FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 28 Menit 33 Detik 

Pelatihan Excel dari Dasar Hingga Mahir Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 07-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9da34996b80ce0a7c2f21dc04de249fb_x_Thumbnail800.jpg

Pemanfaatan Microsoft Excel sekarang ini sangat lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Betapa tidak, software excel selalu hadir dalam berbagai aktivitas apapun dalam dunia pekerjaan. Seperti keperluan pendidikan atau akademik, perekapan penjualan, analisis data, handling missing values maupun hal-hal yang lain. Excel pun sangat kompatibel digunakan dalam berbagai medium mulai dari Windows, MacOS bahkan Linux. 


Microsoft Excel. telah dikenal sebagai sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang sangat membantu dalam aktivitas pengolahan data dan pelaporan karena dilengkapi fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang berupa pengolah angka dengan berbagai formulasinya untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, manajemen data dan pembuatan data. 


Dalam dunia bisnis, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk kegiatan pelaporan guna pengambilan keputusan. Tidak dapat dipungkiri, bilamana banyak orang-orang diluar sana ingin belajar banyak untuk melakukan pengolahan data menggunakan Excel.


Sekarang ini, tersedia banyak sekali pelatihan Excel dalam berbagai macam. Mulai dari pelatihan Excel secara online, bootcamp, sumber pembelajaran yang memadai dengan menggunakan video, bahan bacaan, artikel-artikel maupun informasi lainnya. 


Kehadiran pelatihan Excel dinilai sangat membantu para pencari kerja seperti jobseeker, first jobber maupun fresh graduate demi mendapatkan knowledge dan pengetahuan serta pengakuan berupa sertifikat keahlian sebagai modal mereka mencari pekerjaan. 


Dengan adanya pelatihan Excel ini juga, peserta akan banyak mendapatkan pengalaman yang lebih sekaligus bisa menyusun portfolionya sehingga mereka benar-benar menguasai Excel ini. Apalagi sekarang, kabarnya Microsoft Excel selalu menjadi persyaratan wajib dalam setiap job requirements yang ditetapkan perusahaan pelamar kerja dengan menguasai berbagai rumus dasar excel di dunia kerja. 


Pastinya banyak sekali pelatihan-pelatihan yang diadakan untuk menambah skill kandidat agar bisa memukau para rekruter diluar sana. Banyak pula materi-materi yang diajarkan dalam pelatihan excel mulai dari kelas dasar hingga mahir. 


Kira-kira apa saja materi-materi yang biasanya diajarkan pelatih dalam pelatihan excel? Berikut ini DQLab akan berikan kamu spoiler beberapa materi pelatihan yang bisa kamu pelajari sebagai starter kit menuju dunia kerja utamanya kalian nih para fresh graduate untuk siap kerja. 


Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang beberapa materi pelatihan excel yang bisa kalian pelajari bagi fresh graduate agar siap kerja. Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys! 


1. Mengurutkan Data di Excel 

Mengurutkan sebuah data baik data dalam bentuk angka, teks, maupun tanggal dan waktu memang sungguh mengasyikkan. Tetapi bayangkan jika ada ratusan bahkan ribuan baris data excel pastinya kita kewalahan untuk melakukan sortir data agar lebih rapi. Nah, kebetulan banget biasanya mengurutkan data ini adalah hal yang penting. 


Sebab banyak data yang dihasilkan setiap harinya baik ratusan maupun ribuan data. Tenang aja sahabat DQ, di excel kalian bisa loh buat mengurutkan data baik dalam satu kolom maupun beberapa kolom sekaligus. Yuk yuk kita praktekkan caranya bersama-sama. Kita mulai dengan satu contoh ya


Contoh: disediakan data rekapan penjualan dalam satu hari. Petugas toko ingin melakukan rekap dengan penjualan total terbesar per customer itu kira-kira berapa besarnya dalam waktu satu hari. Kita bisa menyelesaikan tugas ini dengan cara sort data. Jika kalian ingin mengurutkan angka pada kolom total dari terbesar ke nilai terkecil. Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan:

excel

  • Sisipkan satu kolom tambahan kemudian isi dengan nomor urut biar data kalian dapat dikembalikan ke urutan awal

