PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 57 Menit 8 Detik 

Pelatihan Data Science yang Sesuai dan Efektif Bagi Calon Ahli Data!

Belajar Data Science di Rumah 03-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2f1cefd88d16ed3d7a2ba1be909357f7_x_Thumbnail800.png

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang sedang dipelajari oleh banyak orang, mengapa? Karena Data Science mendasari beberapa profesi yang menjanjikan dan sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan maupun organisasi. Namun, meskipun Data Science memiliki banyak peminat, tidak sedikit juga yang kurang mengerti seperti apa Data Science, kegunaannya, hingga dapat menjadi profesi seperti apa.


Secara singkat, Data Science adalah ilmu yang mempelajari penggabungan dari ilmu komputer, matematika, dan statistik. Tujuan dari ilmu Data Science adalah untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan kumpulan data besar, baik yang terstruktur ataupun tidak terstruktur. Agar teman-teman semakin paham mengenai Data Science hingga pelatihannya, artikel ini perlu teman-teman baca. Yuk, simak bersama!


1. Alasan Kalian Perlu Belajar Data Science

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ilmu Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang sedang digemari oleh orang banyak. Turunan profesi atau pekerjaan dari ilmu Data Science adalah Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan masih banyak lagi. Namun yang menjadi incaran banyak orang hingga perusahaan adalah profesi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Dengan menjadi incaran banyak perusahaan saja sudah menjadi alasan utama mengapa kalian perlu belajar Data Science, tentunya karena menjanjikan. 


Ditambah lagi ketiga profesi tersebut merupakan profesi terbaik per hari ini yang semakin hari kebutuhan akan tenaga kerja tersebut semakin meningkat. Selain itu juga, kalian bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi tren yang terus berubah secara cepat. Apabila kalian mempelajari Data Science, tidak hanya kalian belajar dalam bidang tersebut saja, tetapi kalian juga dapat mempelajari bidang lainnya yang masih berkaitan dengan Data Science. Jadi bisa dibilang, kalian bisa mendapatkan banyak ilmu.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Manfaat Data Science

Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat Data Science dalam bidang bisnis, oleh karena itu telah banyak profesi terkait seperti Data Analyst dan Data Scientist yang dipekerjakan dalam perusahaan-perusahaan besar hingga startup. Namun, manfaat Data Science tidak hanya sampai di bidang bisnis saja, apabila suatu perusahaan memiliki suatu produk atau jasa, maka kalian memerlukan Data Science.


Mengapa? Data Science tidak hanya membantu perusahaan untuk mencari informasi, namun Data Science dapat digunakan oleh berbagai divisi dalam perusahaan, seperti marketing dan HR. Data Science dapat digunakan untuk mengetahui perilaku konsumen yang dimana merupakan salah satu faktor penentu berlangsungnya suatu perusahaan.


3. Program Belajar Data Science yang Bervariasi

Program belajar yang dimaksud adalah program belajar yang ditawarkan oleh tempat kursus, namun perlu digaris bawahi bahwa tidak semua tempat kursus memiliki program yang sama dan tidak menutup kemungkinan ada beberapa tempat kursus yang memiliki program serupa. Pada artikel kali ini, kita akan membahas program yang ditawarkan oleh DQLab untuk para calon pelajar data. 


DQLab menawarkan beberapa program seperti program beasiswa dan bootcamp. Dari kedua program ini terdapat perbedaan dalam jangka waktu belajar dan bahasa yang digunakan ketika sesi belajar. Selain itu ada juga program belajar seperti program bertingkat yang berisikan module untuk kalian kerjakan. Ada beberapa program yang bisa kalian kerjakan secara gratis dan juga berbayar.


4. Prospek Karir Data Science

Untuk prospek karir dari ilmu Data Science terdapat banyak sekali profesi yang bisa kalian geluti, seperti Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer. Namun dari beberapa profesi tersebut, terdapat tiga profesi yang menjadi incaran utama saat ini. Profesi-profesi tersebut adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer.


Kebutuhan akan ketiga profesi tersebut dalam beberapa tahun belakangan ini terus meningkat dikarenakan tenaga kerja yang tersedia masih terbilang sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan perusahaan-perusahaan. Dalam ketiga profesi tersebut, terdapat juga jenjang karir yang dimana ketika kalian sudah semakin ahli dan kemampuan kalian diakui, kalian bisa meraih jenjang tertinggi dari profesi data yang kalian geluti tersebut.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Miliki Kesempatan Untuk Berkarir di Bidang Data Bersama DQLab

Melatih diri akan suatu ilmu yang baru memang dapat terbilang cukup sulit, namun tentunya dapat menguntungkan bagi kalian kedepannya. Sama halnya dengan Data Science, dengan banyaknya manfaat dan jenjang karir yang menjanjikan, Data Science sudah menjadi hal yang tepat untuk kalian pelajari. Kalian dapat memulai sesi belajar kalian dengan sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis. Ayo, perluas pengetahuan kalian bersama DQLab.id dan milikilah karir dalam industri data!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!