Kurun waktu tersebut bergantung pada tipe pembelajaran yang dilakukan kalian, seperti apakah kalian belajar secara otodidak atau mengikuti kursus.


Namun, apabila kalian ingin menjadi junior Data Scientist, kalian bisa dengan mudah mengikuti kursus selama tiga bulan saja. Untuk tingkatan masing-masing profesi tentunya memiliki kurun waktu yang berbeda tergantung pada materi pembelajarannya. Yang perlu teman-teman ketahui juga, belajar selama tiga bulan merupakan waktu singkat dalam menyerap ilmu Data Science, dibutuhkan beberapa bulan lagi untuk mencapai kecakapan profesi-profesi tersebut.


4. Prospek Karir Data Science

Ilmu Data Science memiliki turunan profesi yang bisa kalian jadikan prospek karir, seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Khususnya untuk di Indonesia, terdapat dua profesi yang sedang sangat dibutuhkan karena kekurangan tenaga kerja, yaitu Data Analyst dan Data Scientist. Mengapa profesi-profesi tersebut sangat dibutuhkan? 


Karena profesi-profesi tersebut sangat berguna dalam berbagai industri, selain itu juga dibutuhkan tenaga ahli dalam menginterpretasikan data dalam jumlah yang banyak. Penginterpretasian data ini berfungsi untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan atau membantu perusahaan mencapai tingkat tertinggi dalam kurva ekonomi mereka.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Mulai Belajar Data Science Bersama DQLab

Belajar Data Science dengan kursus bisa kalian lakukan di DQlab karena disini kalian dapat melakukan kursus secara online, bertemu dengan pengajar yang merupakan praktisi data berpengalaman, membangun portofolio yang menarik, dan memperluas networking kalian. Semua keuntungan yang disebutkan, bisa kalian dapat dengan cara mudah, kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, kemudian kalian akan mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ untuk kalian kerjakan. Yuk, tidak perlu tunggu lama, cepat jadi bagian dari DQLab.id untuk mulai belajar Data Science!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!