  • Lalu pilih cell total yang ingin kalian urutkan datanya. Contoh disini aku pakai cell I1 untuk mengurutkan data dari yang terbesar sampai terkecil

excel

  • Pada Tab Data pilih perintah Sort Largest to Smallest atau Sort Z to A untuk mengurutkan data dari nilai terbesar hingga terkecil. Ketika kalian mengurutkan nilai terkecil hingga terbesar kalian bisa pilih sort A to Z


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Memodifikasi Kolom dan Baris Pada Tabel

Nah, kalian pada tahu nggak sih sahabat DQ kalau ternyata di Microsoft Excel itu kita bisa memodifikasi kolom, baris dan sel. Disini kalian bisa dengan leluasa untuk menyesuaikan ukuran kolom dan baris sesuai dengan kebutuhan kalian, menghapus baris dan kolom bahkan menyembunyikannya juga bisa. Disini kalian bisa atur tiap barisnya itu presisi. Misalnya ketinggiannya sama apalagi lebarnya pun juga sama. Kali ini kita akan kasih spoiler nih ke kalian semua, gimana sih caranya memodifikasi kolom dan baris pada tabel excel.


  • Insert Cut Cells

    Modifikasi pertama kalian bisa pakai cara insert cut cells. Insert cut cells ini bisa kalian lakukan untuk memindahkan kolom atau baris untuk mengatur ulang isi lembar kerja sheet excel kalian. Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan insert cut cells:

    1. Pilih kolom yang diinginkan untuk kolom yang ingin Anda pindahkan, lalu klik perintah Cut pada tab Home atau tekan Ctrl + X pada keyboard Anda.
    2. Pilih kolom yang mengarah ke kanan di mana Anda ingin memindahkan kolom. Misalnya, jika Anda ingin memindahkan kolom di antara kolom B dan C, pilih kolom C.

            Klik perintah Insert pada tab Home, lalu pilih Insert Cut Cells dari menu drop-down.

exce


  • Wrap Text

    Selanjutnya, fungsi dalam microsoft excel untuk memodifikasi tabel adalah wrap text. Wrap text membuat kalian bisa membungkus teks atau menggabungkan sel menjadi lebih ramping dan lebih presisi lagi. Ukurannya juga bisa jadi sama rata karena wrap text membuat teks menjadi lebih padat. Kalian juga bisa menggabungkan sel daripada mengubah ukuran kolom yang pastinya malah ribet dan jadi bekerja dua kali.

    Wrap text membuat kalian bisa dengan leluasa untuk membungkus teks dengan mudah, memodifikasi tinggi baris sel. Untuk melakukan Wrap text, caranya gampang banget. Kalian cukup praktekin aja yaaa cara-caranya berikut ini:

    1. Pilih sel yang ingin Anda bungkus.
    2. Pilih perintah Wrap Text pada tab Home.

Teks pada sel yang dipilih akan dibungkus.


Berikut ini adalah contoh aplikasi formula Wrap Text pada Excel 

excel

(yang ditandai pada kolom jumlah barang) sebelumnya tidak bisa ngepas kata-katanya, sehingga ketika dilakukan wrap text hasilnya jadi lebih presisi.


3. Menjumlahkan Antar Sheet

Kebayang nggak sih sahabat DQ, kalau ternyata excel juga bisa melakukan operasi penjumlahan antar sheet? Biasanya kita seringkali melakukan operasi penjumlahan excel hanya sebatas satu sel saja, satu baris saja, antar baris, bahkan antar kolom pun bisa. Tetapi uniknya, kali ini kita akan mencontohkan untuk melakukan operasi penjumlahan antar sheet pada microsoft excel. Kita akan contohkan langsung dengan menggunakan studi kasus berikut ini


Misalkan dalam sebuah tabel disajikan data penjualan koleksi toko pakaian dari dua bulan berturut-turut yaitu bulan Maret dan Bulan April. Seorang sales regional melakukan perekapan terhadap 3 toko di daerahnya secara langsung. Toko A, B dan toko C. Toko A, B dan C sama-sama menjual kemeja, kaos, celana dan sepatu. Nantinya, sales regional ini akan melakukan rekapan dari kedua bulan ini, untuk menentukan apakah dari kedua bulan mereka mencapai target. Berikut adalah data penjualan dari masing-masing kedua bulan.

excel


Dari data diatas, kita coba untuk melakukan perekapan di bulan Maret dan April. Dengan melihat data sebelumnya di rekapan bulan Maret dan juga rekapan di bulan April. Kali ini, kita akan melakukan operasi penjumlahan pada sheet yang sama. Namun yang membedakan disini adalah walaupun sheet yang sama tapi operasi penjumlahan dilakukan pada kolom yang berbeda. 


