Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Pelatihan Excel: Keuntungan Kelas Offline vs Online

Belajar Data Science di Rumah 28-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-08-2024-02-28-155049_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel atau yang lebih dikenal dengan Excel adalah salah satu tool yang cukup penting dalam dunia bisnis dan akademis. Penguasaan Excel bisa menjadi senjata awal untuk bersaing dengan para kandidat lain yang juga tertarik menjadi praktisi data. Dengan menggunakan Excel, paling tidak kita sudah bisa mendapatkan insight data dengan cepat, misalnya dengan membuat summary data, melakukan analisis statistika sederhana, atau bahkan melakukan storytelling dengan visualisasi data.


Tidak bisa dipungkiri, penggunaan Excel memerlukan pemahaman yang mendalam agar bisa dimanfaatkan secara efektif. Bagi pemula, pelatihan yang tepat dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dalam artikel ini akan dijabarkan mengenai perbedaan keuntungan yang akan didapatkan jika mengambil pelatihan Excel secara online dan offline. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pelatihan Offline: Interaksi Langsung dan Pembelajaran Berbasis Kelompok

Data Analyst

Pelatihan Excel secara offline akan menawarkan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan dilakukan secara tatap muka langsung. Peserta akan belajar dari instruktur yang berpengalaman dan dapat bertanya langsung jika ada pertanyaan atau kebingungan.


Selain itu, pelatihan ini juga memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dengan sesama peserta untuk memperluas jaringan dan berbagi pengalaman. Pelatihan kelas tatap muka seringkali tersedia di pusat pelatihan, universitas, atau lembaga pendidikan lainnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pelatihan Online: Fleksibilitas dan Aksesibilitas

Excel

Sementara itu, pelatihan Excel dalam bentuk online menawarkan fleksibilitas yang lebih besar bagi para peserta. Mereka dapat mengakses materi pelatihan kapan saja dan di mana saja. Pelatihan online juga seringkali menawarkan berbagai sumber daya tambahan seperti video tutorial, latihan interaktif, dan forum diskusi.


Mereka bisa menyesuaikan dengan jadwal kosong yang mereka miliki serta dengan ritme belajarnya masing-masing. Sehingga kelas jenis ini akan sangat cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi.


3. Pelatihan Offline: Pembelajaran Intensif dan Fokus

Excel

Pelatihan Excel yang dilakukan secara tatap muka kerap kali menawarkan pembelajaran yang lebih intensif dan fokus. Peserta akan menghabiskan waktu yang lebih lama untuk belajar dan berlatih, yang dapat membantu mereka memperdalam pemahaman mereka tentang Excel.


Selain itu, mentor dapat memberikan feedback secara langsung dan bimbingan yang lebih terperinci, sehingga dapat membantu peserta memperbaiki kesalahan agar bisa mendapatkan skill tersebut dengan lebih cepat.


4. Pelatihan Online: Pembelajaran Mandiri dan Dukungan Komunitas

Excel

Pada pelatihan Excel yang dilakukan secara online, peserta akan dilatih untuk belajar secara mandiri dan melakukan management waktu nya sendiri. Sehingga kelas tipe ini menuntut pesertanya untuk bisa menentukan skala prioritas, karena jika tidak bisa mengatur waktu maka pembelajaran tidak akan efektif.


Selain itu, pelatihan online seringkali menawarkan dukungan komunitas melalui forum diskusi atau grup Facebook, di mana peserta dapat berbagi pengalaman, bertanya pertanyaan, dan mendapatkan dukungan dari sesama peserta.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Pelatihan Excel adalah investasi yang sangat penting di dunia industri modern. Kemampuan untuk mengelola data, meningkatkan produktivitas, dan membuat keputusan yang lebih cerdas adalah aset yang sangat dihargai oleh perusahaan. Selain penguasaan akan Excel juga dapat meningkatkan peluang karir mu sehingga membuatmu menjadi lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi tantangan industri yang terus berubah.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login