BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 36 Menit 28 Detik 

Pelatihan Data Science yang Tepat Bagi Calon Pekerja di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 06-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e2c1e11ceca23dcb11a83705d62e09aa_x_Thumbnail800.png

Abad ini merupakan abad dimana hampir semua dilakukan secara digital, mulai dari belajar, bekerja, belanja, dan lain sebagainya. Kalian juga dapat mencari informasi mengenai seseorang, organisasi atau produk secara mudah karena sudah tersedia di internet. Semua informasi tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memajukan perusahaan mereka dengan merancang strategi bisnis yang sesuai.


Namun, perusahaan memerlukan ahli atau profesi data yang dapat mengolah kumpulan data tersebut. Maka dari itu, lahirlah beberapa profesi data yang dapat melakukan pekerjaan rumit tersebut. Banyak orang juga yang mulai tertarik untuk mempelajari data, tetapi merasa bingung bagaimana cara untuk memulainya. 



1. Pengertian Data Science

Pertama-tama, jika kalian ingin mempelajari data, tentunya kalian perlu memahami apa itu Data Science dan tujuan dari ilmu tersebut. Dengan memahami definisinya, kalian bisa mulai mengerti seperti apa pekerjaan yang akan kalian hadapi kedepannya ketika akan menggeluti bidang data tersebut.


Secara singkat, Data Science adalah ilmu yang mempelajari penggabungan dari ilmu komputer, matematika, dan statistik. Tujuan dari ilmu Data Science adalah untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan kumpulan data besar, baik yang terstruktur ataupun tidak terstruktur. Dari analisa data yang dilakukan, hasilnya dapat digunakan untuk merancang strategi bisnis perusahaan dan memecahkan masalah atau pertanyaan yang muncul.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Manfaat Belajar Data Science

Data Science sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, contohnya seperti dalam bidang bisnis, ilmu Data Science dapat digunakan oleh tim marketing, SDM, dan masih banyak lagi. Data Science dapat digunakan untuk mencari pola perilaku konsumen, tren yang sedang beredar di masyarakat, memprediksi suatu hal, dan lainnya. Selain itu juga, ilmu Data Science yang diaplikasikan dalam profesi Data Analyst dapat membantu pemegang kepentingan dalam perusahaan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam strategi bisnis mereka.


Menentukan strategi bisnis tentunya tidak mudah, apalagi dengan kumpulan data-data. Maka dari itu, salah satu fungsi dari Data Science adalah memvisualisasikan data agar mudah dimengerti oleh khalayak. Hal lainnya yang bermanfaat dari Data Science adalah perusahaan atau organisasi dapat terjaga secara internal karena profesi turunan dari ilmu ini dapat membersihkan dan mengatur data-data yang ada dalam perusahaan sehingga kedepannya perusahaan dapat terhindar dari masalah yang sewaktu-waktu dapat muncul.



3. Cara Belajar Data Science

Kalian dapat memulai belajar Data Science dengan mendaftarkan diri ke kursus data, saat ini sudah banyak tersedia kursus data online yang mudah dijalani. Kemudian, kalian juga dapat mengembangkan skill atau keahlian terkait ilmu Data Science sehingga ketika kalian mulai belajar di tempat kursus, kalian dapat mempersingkat waktu belajar karena sudah cukup paham mengenai beberapa materi.


Selain itu, kalian juga bisa belajar Data Science dengan memasuki komunitas khusus yang berfokus pada pembelajaran Data Science. Selain memperluas networking, kalian dapat menambah pengetahuan dari seminar atau kegiatan yang dilakukan disana. Dan terakhir adalah kalian dapat mencoba magang di perusahaan, dengan magang kalian dapat secara langsung mengasah kemampuan yang telah kalian miliki dari belajar Data Science.



4. Waktu untuk Belajar Data Science

Belajar Data Science dapat terbilang relatif untuk masing-masing individu, ada yang dapat mempelajari dalam waktu tiga bulan, enam bulan, atau bahkan satu tahun. Kurun waktu tersebut bergantung pada tipe pembelajaran yang dilakukan kalian, seperti apakah kalian belajar secara otodidak atau mengikuti kursus.


Namun, apabila kalian ingin menjadi junior Data Scientist, kalian bisa dengan mudah mengikuti kursus selama tiga bulan saja. Untuk tingkatan masing-masing profesi tentunya memiliki kurun waktu yang berbeda tergantung pada materi pembelajarannya. Yang perlu teman-teman ketahui juga, belajar selama tiga bulan merupakan waktu singkat dalam menyerap ilmu Data Science, dibutuhkan beberapa bulan lagi untuk mencapai kecakapan profesi-profesi tersebut.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Berlatih hingga Menjadi Ahli Data Dengan DQLab

Kalian bisa memulai perjalanan kalian untuk menjadi profesi data bersama DQLab, mengapa? Karena di DQLab kalian akan diberikan materi seputar Data Science yang lengkap, tutor atau pengajar berpengalaman dalam bidang data, program-program bervariasi, dan sertifikat bukti telah menyelesaikan materi Data Science. Kalian bisa sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa menikmati keuntungan lainnya yaitu mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis, lho! Ayo, jadi bagian dari DQLab.id dan mulai perjalanan data kalian!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :