LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 46 Menit 57 Detik

Pelatihan Data Scientist, Apakah Harus Jago Coding?

Belajar Data Science di Rumah 28-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2024-02-28-154510_x_Thumbnail800.jpg

Berkembangnya teknologi informasi telah memicu popularitas profesi data scientist. Dalam era di mana data menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan, menjadi seorang data scientist bisa menjadi pilihan karir yang menarik.


Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah seseorang harus mahir dalam keterampilan coding untuk mengikuti pelatihan data scientist? Apakah penguasaan coding adalah prasyarat mutlak? Mari kita telusuri lebih dalam apakah keterampilan coding memang menjadi hal yang harus dimiliki bagi para calon data scientist.


Pada dasarnya, data science merupakan kombinasi antara matematika, statistika, dan pemrograman komputer. Namun, persepsi yang umum adalah bahwa untuk menjadi seorang data scientist, seseorang harus memiliki keterampilan coding yang mumpuni. 


Namun, realitanya tidak selalu demikian. Pelatihan data scientist tidak selalu membutuhkan kemampuan coding yang tinggi di awal. Hal ini tergantung pada jenis peran dan fokus yang ingin dikejar oleh seseorang dalam karir data science.


1. Persyaratan Masuk yang Fleksibel

Banyak kursus dan program pelatihan data scientist menawarkan persyaratan masuk yang fleksibel. Ini berarti Anda tidak selalu harus memiliki keterampilan coding yang tinggi sebelum bergabung. Sebagian besar program pelatihan data scientist dirancang untuk menerima peserta dari berbagai latar belakang, termasuk pemula dalam coding. Bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman coding sebelumnya, Anda masih dapat mengikuti pelatihan dan memulai perjalanan Anda dalam data science.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pentingnya Keterampilan Coding dalam Data Science

Data Scientist

Meskipun tidak selalu menjadi syarat mutlak, memiliki keterampilan coding adalah aset yang berharga dalam dunia data science. Keterampilan coding memungkinkan seorang data scientist untuk mengakses, membersihkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data dengan lebih efisien.


Bahasa pemrograman seperti Python dan R sering digunakan dalam data science karena kemampuan mereka dalam memanipulasi data dan membangun model prediktif. Oleh karena itu, belajar coding dapat meningkatkan kemampuan seorang data scientist dalam mengeksplorasi data dengan lebih dalam.


3. Pentingnya Keterampilan Dasar Data Science

Data Scientist

Meskipun keterampilan coding penting, yang lebih penting adalah memiliki pemahaman dasar tentang konsep-konsep data science. Ini termasuk pemahaman tentang statistik, matematika, analisis data, dan machine learning. Jika Anda ingin mengikuti pelatihan data scientist, akan lebih bermanfaat jika Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep ini.


Meskipun keterampilan coding dapat dipelajari selama pelatihan, pemahaman dasar tentang data science akan membantu Anda memahami materi dengan lebih cepat dan lebih baik.


4. Peluang untuk Belajar Coding Selama Pelatihan

Data Scientist

Banyak program pelatihan data scientist juga menawarkan kursus atau modul tambahan yang didedikasikan untuk belajar coding. Ini memberi kesempatan bagi peserta yang belum mahir dalam coding untuk memperdalam keterampilan mereka selama pelatihan. Dengan demikian, bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman coding sebelumnya, Anda masih dapat mengikuti pelatihan dan belajar coding secara intensif sebagai bagian dari program.


5. Kesimpulan: Tidak ada Jawaban yang Tepat atau Salah

Sebagai kesimpulan, apakah seseorang harus sudah mahir dalam coding sebelum mengikuti pelatihan data scientist tergantung pada kebutuhan individu dan program pelatihan yang dipilih. Meskipun keterampilan coding sangat berguna dalam data science, bukan berarti itu adalah syarat mutlak untuk memulai perjalanan Anda. Dengan kerja keras, dedikasi, dan kesediaan untuk belajar, siapapun dapat menjadi seorang data scientist yang sukses, bahkan tanpa pengalaman coding sebelumnya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Pelatihan Data Scientist adalah investasi yang sangat berharga bagi seseorang yang ingin memulai karir di bidang ini atau meningkatkan keterampilan yang sudah dimilikinya. Jadi, jika Anda ingin menjadi ahli di bidang data, pertimbangkanlah untuk mengikuti pelatihan Data Scientist yang tepat.


Hari gini kamu nggak punya skill data science? Hmmmmm mau diisi apa CVnya nanti? Sahabat DQ ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang. Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login