SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 43 Menit 25 Detik

Pelatihan Excel : Persiapan Karir Bidang Logistik

Belajar Data Science di Rumah 10-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-08-1-2023-07-10-212159_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai apabila kamu ingin terjun di bidang teknologi. Kalau dipikir-pikir, excel sekarang sudah menjadi persyaratan wajib untuk tes rekrutmen di beberapa perusahaan. Apabila kamu memiliki skill Excel ini, dtentunya dapat meningkatkan daya saing di pasar kerja dan membuka peluang karir yang lebih luas. 


Banyak peran dan posisi yang bisa diambil oleh kandidat hanya dengan menggunakan skill Excel yang kamu punya. Mulai dari admin finance, admin operasional, payroll staff, data analyst dan masih banyak lagi. Banyak peran dalam berbagai industri membutuhkan kemampuan Excel, mulai dari keuangan dan akuntansi hingga logistik, pemasaran, dan sumber daya manusia.


Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin meningkatkan skill Excel, ada baiknya kamu perlu mengambil pelatihan Excel loh. Pelatihan Excel dapat membantu kamu untuk mempelajari penggunaan Excel untuk pengolahan data, analisis proyek, evaluasi proyek dan masih banyak lagi. Pelatihan Excel melibatkan pemahaman tentang konsep-konsep matematika, logika, dan pemecahan masalah. 


Ini akan membantu kamu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat, karena Excel membutuhkan pemikiran analitis dalam merancang rumus, mengelola data, dan menyelesaikan masalah yang kompleks. Kemampuan ini akan berguna di berbagai bidang karir. Salah satunya karir di bidang logistik, pastinya bakal kepake banget!


Nah, berikut ini adalah pentingnya pelatihan Excel dalam mengejar karir di bidang logistik. Simak penjelasan selengkapnya yuk sahabat DQLab!


1. Analisis Data

Excel adalah alat yang kuat untuk menganalisis data dalam logistik. Dalam bidang ini, Anda akan sering berurusan dengan data seperti persediaan, pengiriman, biaya transportasi, dan banyak lagi. Dengan Excel, Anda dapat mengimpor, menyortir, dan mengelola data dengan mudah, serta membuat grafik dan laporan untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Excel

Sumber Gambar: Statology


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengelolaan Persediaan

Logistik melibatkan pengelolaan persediaan yang efisien. Dengan Excel, Anda dapat menggunakan rumus dan fungsi untuk melacak persediaan, menghitung nilai persediaan, mengelola pesanan, dan memantau pergerakan barang. Hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan dalam pengelolaan persediaan.

Excel

Sumber Gambar: Odoo


3. Perencanaan dan Optimasi Rute

Dalam logistik, penting untuk merencanakan dan mengoptimalkan rute pengiriman agar lebih efisien. Excel dapat digunakan untuk menghitung jarak, waktu tempuh, biaya bahan bakar, dan variabel lainnya untuk membantu Anda merencanakan rute yang optimal. Anda dapat menggunakan fungsi pencarian dan pemodelan matematis untuk mencapai hasil terbaik.

Excel

Sumber Gambar: OptimoRoute


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Pengawasan Kinerja 

Excel memungkinkan Anda membuat tabel dan grafik untuk memantau kinerja logistik. Anda dapat membuat laporan pengiriman, menganalisis waktu pengiriman, membandingkan kinerja pemasok, dan memantau metrik kunci lainnya. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang Excel, Anda dapat menghasilkan laporan yang informatif dan memberikan wawasan berharga kepada manajemen atau klien.


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login