Pada tutorial kali ini, kita lakukan operasi penjumlahan untuk mengisi kolom B13 pada Toko A (seperti yang tertera pada gambar). Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan:

  • Pertama, kalian bisa membuat master datanya terlebih dahulu pada gambar dibawah ini. Sebelum nantinya diisikan operasi penjumlahan antar sel.

excel

  • Setelah dibuat master datanya, selanjutnya kita akan incar kolom B13 untuk kita isikan. Kalian bisa menggunakan formula berikut untuk mempermudah dalam pengisian/

  • Formula B4 + H4 digunakan untuk mengisi kolom Toko A saja. Karena toko 1 total akan menghasilkan operasi penjumlahan antara toko 1 bulan Maret dengan toko 1 bulan April. 

  • Untuk kolom toko 2 kalian juga bisa menyesuaikan dengan kolom yang telah tersedia

  • Selain menggunakan penjumlahan biasa, kalian juga bisa menggunakan rumus SUM secara langsung. Contoh: = SUM(B4:B7;H4:H7) cara ini bisa kalian lakukan untuk kolom-kolom selanjutnya. Berikut adalah hasilnya:

exce

excel


4. Cara Convert Excel ke PDF Tanpa Terpotong

Seringkali kita menemukan kasus kalau misalnya dokumen yang sudah kita kerjakan justru terpotong alias belum selesai. Hal ini tentunya justru menyulitkan sahabat data dalam pelaporannya bukan. Kita sudah capek-capek bikin tabel di excel dengan rapi dan terstruktur. Masalah datang karena tabel yang sudah kita bikin terpotong atau terputus. 


Hal ini bisa diakibatkan karena terlalu banyak ruang kosong atau sisi kertas yang masih luang. Hal ini bisa jadi tabel excel yang terpotong saat dikonversi diakibatkan pengaturan kertasnya atau settingan kertasnya tidak sesuai dengan garis pembatas yang diinginkan. Sehingga saat di convert ke pdf, ada sebagian datanya yang terpotong.


Terkadang kalian pastinya kebingungan untuk bagaimana caranya melakukan konversi dari file excel ke bentuk pdf. Kini kalian bisa langsung melakukan konversi tanpa harus konversi dari internet atau secara online lho sahabat DQ. 


Cara ini bisa kalian lakukan hanya dari excel aja loh. Yuk kita langsung praktekin aja!

  • Buka file excel yang akan kalian convert

  • Klik tab file, kemudian pilih Page Break Preview

    Dengan menggunakan page break preview, teman-teman bisa mengetahui batas masing-masing page sekaligus menyesuaikan batas tiap page dengan klik dan drag garis yang berwarna biru.


    Garis berwarna biru yang di klik dan drag ini yang menentukan terpotong atau tidaknya file excel. Oleh karena itu teman-teman bisa menyesuaikan agar pas di satu halaman sehingga tidak terpotong

excel


  • Untuk langkah selanjutnya ini adalah opsi. 

    Yaitu pengaturan orientation pada page layout. Pada file excel yang saya gunakan, saya menggunakan default yaitu portrait. Jadi nanti halaman pdfnya juga akan portrait. Namun, jika data yang teman-teman pakai, kebetulan lebih dari kolom AP teman-teman bisa merubah page layoutnya menjadi landscape.

  • Jika semuanya sudah disesuaikan, step selanjutnya adalah klik file kemudian pilih save as. Save as type pilih yang PDF. Selesai.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Dari Dasar Sampai Mahir Yuk Bersama DQLab!

Bingung mau kuasai skill excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. DQLab jawabannya! Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. 


Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, free guysss! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. 


Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya.


Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan signup sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :