PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 20 Menit 52 Detik 

Pelatihan Excel Gratis Langsung Mahir bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c3839b3f19bd5b16887c2fc4cda2e172_x_Thumbnail800.jpg

Excel dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang berkaitan dengan data terutama data numerik misalnya untuk melakukan analisis data, perhitungan dasar matematika, perhitungan statistik, membuat grafik, manajemen data, dan lain sebagainya. Excel didistribusikan oleh Microsoft Corporation dengan tujuan memudahkan pengolahan atau komputasi data numerik. Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan Excel sebagai alat bantu pengolahan datanya, baik yang bergerak di bidang bisnis, jasa, dan juga instansi pemerintahan. Microsoft Excel juga dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows dan MacOS.


Excel menjadi salah satu skill yang sangat berguna di berbagai sektor jika kita menguasainya. Kemampuan Excel dapat dikatakan sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki ketika melamar pekerjaan. Biasanya sepaket dengan kemampuan pengoperasian Word dan Power Point. Jika kamu ingin terjun di bidang data, minimal kamu harus menguasai Excel mulai dari pengoperasiannya, penggunaan rumus-rumus, hingga fitur-fitur yang tersedia. Bagaimana mulai belajar Excel? Kamu bisa belajar secara otodidak dari banyak sumber baik buku, artikel, youtube, dan situs-situs lainnya di internet. Nah, di artikel kali ini kita akan bahas beberapa situs-situs untuk mendapatkan pelatihan Excel gratis. Yuk, simak bersama di bawah ini!


1. Microsoft Excel Help Center

Microsoft Excel Help Center merupakan situs yang disediakan Microsoft untuk pengguna yang membutuhkan panduan dalam menggunakan Excel. Jika kamu sudah menginstal Excel di komputermu, di bagian pojok kanan atas Excel terdapat ikon tanda tanya (?). Klik ikon tersebut untuk mengakses Excel help center. Kamu tinggal memilih tutorial yang dibutuhkan. Selain itu kamu juga bisa mengakses Excel help center dari search engine seperti Chrome. Buka support.microsoft.com kemudian klik ikon Office. Kamu akan diarahkan ke jendela baru yaitu Bantuan dan Pelatihan Office. Pilih produk office yang ingin kamu telusuri misalnya Excel dengan klik ikon Excel atau bisa juga menuliskannya di kolom pencarian. Klik Mulai untuk mendapatkan berbagai tutorial Excel seperti pengenalan Excel, membuat worksheet, bagan, pivot table, rumus dan fungsi, power query, dan lain sebagainya yang disediakan dalam bentuk tulisan dan video. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Excel Easy

Bagi kamu pemula yang masih sangat awam mengenai Microsoft Excel, situs Excel Easy cocok untuk memulai pembelajaranmu. Situs ini menawarkan tutorial belajar Excel mulai dari yang paling dasar seperti pengenalan Excel, bagian-bagian pada Excel, keyboard shortcut, dan lainnya. Selain itu ada juga menu Function untuk pembelajaran formula dan function pada Excel, dan menu Data Analysis untuk pembelajaran analisis dengan Excel. Jika kamu ingin praktek langsung penggunaan Excel, terdapat menu 300 Examples yang berisi contoh penggunaan dari semua menu pembelajaran yaitu Basic, Function, dan Data Analysis. 


3. Program Prakerja

Prakerja merupakan program yang dibuat oleh pemerintah dalam rangka memberikan pelatihan bagi masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan. Tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat mengembangkan skill secara gratis. Ada banyak sekali pelatihan yang bisa kamu ikuti mulai dari bidang IT, bisnis, pengembangan diri, marketing, finansial, kesenian, dan lainnya. Pembukaan gelombang prakerja biasanya di update di media sosial Instagram prakerja. Setelah mendaftar, akan ada tes yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Jika kamu dinyatakan lulus tes tersebut, artinya kamu sudah terdaftar dan akan mendapatkan saldo untuk pembelian pelatihan yang kamu inginkan. Untuk pelatihan Excel sendiri ada banyak yang bisa kamu pilih dengan tema yang beragam misalnya Excel untuk membuat laporan keuangan, belajar penggunaan rumus di Excel, otomatisasi data di Excel, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhanmu agar saldo pelatihan yang diberikan dapat kamu gunakan dengan maksimal. 


4. Free Module Excel DQLab

DQLab merupakan lembaga kursus data science yang berfokus memberikan pembelajaran mengenai pengolahan data. Tersedia modul SQL, Python, R, dan Excel dengan mentor-mentor profesional. Untuk modul Excel ada modul pembelajaran Excel tingkat dasar, tingkat lanjut, dan data cleansing. Ada juga modul gratisnya, loh yaitu Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi. Modul ini berisi materi berupa video dan kuis yang mempelajari data transaksi dengan Excel,  cell pada Excel, dan penggunaan rumus dan fungsi perhitungan sederhana dengan Excel yang dimentori oleh Xeratic. Menarik bukan?


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Mulai Belajar di DQLab dan Dapatkan Sertifikat Gratisnya

Mulai belajar Excel sekarang akan sangat menguntungkan karena selain untuk meningkatkan skill untuk bekal bekerja di bidang data, Excel juga bisa kamu gunakan untuk keperluan pribadi misalnya untuk mencatat penjualan online shop yang kamu jalankan, mencatat serta menghitung pendapatan dan pengeluaran rumah tangga, menghitung nilai siswa, dan lain sebagainya. Dengan belajar Excel di DQLab.id kamu akan mendapatkan sertifikat gratis setiap menyelesaikan modulnya. Sertifikat bisa kamu upload di LinkedIn untuk menunjukkan pencapaian belajarmu. 



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :